Posted on

Ingin Istiqomah Membuat Niche Blog? Simak 5 Trik Jitu Tuk Cara Membuat Blog-mu Tak Lekang oleh Waktu

Tentukan Niche

“You must remain focused on your journey to greatness.” – Les Brown

Blogger kawakan sering kali berujar, “Kalau ingin sukses membangun blog, mulailah dengan memilih niche untuk blog Anda.” Bagi yang masih awam dengan dunia per-blogging-an, tentu akan merasa bingung. Apa itu niche blog? Samakah niche blog dengan blog biasa? Mengapa blog jenis ini dianggap lebih baik? Dan sebagainya.

Niche blog bisa dikatakan sebagai blog yang dibuat untuk tujuan marketing tertentu, dengan kata lain, niche memiliki pangsa pasar (dalam hal ini target pembaca) yang lebih jelas jika dibandingkan dengan blog umum yang setiap hari kita temui. Pun karena ada target khusus yang dituju, niche blog pasti memiliki produk atau jasa tertentu yang ditawarkan.
Salah satu contoh niche blog adalah Ngenglishyuk. Dilihat dari namanya saja jelas diketahui kalau si pemilik blog ingin fokus mengajak pembacanya untuk mempelajari bahasa Inggris, bukan membahas tema selain bahasa Inggris. Jangankan tentang Tips Menaklukkan Wanita Idaman, tema bahasa Jawa pun tidak akan Anda temukan dalam blog ini.

Tidak seperti blog lain yang campur aduk isinya bak gado-gado, niche blog itu tentang keistiqomahan si pemilik blog berfokus pada satu tema saja, bukan dua atau tiga, apa lagi dua puluh lima. Dan tentu saja, mengelola blog jenis ini ada kurang dan lebihnya, di antaranya:

Lebih Ramah SEO dan Lebih Profesional

Lebih Ramah SEO dan Lebih Profesional
Lebih Ramah SEO dan Lebih Profesional / Kontenesia / bengkulu-kito.blogspot.com

Dibandingkan blog gado-gado seperti yang saya sebutkan di atas, niche blog terbukti lebih dipercaya mesin pencari sebagai sumber sahih setiap kali pengguna mengakses keyword tertentu. Bahkan, website sekelas kompas.com akan kalah dengan niche blog milik Anda, ini karena niche blog dianggap lebih profesional.

Mengasah Kemampuan Anda

Mengasah Kemampuan Anda
Mengasah Kemampuan Anda / Kontenesia / gengsi-dong.blogspot.com

Memutuskan untuk membangun niche blog merupakan langkah yang sangat tepat. Alasannya, saat mengelola blog jenis ini, misalnya Anda mengambil tema otomotif, maka lama-kelamaan kemampuan nalar dalam hal otomotif Anda akan semakin terasah. Tak hanya itu, pengunjung juga akan terus datang ke blog karena menganggap Anda sudah ahli dalam topik terkait.

Menjaring Iklan dengan Niche Blog = Meraup Pundi-Pundi

Menjaring Iklan dengan Niche Blog = Meraup Pundi-Pundi
Menjaring Iklan dengan Niche Blog = Meraup Pundi-Pundi / Kontenesia / deltakomputer-kediri.blogspot.com

Tujuan Anda membuat blog salah satunya tentu ingin mendapatkan rupiah, bukan? Nah, jika memang demikian, memilih tema niche untuk blog Anda merupakan pilihan yang tepat. Alasannya, jasa pengiklan biasanya lebih suka menitipkan produknya melalui niche blog. Bahkan raja iklan internet sekaliber Google Adsense selalu melirik niche blog untuk ditunggangi.

Ada plus tentu ada minus, ada lebih tentu ada kurangnya juga. Begitu pula dengan niche. Jika blog gado-gado selalu hadir dengan beragam topik dan pembahasan, maka berbeda dengan niche yang cenderung monoton, alias gitu-gitu aja. Terlebih jika si pemiik tidak terus mengupdate isi blognya, traffic yang sempat memuncak lama-kelamaan akan berkurang juga.
Ya, traffic tak selamanya di atas. Kadang naik, kadang juga turun, dan kebanyakan jika sudah turun tidak bisa dikasih napas buatan, eh diselamatkan, maksudnya. Duh, sayang sekali. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membuat niche, pilihlah tema yang betul-betul Anda sukai.

Tentukan Niche

Tentukan Niche
Tentukan Niche / Kontenesia / www.inman.com

Meski bukan perkara mudah, memilih niche yang cocok dengan kepribadian Anda akan meminimalisasi ketidak-update-an blog karena rasa jenuh yang mungkin akan Anda alami. Misalnya, jika Anda suka berjalan-jalan dan bertualang, tema travelling sangat cocok buat Anda. Pun sebaliknya, membahas kuliner sangat pas buat Anda yang gandrung dengan makanan. Logikanya, orang tidak mungkin bosan dengan sesuatu yang dicintainya, bukan? Ehm…

Pilihlah Topik yang Tahan Lama

Pilihlah Topik yang Tahan Lama
Pilihlah Topik yang Tahan Lama / Kontenesia /tutorial-kewez.blogspot.com

Memilih topik yang sedang hot memang berpeluang besar untuk mendatangkan traffic. Namun, jangan mudah terkecoh dengan traffic yang ramai, karena hal tersebut biasanya hanya bersifat sementara. Jika sudah tak in lagi, pengunjung otomatis akan berhenti membanjiri blog Anda. Gampangnya, hari ini dicintai, besok dikhianati. Hehehe…
Sebaiknya, pilihlah topik yang bahasan dan temanya tahan lama serta tidak cepat basi. Kalau kata lagu sih, “tak lekang oleh waktu,” gitu.

Terus Perbarui Pengetahun Anda

Terus Perbarui Pengetahun Anda
Terus Perbarui Pengetahun Anda / Kontenesia / cacamedia.com

Jika sudah mantap dengan tema yang Anda pilih, tugas Anda sekarang adalah terus memperbarui pengetahun yang berkaitan dengan tema niche. Hal ini sangat perlu dilakukan agar pikiran Anda terus dikucuri ide-ide segar untuk kemudian dituangkan ke dalam blog.

Fokuslah

Fokuslah
Fokuslah / Kontenesia / socialanxietyinstitute.org

Niche berarti fokus. Fokus berarti istiqomah. Dan istiqomah berarti Anda harus berpegang teguh pada apa yang sudah Anda pilih. Inilah esensi niche blog yang sesungguhnya. Alih-alih memilih tema Kesehatan secara umum, fokuskan niche Anda pada satu topik saja, misal Kesehatan Kulit.
Bahkan, niche kesehatan kulit masih bisa dipecah menjadi micro-niche, misalnya Kesehatan Kulit Badak, Kulit Buaya, atau Kulit Ayam. Pun Kesehatan Kulit Buaya masih bisa lagi dipecah jadi Buaya Darat atau Buaya Laut. Hehehe ini hanya contoh saja, ya.

Jika sudah… Kini Saatnya Menjadikan Blog Niche Anda sebagai Sumber Uang
Bagaimana saya mengomersilkan niche blog yang saya miliki? Tenang saja, ada ratusan ribu produk dan jasa yang menunggu untuk diiklankan. Anda bisa menjaring mereka untuk memercayakan promosinya lewat blog Anda. Jika blog Anda ditulis dalam bahasa Indonesia, produk-produk lokal bisa menjadi target yang tepat. Sebaliknya, perusahaan produk luar negeri bisa Anda dekati untuk memasang iklannya di blog milik Anda.
Jangan Ragu untuk Mulai Berafiliasi
Berafiliasi atau menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan tertentu bisa dibilang sebagai langkah paling tepat untuk memonetizekan blog niche Anda. Anda pun bisa melihat dan memilih ribuan produk perusahaan mana yang cocok di situs Amazon.com.

Nah, setelah membaca penjelasan panjang lebar di atas (hehe maapkeun kalau terlalu panjang), sudah siapkah Anda memulai niche blogging? Selamat membuat niche blog yang tetap nice!

3 thoughts on “Ingin Istiqomah Membuat Niche Blog? Simak 5 Trik Jitu Tuk Cara Membuat Blog-mu Tak Lekang oleh Waktu

  1. Makasih sob artikelnya, mudah dipahami.

  2. memilih niche dan tetap fokus dalam satu niche memang berat.. terlebih dengan berkembangnya suatu topik.. terkadang kita terpancing untuk mengikuti tren yang ada.. alhasil gagal fokus.. 🙂

    salam kenal.. kontenesia luar biasa sekali bisa mendapat omset sebesar itu.. 🙂

  3. blog niche lebih mantap menghasilkan uang.. apalagi menggunakan program affiliasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *