Posted on

Mengungkap Rahasia Dapur Situs Ngetop – 5 Peraturan Copywriting untuk Tulisan di Web

5 Peraturan Copywriting untuk Tulisan di Web - Kontenesia

Ngetop di dunia maya jadi impian setiap situs. Untuk mencapainya, Anda perlu menguasai peraturan copywriting untuk tulisan di web. Tapi sebelum membahas peraturan copywriting, ada baiknya jika kita berkenalan dengan makna copywriting dan keuntungannya terlebih dulu.

Copywriting adalah teknik untuk membuat tulisan atau artikel yang mampu membujuk pembaca untuk melakukan respon tertentu yang kita inginkan. Sederhananya, artikel copywriting harus bisa secara efektif menjual dan mempromosikan apa pun. Peran copywriting ini seperti sales atau marketing. Dengan copywriting, diharapkan orang akan tertarik dengan konten yang kita buat. Peran copywriting sangat esensial untuk meningkatkan traffic situs kita.

Lalu bagaimana caranya membuat tulisan yang sesuai dengan aturan copywriting? Berikut adalah 5 cara yang bisa dijadikan acuan. Namun, tidak tertutup kemungkinan jika Anda mampu memodifikasi beberapa peraturan ini.

Membuat judul yang fantastis

Judul menentukan apakah tulisan Anda akan dibaca atau tidak. Jadi, letakkanlah energi Anda untuk membuat judul. Judul yang fenomenal akan menarik minat orang untuk membaca, bahkan menjadi pengunjung rutin dari situs Anda.

Temukan sisi yang berbeda dari apa pun yang Anda ingin tulis. Biarkan Anda mengambil waktu dan menggali informasi ke sana kemari dalam proses pembuatan judul. Yang unik dan belum pernah ada adalah tujuan utama Anda. Jangan menuliskan sesuatu dengan judul yang mirip-mirip bahkan nyaris serupa dengan tulisan yang telah ada. Jika serupa, tentu orang akan berpikir apa gunanya mampir ke situs Anda. Di mana letak bedanya.

Satu hal yang perlu diingat, dalam membuat judul, jangan membohongi pembaca. Sesuatu yang Anda berani sebutkan di judul, baiknya benar-benar bisa ditemukan di konten tulisan. Jangan membuat harapan palsu. Karena ini bisa menentukan apakah pembaca akan kapok membaca tulisan di situs Anda atau tidak.

[wdca_ad id=”1163″ ]

Fokus pada target pembaca

Kenali kepada siapa tulisan Anda ditujukan. Kenali target pembaca yang Anda inginkan. Dan buatlah tulisan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hindarkan menggunakan kata ganti jamak karena kurang menimbulkan efek mengikat pembaca. Gunakan kata ‘kamu’, ‘Anda’, dan sejenisnya. Ini akan membuat pembaca betah berlama-lama membaca artikel Anda. Pilihlah kata yang terdengar seperti sapaan hangat kepada pembaca.

Gunakan bahasa yang umum dan mudah dimengerti

Anda harus mengenali bahasa yang lazim digunakan oleh target pembaca Anda. Posisikanlah diri Anda sebagai pembaca. Gunakanlah bahasa yang umum, mudah dimengerti, serta enak dibaca. Jangan memaksakan bahasa atau istilah yang terdengar keren tapi malah sulit dimengerti. Terlebih jika menambahkan suatu kalimat jargon yang malah terdengar aneh dan ‘ga nyambung’ di mata pembaca.

Mengungkap Rahasia Dapur Situs Ngetop – 5 Peraturan Copywriting untuk Tulisan di Web - Kontenesia
Mengungkap Rahasia Dapur Situs Ngetop – 5 Peraturan Copywriting untuk Tulisan di Web – Kontenesia / Found on eduarea.wordpress.com

Berbicaralah melalui tulisan

Tulisan yang enak dibaca adalah tulisan yang saat membacanya, seakan tengah berbicara dengan penulisnya. Ya, “tulisan yang berbicara.” Menggunakan kalimat yang memberikan kejelasan, namun lengkap secara struktur.

Membuat tulisan semacam ini membutuhkan latihan yang cukup banyak. Kebanyakan orang menulis panjang dan lupa bahwa pembaca membutuhkan jeda kalimat yang bisa membuat pembaca tertarik melanjutkan bacaan hingga akhir tulisan. Untuk itu, baiknya Anda membiasakan diri untuk membuat beberapa artikel sekaligus sebagai bahan perbandingan.

Jangan segan untuk membuat tulisan cadangan. Karena bisa jadi setelah dibaca kembali, Anda menemukan sebagian artikel yang Anda tulis tidak enak dibaca. Bahkan mungkin tidak bisa dimengerti maksud tulisannya.

Untuk dapat menulis dengan baik, Anda perlu benar-benar memahami apa yang akan Anda tulis. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang konten yang hendak Anda tulis. Jangan segan bertanya jika itu bisa membantu Anda menyelesaikan tulisan yang berkualitas.

Jangan bertele-tele dalam paragraf

Terkadang karena terlalu bersemangat, seseorang mampu menulis artikel dengan jumlah 1000 kata dalam satu tulisannya. Sebenarnya ini sah saja jika memang tulisan itu enak dibaca. Atau jika informasi yang disajikan sangat bermanfaat.

Tapi kadang jumlah karakter kata yang terlampau banyak hanya akan membuat pembaca segan untuk membaca. Alih-alih meningkatkan traffic pembaca, yang terjadi malah sebaliknya, situs jadi sepi pengunjung.

Umumnya pembaca hanya berfokus pada informasi yang ingin dia cari. Karena itu biasakanlah menulis dengan paragraf yang pendek. Dalam satu paragraf, tulislah tidak lebih dari empat kalimat dengan kata yang seefektif mungkin. Cara ini akan membantu pembaca untuk melakukan skipping atau teknik membaca cepat. Selain itu, Anda juga tidak perlu bersusah payah memanjangkan kata dan kalimat hanya untuk mengejar jumlah karakter secara berlebihan.

Pastikan tulisan Anda tepat sasaran, sesuai tema, sesuai dengan target pembaca, dan sesuai dengan judul yang Anda tampilkan.

Pembaca yang puas dengan sajian tulisan di situs Anda kemungkinan besar akan menjadi pengunjung tetap. Peningkatan pengunjung tetap berarti peningkatan traffic ke situs Anda. Dan inilah efek yang diharapkan dari copywriting.

Jangan lupa, kuncinya tetaplah komitmen terhadap pembaca, agar Anda selalu bersemangat untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Begitulah yang dilakukan oleh situs-situs ngetop di ranah lokal maupun global. Ngetop karena bisa menerapkan copywriting dengan baik.

Demikian peraturan copywriting untuk tulisan di web yang saya paparkan. Semoga dapat membawa manfaat. Silakan mencoba menerapkan peraturan copywriting untuk tulisan di web ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *