Posted on

4 Cara Membangun Hubungan Antara Bloger Dengan Pembaca Blog Anda Agar Tetap Setia

Berselancarlah di Media Sosial

Memiliki blog yang ramai akan pengunjung tentu menjadi impian bagi sebagian besar pemilik akun blog. Akan sangat menyenangkan ketika tahu bahwa apa yang Anda tulis dapat bermanfaat dan menginspirasi orang banyak untuk melakukan sesuatu yang positif. Tak sedikit orang yang pada awalnya membuat blog hanya sebagai wadah untuk mengeluarkan buah pikiran mengenai segala hal yang ada di sekitar, atau sekadar untuk mencurahkan perasaan. Namun seiring berjalannya waktu, blognya semakin dilirik karena konten-kontennya dianggap menarik.

Ini menandakan bahwa blog Anda telah memiliki tempat di hati para pembaca. Beberapa pembaca yang mendapati artikel menarik di blog Anda akan penasaran dan mengikuti update Anda berikutnya. Namun, apakah artikel yang menarik bisa menjadi jaminan yang akan membuat para pembaca terus setia mengikuti perkembangan blog Anda?

Tak dipungkiri, hal yang paling susah dari memiliki sebuah blog adalah menjaga agar para pembaca tidak bosan untuk terus berkunjung, agar blog yang kita miliki menjadi tujuan utama bagi para peselancar dunia maya. Untuk itu, dibutuhkan cara-cara tersendiri agar para pembaca blog tertarik untuk terus terhubung dan mengunjungi blog Anda. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan bagi para pemilik akun blog untuk membangun hubungan dengan pembaca:

Manfaatkan Fitur Komentar

Manfaatkan Fitur Komentar
Manfaatkan Fitur Komentar / Kontenesia / www.blog.performics.com/

Sekali dua kali Anda akan mendapati beberapa orang yang singgah di blog Anda memberi komentar pada tulisan-tulisan Anda di blog. Jangan pernah meremehkannya. Melalui komentar-komentar tersebut akan terbina suatu komunikasi antara pengguna blog dengan pembacanya. Hal ini pula yang akan membantu Anda untuk memiliki hubungan baik dengan para pengunjung blog Anda.

Bagaimana caranya memanfaatkan fitur komentar ini? Sebisa mungkin berinteraksilah dengan para pengunjung yang telah singgah dan memberi komentar. Jangan hanya sekadar membalas komentar mereka dengan ucapan terima kasih, namun usahakan untuk menghidupkan komunikasi panjang. Anda bisa melempar pertanyaan kepada mereka, atau membuat para pengunjung untuk berdiskusi satu sama lain. Dengan demikian, mereka yang pada awalnya hanya sekadar singgah, akan menjadi pembaca setia blog Anda.

Bergabunglah di Forum Diskusi

Bergabunglah di Forum Diskusi
Bergabunglah di Forum Diskusi / Kontenesia / www.e-businessmoms.com

Jika Anda cermati, ada banyak forum diskusi online yang dapat Anda temukan di dunia maya. Bergabunglah dengan forum-forum diskusi yang memiliki keterkaitan dengan blog Anda. Melalui forum diskusi ini, Anda akan memiliki peluang untuk mempromosikan blog.

Dengan promosi melalui forum diskusi online, Anda dapat mengundang orang-orang baru untuk singgah di blog untuk membaca tulisan-tulisan Anda. Cara promosi melalui forum diskusi ini cukup mudah. Anda akan mendapati thread tempat orang-orang berdiskusi atau tanya jawab mengenai topik tertentu. Jika artikel-artikel yang ada di blog Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, di sinilah Anda bisa menyertakan link post blog Anda yang sekiranya sesuai dengan topik tersebut. Para penanya puas, Anda pun senang. Bukan tak mungkin hal ini dapat menjadi permulaan bagi para peselancar dunia maya untuk terus mengikuti update blog Anda, kan?

Lakukan Kopi Darat

Lakukan Kopi Darat
Lakukan Kopi Darat / Kontenesia / http://www.maxproit.net/

Setelah menjalin hubungan baik dengan pembaca blog melalui dunia maya, tak ada salahnya melakukan gathering atau kopi darat untuk mempererat komunikasi dengan para pengikut setia blog Anda. Saat gathering tersebut, Anda bisa membahas topik-topik yang ada dalam blog Anda dengan lebih dalam. Para pembaca pun dapat mengetahui sudut pandang Anda, tak hanya melalui tulisan, namun juga secara personal.

Bagaimana jika Anda adalah seorang pengguna blog pemula yang ingin menarik perhatian orang untuk membaca blog Anda? Bergabunglah dengan komunitas-komunitas blogger. Seiring perkembangan zaman, komunitas blogger dapat ditemukan di hampir setiap daerah. Saat kopi darat, ada berbagai kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas blogger, mulai sekadar melakukan pertemuan biasa hingga diskusi mengenai penulisan blog dengan blogger profesional. Dengan mengikuti kopi darat, Anda tak hanya menambah teman, namun juga dapat menjadi ajang untuk saling bertukar alamat blog. Dengan begitu, blog Anda akan semakin banyak dikunjungi dan dibaca oleh bloggerblogger lainnya.

Berselancarlah di Media Sosial

Berselancarlah di Media Sosial
Berselancarlah di Media Sosial / Kontenesia / www.cdn.sindonews.net/

Strategi lain yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan pembaca blog adalah melalui media sosial, tempat para pengikut blog Anda berada. Jika konten blog Anda didominasi oleh fotografi dan gambar-gambar artsy, coba buat akun Instagram atau Pinterest. Melalui akun-akun tersebut, Anda bisa sekaligus mempromosikan foto-foto yang terdapat dalam blog, tentunya dengan menyertakan link di setiap akun media sosial tersebut.

Jika  Anda suka membuat tulisan panjang atau artikel, Anda bisa menggunakan Facebook. Melalui media sosial satu ini, Anda dapat menyebarkan link tulisan dari blog Anda beserta foto jika diperlukan. Jika Anda aktif di Facebook dan menggunakan sosial media ini untuk menyebarkan update terbaru mengenai blog Anda, bisa jadi teman-teman Anda di Facebook akan membaca update tersebut dan selanjutnya tertarik untuk terus mengikuti perkembangan terbarunya.

Media sosial memang dapat membantu Anda untuk lebih terhubung dengan pembaca blog, namun bukan berarti Anda harus ada di setiap media sosial untuk memberitakan update blog terbaru Anda. Konsistenlah menggunakan beberapa media sosial yang menurut Anda dapat memberi dampak besar bagi perkembangan blog. Dengan demikian, para pengikut blog Anda juga tahu dari media sosial mana mereka dapat mengetahui update terbarunya.

Sangat penting bagi para blogger untuk dapat menarik hati para peselancar dunia maya sehingga mereka mau membaca dan menjadi pengikut setia. Lebih dari itu, penting pula bagi para blogger untuk memiliki hubungan yang kuat dengan para pembacanya, karena selain meningkatkan traffic blog, para pembaca setia ini juga menjadi bukti bahwa blog yang Anda tulis mengandung konten yang menarik dan bermanfaat. Bukan tak mungkin para pembaca blog itu akan mengantarkan Anda berkenalan dengan penulis atau bloggerblogger terkemuka, sehingga Anda dapat menambah ilmu dalam dunia blogging. Tertarik melakukan cara-cara di atas untuk membangun hubungan dengan pembaca blog Anda? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *