Posted on

Jenuh dengan Traffic Blog yang Stagnan? 4 Kualitas Cara meningkatkan Pengunjung Blog

Jagalah Kredibilitas Blog Anda

Di era informasi yang serba digital ini, bukan hal baru untuk memiliki sebuah akun blog. Ya, Banyak orang membuat blog dengan tujuan yang bervariasi pula. Ada yang memiliki blog hanya sekadar untuk mencurahkan pengalaman pribadi, namun ada pula yang membuat blog secara khusus sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan atau pun informasi tertentu.

Apapun tujuan dari pembuatan blog tersebut, ada satu hal penting yang selalu menjadi sorotan bagi para pemilik blog: traffic blog. Ya, angka yang tertera pada traffic blog memang menunjukkan berapa banyak orang yang singgah di blog yang Anda miliki, entah itu sekadar berkunjung dan melihat-lihat blog, atau pun untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru dari blog tersebut secara rutin. Semakin tinggi angka yang tertera pada traffic blog, tentu menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda. Itu berarti banyak orang pula yang tertarik dengan blog Anda dan penasaran untuk terus mengikutinya.

Tentu akan sangat menyenangkan jika mengetahui bahwa traffic blog Anda semakin meningkat setiap harinya, bukan? Lalu apa yang harus dilakukan jika berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, traffic blog Anda masih menyentuh angka yang itu-itu saja? Tak perlu panik, karena ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk memancing para peselancar di dunia maya untuk mengunjungi blog Anda. Berikut adalah beberapa kualitas yang wajib dimiliki untuk meningkatkan traffic blog Anda:

Memperbanyak Konten

Memperbanyak Konten
Memperbanyak Konten / Kontenesia

Dengan konten yang variatif, tentunya pengunjung tak akan bosan untuk singgah ke blog Anda. Buatlah berbagai macam konten menarik yang akan memancing pengunjung untuk berlama-lama di blog Anda. Bukan tak mungkin pengunjung yang pada awalnya singgah hanya untuk mencari suatu artikel, malah menjadi betah untuk membaca tulisan-tulisan Anda yang lain, berkat konten-konten menarik yang ada di sana. Berikutnya, bisa saja orang tersebut menjadi pengunjung setia blog Anda.

Semakin banyak artikel Anda dibuka oleh orang-orang, semakin meningkat pula traffic blognya. Hal ini menandakan bahwa blog Anda cukup menarik dan diminati oleh banyak orang. Anda dituntut untuk menyajikan konten yang variatif  dan mengasah kreativitas Anda untuk terus menyajikan hal-hal yang segar.

Hal yang perlu diingat adalah tetap menyajikan konten yang positif dan bermanfaat bagi orang-orang. Jangan sampai dengan banyaknya konten yang ada, nilai dan kualitas penulisan konten yang disajikan menjadi menurun. Tentunya orang tak akan tertarik membaca post yang kontennya negatif dan dibuat asal-asalan.

Tetaplah Konsisten

Tetaplah Konsisten
Tetaplah Konsisten / Kontenesia / www.wallippo.com

Hal utama yang perlu disoroti untuk meningkatkan traffic blog adalah tetap konsisten. Konsistens akan konten yang dibuat dalam setiap post yang ada dalam blog, konsisten akan cara pandang Anda dalam menanggapi isu-isu yang Anda tampilkan dalam post blog tersebut, konsisten dengan gaya penulisan yang digunakan, serta konsisten untuk meng-update blog Anda dalam jangka waktu yang telah Anda tetapkan sendiri.

Dengan menjaga konsistensi, berarti Anda tak hanya menjaga loyalitas pada pembaca setia blog, tetapi juga berpegang teguh pada prinsip yang sejak awal Anda miliki. Hal ini tentu akan memberi dampak positif, karena dengan demikian blog Anda akan memiliki personal branding tersendiri di mata para pengunjung.

Jagalah Kredibilitas Blog Anda

Jagalah Kredibilitas Blog Anda
Jagalah Kredibilitas Blog Anda / Kontenesia / www.torquemag.io

Apakah Anda tertarik untuk membaca informasi dalam blog yang tak terjamin akurasinya? Masihkah Anda betah berlama-lama mengikuti artikel demi artikel blog yang hanya berisi data yang diambil dari berbagai sumber, tanpa menyertakan sudut pandang dan pendapat pribadi dari sang pemilik blog? Jika hal-hal ini masih terdapat pada blog Anda, sudah pasti traffic blog Anda tidak akan mengalami peningkatan.

Salah satu kunci untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan membangun kredibilitas blog. Untuk itu, informasi yang dihadirkan dalam blog Anda harus akurat dan mengikuti perkembangan yang ada di dunia. Jika Anda mengelola blog secara berkelompok, salah satu cara untuk menjaga informasi yang akurat dan aktual adalah dengan mencari data melalui sumber yang tepercaya, bisa melalui buku atau langsung melalui pakar dari topik yang dibahas. Jika Anda mengelola blog sendirian, pastikan Anda menguasai isu yang ditulis di blog Anda sendiri, sehingga Anda dapat memberikan data yang tepercaya, sekaligus memberikan opini mengenai isu tersebut melalui sudut pandang Anda sendiri. Dengan demikian, artikel yang terdapat di blog Anda akan memiliki konten yang bermutu, akurat, dan  secara perlahan kredibilitas blog Anda akan terbangun.

Kembangkan Kreativitas

Kembangkan Kreativitas
Kembangkan Kreativitas / Kontenesia / www.i.huffpost.com/

Menjaga kredibilitas dan konsistensi blog merupakan suatu keharusan, namun bukan berarti hal-hal tersebut membuat Anda menjadi tidak kreatif. Ada berbagai hal yang dianggap dapat membatasi kreativitas dalam menulis artikel, di antaranya adalah tema dari konten yang dibuat, gaya penulisan, dan lain sebagainya. Pada kenyataannya, Anda tetap dapat mengembangkan kreativitas dan ide-ide segar yang Anda miliki melalui hal-hal tersebut. Selama Anda tidak menulis suatu hal yang menyimpang dari topik utama artikel yang hendak Anda tulis dan menyertakan isu yang menarik, Anda dapat memberikan cara penyajian yang berbeda untuk konten blog Anda.

Mainkan ide Anda, kembangkan cara penulisan yang berbeda. Anda bisa pula mengajak para pembaca blog Anda untuk ‘masuk’ dalam artikel yang Anda tulis. Ajak mereka berpartisipasi dalam setiap pemikiran Anda dan lihat bagaimana mereka merespon artikel yang Anda tuangkan dalam blog. Jika pembaca menyukai inovasi yang Anda buat di blog, maka Anda dapat terus mengembangkannya dalam tulisan-tulisan Anda berikutnya. Bagaimana jika para pembaca tak menyukai hal baru yang Anda suguhkan dalam blog? Jangan panik dulu. Anda cukup kembali pada gaya penulisan Anda yang lama. Hal ini dapat pula menandakan bahwa tulisan-tulisan Anda telah memiliki citra tersendiri bagi pembaca, sehingga setiap orang yang singgah di blog Anda telah akrab dengan cara penulisan Anda selama ini. Selain cara penulisan, Anda juga dapat memperbarui desain blog, agar pengunjung setia blog Anda tidak bosan dengan tampilannya. Tentunya hal-hal tersebut dapat membantu meningkatkan traffic blog Anda.

Dengan memerhatikan 4 hal di atas, blog Anda akan memiliki daya tarik tersendiri bagi peselancar di dunia maya. Bukan tak mungkin pembaca akan semakin penasaran dengan tulisan-tulisan Anda dan menjadi pengunjung setia yang pada gilirannya akan meningkatkan traffic blog Anda.

Meningkatkan traffic blog bukanlah hal yang sukar dilakukan jika Anda terus belajar dan mengembangkan hal-hal penting di atas. Selamat mencoba!

4 thoughts on “Jenuh dengan Traffic Blog yang Stagnan? 4 Kualitas Cara meningkatkan Pengunjung Blog

  1. Cakep tulisanya gan..thanks dah menginspirasi

  2. Boleh2.. bisa diterapin di blog ane nih,, biar nambah pengunjungnya..

  3. saya rencanynya bulan november mau mulai masuk ke adsense Inggris, nah tentu nanti butuh konten berkualitas donk yng berbahsa Inggris, apakah pihak kontenesia siap membantu saya ?
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *