Posted on

Letakkan Kata Kunci di 8 Tempat Keramat Ini, dan Mesin Pencari Akan Memburu Kontenmu

google new logo - Letakkan Kata Kunci di 8 Tempat Keramat Ini, dan Mesin Pencari Akan Memburu Kontenmu

Keyword atau kata kunci merupakan kata-kata yang biasa diketikkan oleh para pengguna mesin pencari untuk memperoleh informasi yang diharapkan. Oleh karena itu, agar konten kita mudah ditemukan oleh mesin pencari, teknik menyisipkan kata kunci ke dalam konten menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan.

Untuk konten yang berbentuk tulisan, teknik tersebut adalah sebuah seni yang memadukan keterampilan menulis dan pengetahuan tentang optimasi mesin pencari (SEO). Kita tidak bisa asal meletakkan kata kunci atau pun berlebihan dalam menyebutkannya, lalu mengharapkan hasil yang memuaskan di mesin pencari.

Untuk itu, tahukah Anda bahwa terdapat tempat-tempat keramat di dalam sebuah tulisan/konten yang sangat digemari oleh mesin pencari? Sangat disayangkan jika kita meninggalkan elemen-elemen ini begitu saja dan kehilangan kesempatan untuk dilirik oleh mesin pencari. Apa saja ya?

Headline: Eyecatching dan Kuat adalah Keharusan!

Headline Eyecatching dan Kuat adalah Keharusan -  kontenesia jasa penulis artikel
Headline Eyecatching dan Kuat adalah Keharusan – Kontenesia

Ketika membagikan konten di media sosial, Anda tidak bisa memilih bagian tertentu dari konten yang ingin ditampilkan. Satu-satunya yang nampak di preview link adalah judul tulisan. Oleh karena itu, headline yang viral dan mengundang mutlak diperlukan untuk menarik minat pengguna media sosial agar mau mengunjungi konten Anda. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci di dalamnya, untuk mempermudah mesin pencari mengenali konten Anda.

Sub Judul: Menjaga Konten Anda Tetap Pada Topik

Sub Judul Menjaga Konten Anda Tetap Pada Topik - kontenesia jasa penulis artikel
Sub Judul Menjaga Konten Anda Tetap Pada Topik – Kontenesia

Sub judul dapat membantu para penulis konten untuk tetap berada di dalam jalur yang benar sesuai topik yang dibahas. Penggunaan sub judul akan menjaga para penulis agar penjelasannya tidak melebar ke mana-mana. Lebih dari itu, sub judul juga merupakan tempat keramat berikutnya yang suka dilirik oleh mesin pencari. Ketika sebuah sub judul mengandung kata kunci, maka konten tersebut memiliki nilai tambah di mata mesin pencari.

Ringkas Penjelasan Anda dalam Listing Point

Peselancar di dunia internet biasanya menyukai konten yang to the point dengan penjelasan yang tidak bertele-tele. Untuk konten berbentuk tulisan, penggunaan listing point dapat menjelaskan suatu topik dengan lebih ringkas dan tepat sasaran. Selain itu, tulisan yang mengandung listing point juga merupakan salah satu bentuk tulisan yang digemari mesin pencari. Pastikan kata kunci Anda juga tersemat di antara listing point tersebut.

Baca juga :

Gambar yang Bukan Sekadar Pemanis dan Penjelas Konten

Gambar yang Bukan Sekadar Pemanis dan Penjelas Konten - Kontenesia jasa penulis artikel
Gambar yang Bukan Sekadar Pemanis dan Penjelas Konten – Kontenesia

Selain sebagai pemanis dan penjelas tulisan, gambar juga bisa bermanfaat untuk menarik perhatian mesin pencari. Walaupun demikian, untuk menarik ‘hati’ mesin pencari, gambar yang dipasang tidak bisa hanya sekadar gambar. Gambar yang dipasang haruslah memuat kata kunci. Anda bisa memasukkan kata kunci di deskripsi gambar (text), caption, ataupun judul gambar. Gambar yang tidak memiliki satu pun keterangan di tempat-tempat tersebut akan diabaikan oleh mesin pencari. Keberadaannya di dalam sebuah tulisan tidak akan menambah daya tarik konten Anda di mata mesin pencari.

Paragraf Awal: Sisipkan Secara Alami

Masih seputar konten berbentuk tulisan, paragraf awal merupakan tempat keramat selanjutnya untuk menyisipkan kata kunci. Semakin awal Anda menyebutkan kata kunci pada tulisan, maka peluang tulisan tersebut semakin besar untuk dipilih oleh mesin pencari. Hanya saja, pastikan kata kunci disisipkan secara natural di dalam tulisan. Jika menyisipkan kata kunci di paragraf awal memang menyulitkan, Anda tidak harus melakukannya agar tulisan Anda tidak terkesan ‘maksa’. Selain itu, ada baiknya Anda mengulangi penyebutan kata kunci beberapa kali di keseluruhan tulisan. Setidaknya, ulangilah penyebutan kata kunci sebanyak tiga kali. Perhatikan pula agar Anda tidak terlalu sering mengulang satu kata kunci dalam satu tulisan, agar tidak dianggap sebagai spam.

Permalink: Elemen yang Sering Terlupakan

Setiap konten di internet memiliki link yang berbeda. Biasanya, permalink akan terbangun otomatis sesuai judul konten atau pun nomor/kode konten. Nah, sudah tahukah Anda bahwa sebenarnya permalink dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan pemilik konten? Edit permalink dari konten Anda dan masukkanlah kata kunci ke dalamnya agar mesin pencari dapat lebih mudah mengenali keterkaitan konten Anda dengan kata kunci.

Baca juga :

Meta Tags untuk Mempertinggi Peluang Klik

Meta Tags adalah elemen HTML yang membentuk struktur data dari sebuah halaman website. Di dalamnya, terdapat elemen-elemen seperti Meta Title, Meta Description, Meta Keyword, Meta Language, Meta Robot, dan lain-lain. Setidaknya, optimalkan penyebutan kata kunci pada Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword. Beberapa mesin pencari mempertimbangkan Meta Tags untuk menentukan peringkat dari suatu konten, namun ada juga mesin pencari yang mengabaikan kata kunci di Meta Tags. Walaupun demikian, pengelolaan Meta Tags bukan berarti tidak bermanfaat, karena isi dari Meta Tags-lah yang akan muncul di hasil pencarian di mesin pencari. Jadi, meskipun Meta Tags tidak memengaruhi peringkat konten Anda, namun Meta Tags dapat mempertinggi peluang klik untuk konten Anda.

Internal Link Text yang Menambah Nilai Manfaat Bagi Pengunjung

Mesin pencari sangat menyukai blog/situs dengan konten-konten yang saling berhubungan. Oleh karena itu, cobalah untuk menyisipkan kata kunci di konten lain yang berhubungan dengan konten baru Anda. Selanjutnya, tautkan kata kunci tersebut ke link konten baru Anda. Sebaliknya, Anda juga bisa menautkan istilah-isitilah yang terdapat di dalam konten baru Anda ke konten lain yang berhubungan dengan istilah-istilah tersebut. Selain untuk memikat mesin pencari, menautkan teks ke konten-konten yang berhubungan dengan topik akan membantu pengunjung yang ingin membaca lebih dalam tentang topik tersebut.

Nah, itulah 8 tempat keramat yang harus diprioritaskan untuk disisipi kata kunci. Sudahkah Anda mempraktikkannya?

2 thoughts on “Letakkan Kata Kunci di 8 Tempat Keramat Ini, dan Mesin Pencari Akan Memburu Kontenmu

  1. bagaimana cara kita menentukan kata kunci yang bagus ya gan ?

    1. kata kunci itu ditentukan oleh tren sebenarnya (cek google trend dan google keyword planner). kalau memang blognya niche pastinya bisa cari keyword kompetitor kita via alexa.com misalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *