Posted on

5 Cara Menciptakan Konten Blog yang Menjual Tanpa Mengobral

Menulis Sesuai Kepribadian Anda

Membuat konten yang menarik dan bermutu tentunya menjadi suatu keharusan bagi blogger. Blog yang berisi artikel informatif dan akurat pasti akan mencuri perhatian para peselancar dunia maya. Orang yang pada awalnya hanya singgah di blog Anda sekadar untuk mencari informasi, akan tergugah untuk terus mengikuti perkembangan terbaru jika tulisan-tulisan yang ada di dalamnya variatif dan berbobot.

Walau begitu, masih ada blogger yang mengaku kesulitan membuat konten yang mampu membuat perhatian pembaca terpaku pada blognya. Mungkin para pemilik akun blog tersebut sudah mencoba mengupdate konten blognya secara rutin, tapi itu tak kunjung membuat blog mereka dibanjiri pengunjung. Traffic blog mereka masih saja stagnan. Pembaca yang mengikuti perkembangan blog pun masih yang itu-itu saja.

Menulis konten blog yang menarik sebenarnya bukan hal yang susah. Memang diperlukan pemahaman yang baik agar tercipta sebuah artikel yang tak hanya berisi, namun juga enak dibaca dan eye-cathching. Berikut adalah beberapa cara untuk menulis konten yang menjual:

Judul yang Menarik

Judul yang Menarik
Judul yang Menarik / Kontenesia / www.buzzghana.com

Judul yang eye-catching sudah menjadi nilai mutlak untuk membuat konten berita yang menjual. Dengan memiliki judul yang unik dan enak dibaca, pembaca pun otomatis akan tertarik untuk menyimak isi artikel yang kita buat.

Sayangnya, banyak orang yang masih menyalahartikan bahwa judul yang menarik adalah judul yang menuai perhatian, sekalipun tak begitu sesuai dengan isi beritanya. Hal inilah yang kadang menurunkan nilai jual sebuah blog di mata para pembaca. Buatlah judul yang mampu mencuri perhatian pembaca, namun juga tidak melenceng dari isi artikel yang Anda buat. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui bahwa Anda tak hanya sekadar membuat judul yang menjual, namun juga sesuai dengan isi beritanya.

Perhatikan Topik dan Kualitas Pembahasan

Perhatikan Topik dan Kualitas Pembahasan
Perhatikan Topik dan Kualitas Pembahasan / Kontenesia / www.cookingwithawallflower.com

Setelah membuat judul yang mampu menggugah rasa penasaran pembaca, perhatikan pula konten yang akan disuguhkan dalam blog Anda. Olah ide yang Anda miliki beserta data yang ada di sekitar. Kembangkan menjadi sebuah artikel yang berkualitas dengan cara pembahasan yang unik dan enak dibaca.

Konten dengan topik pembahasan yang berbobot tentunya akan mengundang para pembaca untuk menelusuri lebih jauh mengenai artikel tersebut. Tidak susah untuk membuat artikel blog yang berkualitas. Anda harus mengumpulkan topik-topik yang menarik dan Anda kuasai terlebih dahulu. Himpun pula data dan sumber-sumber menarik yang dapat membantu Anda dalam proses mengolah artikel. Nantinya, tulisan Anda tidak boleh berisi data-data dari orang lain saja, namun harus diperkuat oleh opini dan pembahasan dari Anda sendiri. Dengan demikian, artikel dengan topik dan pembahasan yang berkualitas pun akan tercipta.

Kata Kunci Relevan

Kata Kunci Relevan
Kata Kunci Relevan / Kontenesia / www.gubuginformasi.com

Konten blog yang menjual tak lepas dari kata kunci yang terdapat dalam setiap artikel. Bagaimana bisa para peselancar dunia maya menemukan informasi yang hendak mereka cari jika tulisan yang ada di blog tidak mengandung kata kunci yang dibutuhkan?

Untuk itu, kata kunci yang digunakan dalam penulisan setiap artikel harus berkaitan dengan topik yang ada. Satu hal yang perlu Anda ingat, jangan sampai berlebihan dalam menuliskan kata kunci . Kata kunci yang terlalu sering digunakan di dalam suatu artikel akan mengurangi nilai jual artikel tersebut, bahkan bisa dikategorikan sebagai spamming.

Hal yang tak kalah penting ketika memasukkan kata kunci dalam artikel adalah membuat variasi kata kunci yang masih relevan dengan konten artikel. Dengan demikian, pembaca tak akan bosandan mesin pencari akan menjaring lebih banyak pencarian untuk artikel Anda.

Konten yang Positif dan Menginspirasi

Konten yang Positif dan Menginspirasi
Konten yang Positif dan Menginspirasi / Kontenesia / www.theofficialblogguide.com

Jika sebuah blog hanya memuat berita-berita yang bertujuan menghibur tanpa memberi efek apapun bagi pembacanya, lambat laun para pengunjung akan sampai pada titik jenuh untuk mengikuti perkembangan blog tersebut. Bisa saja para pembaca setia itu kemudian meninggalkan blog Anda karena merasa tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari konten-kontennya. Lantas apa yang harus Anda lakukan?

Sajikanlah topik-topik pembahasan yang sarat akan nilai positif. Konten-konten yang memberi nilai positif akan membuka wawasan baru bagi para pembaca. Orang yang membacanya tidak hanya akan terhibur, namun juga tergerak untuk melakukan suatu hal yang lebih baik. Bila hal ini terjadi, secara tidak langsung Anda telah menjadi agen perubahan bagi masyarakat luas. Artikel yang menginspirasi masyarakat juga akan mengantarkan pengunjung baru berdatangan ke blog Anda.

Menulis Sesuai Kepribadian Anda

Menulis Sesuai Kepribadian Anda
Menulis Sesuai Kepribadian Anda / Kontenesia / www.altimetergroup.com

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam membuat artikel yang menjual adalah menyuntikkan kepribadian Anda ke dalam tulisan. Sebagai pemilik blog sekaligus sang penulis artikel, Anda memiliki kebebasan untuk membuat artikel sesuai dengan kepribadian dan gaya penulisan Anda sendiri.

Dalam membuat konten blog, Anda boleh saja terilhami oleh para blogger yang sedang naik daun. Namun jangan sampai hal itu membuat Anda kehilangan gaya penulisan khas Anda sendiri. Dengan menulis sesuai kepribadian Anda, pembaca akan dengan mudah mengenali tulisan Anda di dunia maya. Dan dengan konsisten menampilkan kepribadian Anda sendiri di dalam setiap tulisan, blog Anda pun akan memiliki tempat tersendiri di hati para pembaca.

Dengan melakukan 5 cara membuat konten blog yang menjual di atas, menulis konten yang menarik dan memiliki nilai jual bukan lagi hal yang sulit. Yang terpenting, pastikan Anda menghadirkan konten bermutu dan unik, agar mampu mengajak para pengunjung untuk terus bertandang ke blog Anda. Selamat menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *