Posted on

Ingin Terus Serius dan Konsisten dalam Blogging? Ikuti 6 Langkah ini!

Ingin Terus Serius dan Konsisten dalam Blogging? Ikuti 6 Langkah ini! kontenesia jasa penulis artikel

Bagaimana caranya menjadi blogger yang bisa terus serius dan konsisten membuat postingan di blog. Bagaimana cara kita membuat diri kita terus termotivasi dan terinspirasi untuk terus menulis? Bagaimana cara untuk terus produktif menghasilkan konten yang segar dan menarik tanpa menjadi burned out?

1. Jaga kebiasaan membaca

Untuk orang yang memiliki beban kerja yang banyak (dan tetap berusaha menjalani kehidupan dengan normal), hal ini tentulah tidak mudah. Sering kali rencana untuk membaca terabaikan karena harus mendahulukan runitas yang harus diselesaikan. Dan setelah semua rutinitas itu dikerjakan, sepertinya sudah tidak tersisa waktu untuk membaca.

Jaga kebiasaan membaca - Ingin Terus Serius dan Konsisten dalam Blogging? Ikuti 6 Langkah ini!
Jaga kebiasaan membaca / Kontenesia

 

Untuk itu, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  • Biasakan membaca cepat. Anda dapat mengandalkan situs micro-blogging seperti Twitter untuk mendapatkan update yang singkat. Terbiasa mengambil update dari situs seperti Twitter (tempat update terjadi sangat cepat) melatih Anda untuk membaca cepat dan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dalam waktu singkat.
  • Berikan celah untuk audio book. Kita tidak selalu bisa membaca paper-based books atau artikel di media sosial, namun kita masih bisa mendapatkan info melalui audio books. Mendengarkan audio books saat pergi atau pulang dari tempat kerja adalah salah satu cara memanfaatkan waktu yang sangat efektif dan menguntungkan untuk memenuhi “kewaijiban” membaca yang telah kita tetapkan.
  • Kembangkan cara untuk mengatur reading list. Membuat reading list merupakan hal yang mudah. Menetapkan rencana untuk membaca daftar artikel atau buku yang ada di list tersebut merupakan hal yang berbeda. Banyak orang yang gagal ketika harus mengeksekusi rencana itu, karena sering menunda. Dan ketika akhirnya telah memiliki waktu untuk membaca, reading list itu hilang karena tidak disimpan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengirim daftar buku atau artikel (atau tautan dari artikel) tersebut ke email kita. Dengan sendirinya daftar itu akan tersimpan di inbox. Jangan delete/remove email tersebut dari inbox sebelum Anda merealisasikan rencana membaca Anda.

2. Tuliskan ide Anda saat itu juga

Hal ini harus diingat oleh semua orang yang ingin konsisten dalam blogging. Jangan pernah menunda untuk menuangkan ide Anda ke dalam bentuk tulisan. Jangan khawatir tulisan Anda tidak bagus. Terus saja menulis. Menyunting dapat dilakukan setelah Anda selesai menuangkan ide Anda. Yang terpenting, saat ide datang, saat itulah Anda harus menuliskannya. Jangan berhenti menulis hingga ide tersebut dianggap telah dituangkan seluruhnya.

tuliskan ide anda saat itu juga - Ingin Terus Serius dan Konsisten dalam Blogging? Ikuti 6 Langkah ini!
Tuliskan ide anda saat itu juga / Kontenesia

Jika Anda sedang tidak membawa laptop ketika ide itu datang, gunakan aplikasi yang memungkinkan Anda menulis di smartphone Anda. Seandainya smartphone Anda low-bat, gunakan kertas untuk menulis. Karena itu, selipkanlah selalu buku catatan kecil yang dapat dimasukkan ke dalam tas Anda sebagai jaga-jaga dan usaha untuk terus menulis saat ide datang.

Jangan pernah menunggu hingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk menulis. Jika Anda tidak menulis artikel saat ide itu datang, mungkin ide tersebut tidak akan terealisasikan.

Sebenarnya tidak ada konsep “waktu yang cukup” untuk mengerjakan sesuatu. Tuhan memberikan waktu yang sama pada setiap manusia. Adalah kita yang harus mengatur waktu tersebut agar “cukup” untuk melakukan segala rencana kita. Jadi, alih-alih googling sesuatu yang tidak jelas tujuannya, atau main game di sela-sela waktu antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya, lebih baik gunakan waktu yang singkat itu untuk mulai menulis, apa pun. Apa pun yang terlintas di dalam pikiran Anda.

baca lainnya:

3. Jika perlu, cari bantuan untuk ide menulis

Seringnya menulis artikel untuk blog akan berpotensi menjadikan Anda kehabisan ide. Saat itulah Anda dapat meminta bantuan orang-orang di sekitar untuk memberikan idenya. Hargai dan tampung semua ide yang diberikan, terlepas ide tersebut dapat direlisasikan atau tidak.

Selain menanyakan langsung, Anda dapat menggunakan pages di Facebook atau platform lainnya untuk berbagi ide.

Cari bantuan untuk ide menulis / Kontenesia
cari bantuan untuk ide menulis – Ingin Terus Serius dan Konsisten dalam Blogging? Ikuti 6 Langkah ini!

4. Gunakan format yang berbeda untuk variasi

Memiliki komitmen untuk terus menulis dan mempostingnya ke blog sering kali menjadikan Anda bosan atau bahkan burned out. Anda harus istirahat. Namun Anda harus tetap menulis. Jadi, bagaimana cara mengakalinya?

Karena di atas tadi dikatakan bahwa Anda tidak boleh menunda untuk menulis ketika ide itu datang, sedangkan sebagai manusia biasa Anda pasti akan mengalami rasa bosan dan lelah, mungkin yang dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya adalah dengan mencoba berkreasi menggunakan tools yang berbeda. Misalnya membuat slide yang menarik, mengedit gambar, video, dan yang sejenisnya. Berkreasi dengan tools seperti ini dapat membuat Anda rileks dan terhindar dari kebosanan.

Ini adalah contoh tools yang dapat Anda coba untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda sejenak:

  • Haiku Deck untuk membuat presentasi slideshare yang mengagumkan.
  • Snagit untuk membuat screen captures yang dapat digunakan untuk video tutorial.
  • iMovie dan Animoto untuk mengedit dan mempercantik video.
  • Canva untuk membuat instruksi visual atau info grafik sederhana.

Tools tersebut sangatlah sederhana namun sangat produktif, karena Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk membuat konten visual yang profesional. Anda juga akan merasa terinspirasi ketika Anda bekerja menggunakannya.

baca lainnya:

5. Luangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran demi mendapatkan ide segar baru

Anda dapat mengombinasikan langkah-langkah di atas dengan hobi atau rutinitas Anda. Misalnya saat Anda merasa bosan dan ingin bersantai sebentar sambil mencari inspirasi, Anda dapat melakukan hobi Anda. Saat melakukan kegiatan tersebut, Anda akan merasa rileks dan pikiran Anda kembali segar.

luangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran demi mendapatkan ide segar baru - Ingin Terus Serius dan Konsisten dalam Blogging? Ikuti 6 Langkah ini!
Luangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran demi mendapatkan ide segar baru / Kontenesia

6. Last but not least, disiplin

Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda harus konsisten ngeblog dan laksanakanlah dengan penuh disiplin. Sebanyak apapun ide yang ada di dalam kepala Anda, atau sebagus apapun keterampilan menulis Anda, jika Anda tidak disiplin untuk teratur menuangkan ide tersebut ke dalam tulisan, semua potensi Anda akan menjadi sia-sia. Jadi, silakan bersantai, namun tetap ingat untuk terus memposting artikel di blog Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *