Posted on

Konten Bukan Hanya Tempat Berkumpulnya Huruf-huruf. Yuk Intip 5 Cara Membuat Konten yang Menawarkan Nilai Berharga dan Bisa Membantu Orang Lain

Cara Membuat Konten - Kontenesia

Konten adalah bagian terpenting dari sebuah website atau blog. Anda tentu tidak mau bagian terpenting itu sia-sia belaka, bukan? Anda juga tentu tidak mau konten Anda ada tapi tidak berguna apa-apa.

Memang, tidak semua konten diisi dengan hal yang bermanfaat dan bisa membantu orang lain. Padahal sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkan blog kita dengan sebaik-baiknya.

Faktanya, banyak sekali orang yang mengajukan pertanyaan kepada Google. Jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba memberikan jawaban lewat konten blog. Mulai dari masalah kuku sampai masalah politik, mereka mencoba mencarinya di Google. Coba bayangkan satu hal saja, misalnya tentang nyamuk. Dari nyamuk kita bisa membuat tulisan tentang pencegahan demam berdarah, tips menggunakan obat nyamuk, tentang nyamuk dalam dunia biologi, copywriting produk obat nyamuk, atau tips supaya para jomblo tidak hanya berteman dengan nyamuk pada malam Minggu, dan masih banyak lagi. Hal kecil saja bisa menjadi kompleks, bisa menjadi pokok masalah. Jadi, coba isi blog Anda dengan konten yang menawarkan nilai berharga dan membantu orang lain.

Konten Bukan Hanya Tempat Berkumpulnya Huruf-huruf. Yuk Intip 5 Cara Membuat Konten yang Menawarkan Nilai Berharga dan Bisa Membantu Orang Lain

Untuk membuat konten seperti itu, ada beberapa kriteria konten yang harus dipenuhi, di antaranya:

Satu jenis saja

Konten harus bersifat spesifik supaya bahasan tidak terlalu luas dan ke mana-mana.

Relevan

Relevan di sini berarti kesesuaian antara judul konten dengan isi, dan isi konten dengan kata kunci yang disukai oleh mesin pencari.

Bermanfaat

Yang ini sangat jelas. Konten harus bermanfaat bagi pembacanya danmemberikan nilai yang positif

Berharga dan unik

Unik di sini berarti menghadirkan sesuatu yang berbeda dan sulit ditemukan di tempat lain. Berharga berarti mempunyai nilai lebih.

Pengalaman yang hebat

Konten harus memberikan pengalaman yang meninggalkan kesan mendalam di hati para pembacanya.

Nah, berikut adalah 5 cara untuk membuat konten yang menawarkan nilai berharga dan membantu orang lain:

1. Penelitian

kontenesia jasa penulis artikel - keywords

Mendengar kata penelitian, sepertinya ada beberapa orang yang sensitif mendengarnya, sehubungan dengan skripsi yang tidak kelar-kelar… hehe. Penelitian yang dimaksud dalam pembuatan konten di sini adalah mencari tahu tentang sesuatu. Coba selidiki hal apa yang paling banyak dicari orang. Atau begini, tanyakan kepada teman yang sedang menggulirkan gadgetnya di sebelah Anda, “Nyari apaan sih Lo di Google?” Apakah mereka mencari solusi untuk masalah kecantikan, kesehatan, cinta, atau keuangan? Dari situ Anda bisa mulai memikirkan ide. Apa masalah umum yang sedang beredar di masyarakat sekarang ini? Apakah tulisan ini berpotensi untuk membantu mereka? Ya, cara membuat konten berawal dari penelitian.

2. Membuat sebuah daftar sub-headline

Segala sesuatu di dalam konten Anda juga akan dinilai, termasuk subjudul. Membuat sebuah daftar subjudul akan memudahkan pembuatan artikel agar tetap berada di dalam satu jalur. Jadi, buatlah subjudul dari ide-ide yang telah ada setelah Anda melakukan penelitian.

——-
Baca juga :

3. Mulailah menulis

Kontenesia Jasa Tulis Artikel untuk Bisnis Startup dan Agensi

Menulis adalah hal inti. Mempunyai ide secemerlang apapun jika Anda tidak mulai menuliskannya, itu tidak akan menjadi apa-apa. Memulai menulis akan lebih mempercepat proses daripada hanya terus merancang. Kesalahan banyak orang adalah menulis sambil mengedit. Mereka pikir, dengan begitu artikel akan cepat selesai. Padahal hal itu justru akan memperlambatnya. Jadi tulislah dahulu, baru edit kemudian.

Selain itu, menulislah dalam keadaan tenang. Banyak cara agar Anda bisa menulis dengan tenang. Pertama, tentukan waktu ketika pikiran Anda memang sedang tenang, misalnya pada malam hari atau justru di pagi hari. Kedua, pilihlah tempat menulis yang nyaman. Buatlah diri Anda rileks dengan keadaan siap menulis. Tuangkan semua ide yang Anda inginkan.

4. Mengedit tulisan

Banyak orang yang berpikir bahwa mengedit itu seperti menyetrika. Membosankan dan menyebabkan pgal-pegal. Sebenarnya, mengedit justru seperti mencicipi masakan. Mengedit itu meluangkan waktu untuk membaca kembali, apakah isi tulisan Anda masuk akal, apakah bacaannya mengalir, ataukan ada huruf yang salah ketik? Selalu bacalah kembali tulisan Anda untuk memastikan semuanya tersaji dengan baik dan sesempurna mungkin. Gantilah kata-kata yang kurang enak dibaca atau siapa tahu ada bagian yang perlu kata-kata tambahan. Mengedit juga butuh ketelitian ejaan, gaya bahasa, penggunaan tanda baca, judul yang kurang greget, atau penutup yang kurang membungkus.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menambahkan gambar atau video ilustrasi untuk membantu agar pembaca lebih memahami maksud Anda.

Setelah semua dirasa beres, bacalah sekali lagi dengan mengalir seolah-olah bukan Anda penulisnya. Ketika tulisan Anda sudah cantik tanpa maju mundur, maka publikasikanlah.

5. Publikasikan dan bagikan

Memublikasikan adalah bagian akhir dari pembuatan konten. Selain memublikasikan konten di dalam blog Anda sendiri, sebaiknya Anda juga membagikannya di media sosial yang relevan, seperti Facebook, Twitter, Google+. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan traffic ke blog Anda. Yakinkanlah teman-teman Anda bahwa konten blog Anda adalah sesuatu yang bermanfaat.

Publikasi konten ini harus dilakukan secara rutin. Pembaca Anda pasti akan menunggu publikasi selanjutnya jika konten pertama Anda ternyata bermanfaat.

Membuat konten yang bermanfaat ternyata tidaklah sulit. Sulit hanyalah milik mereka yang menyerah. Niatkan di dalam diri Anda, bahwa blog ini dibuat untuk memberikan manfaat.

5 Cara Membuat Konten yang berkualitas

Nah, berikut adalah ringkasan dari 5 cara membuat konten yang menawarkan nilai berharga dan membantu orang lain, yang sudah kita bahas di atas:

  1. Penelitian
  2. Membuat sebuah daftar sub-headline
  3. Mulailah menulis
  4. Mengedit tulisan
  5. Publikasikan dan bagikan

 

Dengan memublikasikan konten yang bermanfaat, Anda bukan hanya akan meningkatkan traffic, tapi juga meningkatkan amal. Berbuat baik ternyata tidaklah susah. Yuk, tawarkan konten-konten yang bermanfaat dan membantu orang lain. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *