Posted on

Ingin Membangun Personal Branding agar Terlihat Berbeda dari Kompetitor? Cari Tahu Cara Membangun Personal Branding yang Mudah, Murah, dan Efektif Lewat Blogging

Personal Branding

Personal branding merupakan kebutuhan untuk menunjukkan perbedaan kita dari yang lainnya dan memperlihatkan karya kita pada khalayak. Namun sering kali personal branding dikaitkan dengan strategi pemasaran yang rumit dan mahal. Benarkah personal branding selalu mahal? Mungkinkah personal branding dilakukan dengan mudah, biaya yang minim namun efektif? Ya! Sangat mungkin. Blogging adalah jawabannya. Bagaimana blogging membantu seseorang membentuk personal branding?

Ini adalah alasan mengapa blog sangat direkomendasikan untuk membentuk personal branding:

Blog Menciptakan Hubungan dan Membangun Komunitas

Blog Menciptakan Hubungan dan Membangun Komunitas
Blog Menciptakan Hubungan dan Membangun Komunitas / Kontenesia

Blog menciptakan kesempatan untuk berkomunikasi dengan audiens, untuk membangun hubungan baik dengan klien, dan untuk membagi pengetahuan dan keahlian dengan orang dalam industri yang sama. Melalui blogging, Anda dapat membentuk merek dan mengasah keahlian lewat pembelajaran dari seniman dan artis yang lain. Lewat blogging, Anda belajar seni jejaring yang pasti sangat berguna untuk Anda dan kesuksesan blog Anda.

Blog Memiliki Biaya Pemasaran yang Lebih Rendah

Blog Memiliki Biaya Pemasaran yang Lebih Rendah
Blog Memiliki Biaya Pemasaran yang Lebih Rendah / Kontenesia

Sebagian besar orang memulai blogging pertama kalinya lewat platform gratis atau berbiaya rendah. Dua di antaranya adalah yang sangat kita kenal; WordPress dan Blogspot. Blogging merupakan cara yang paling murah dan efektif untuk membangun personal branding yang kuat dan konstan secara daring (online). Blogging merupakan cara yang cepat untuk mengiklankan diri Anda, memperlihatkan kerja desain grafis, tanpa harus mempelajari web HTML atau CSS. Blogging merupakan cara untuk membuat Anda dikenal di dunia maya.

Blogging Merupakan Alat Pembeda yang Ampuh

Blogging Merupakan Alat Pembeda yang Ampuh
Blogging Merupakan Alat Pembeda yang Ampuh / Kontenesia / becomeawritertoday.com

Blogging dapat membuat Anda memimpin dalam barisan. Blogging merupakan alat pembeda yang memisahkan Anda dari kompetitor. Apa yang Anda miliki tapi tidak dimiliki oleh kompetitor? Titik beratkan pada keahlian dan kekuatan Anda. Tunjukkan pada audiens bahwa hanya Andalah yang dapat memberikan solusi yang mereka butuhkan.

Blogging untuk Promosi dan Branding

Blogging untuk Promosi dan Branding
Blogging untuk Promosi dan Branding / Kontenesia / blog.jejualan.com

Bagaimana blogging dapat membantu mencapai tujuan pribadi atau pun tujuan bisnis Anda? Blogging dibuat untuk menjual sang penulis, bukan untuk menjual produk, jasa, atau halaman iklan. Anda dapat meraih basis konsumen yang kuat dan stabil melalui blogging yang efektif. Untuk itu, yang pertama harus Anda lakukan dan bentuk adalah:

Kepercayaan

Kepercayaan harus menjadi pondasi yang paling awal untuk setiap blog. Kebanyakan pembaca selalu mencari tulisan yang dapat mereka percayai. Sebagai blogger, Anda sebaiknya memperlakukan klien sebagai seorang yang harus Anda tolong, bukan seseorang yang menjadi target penjualan Anda.

Keahlian

Tetapkan diri Anda sebagai seorang ahli atau orang yang dapat diandalkan untuk memecahkan masalah. Tentu saja ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Kita tidak pernah bisa mengklaim diri kita ahli sampai kita benar-benar menunjukkan bahwa kita memiliki kualitas itu dan diakui oleh publik. Usahakan untuk selalu memberikan wawasan dan informasi, namun wawasan dan informasi tersebut bukanlah jenis wawasan dan informasi yang mudah didapatkan secara daring (online).
Memperhatikan kualitas dan kuantitas pada konten yang dibuat
Seperti pada poin sebelumnya, buatlah konten yang tidak hanya memiliki kuantitas tetapi juga kualitas yang tinggi. Sebagian blog menawarkan hal yang abstrak, bukannya tips praktis yang dibutuhkan oleh pembaca. Karenanya, mulailah dengan memberikan tips yang bersifat praktis untuk dapat diaplikasikan oleh pembaca Anda.

Konsistensi

Konsistenlah dengan teknik blogging Anda. Hindari membuat konten hanya dengan pertimbangan menarik. Pertahankan fokus untuk membentuk hubungan dengan pembaca Anda. Update konten dengan teratur dan konsisten (sehari sekali, seminggu sekali, dan sebagainya) sehingga pembaca Anda tahu kapan mereka akan mendapatkan informasi yang baru dari Anda.

Tunjukkan diri Anda

Pembaca memberikan respon yang positif kepada blogger yang menunjukkan ciri diri mereka yang sebenarnya. Mereka merasakan koneksi ketika mereka berbicara pada seseorang, seakan-akan mereka berbicara pada orang nyata dan bukan komputer. Anda tidak harus membuka cerita hidup Anda, tapi Anda bisa menyisipkan humor atau menambahkan foto atau deskripsi singkat diri Anda. Anda bisa melakukannya dengan membuat konten yang memiliki topik yang sama dengan pengalaman pribadi Anda. Hal ini dapat membuat pembaca menjadi lebih nyaman dengan Anda. Tuliskanlah cerita yang mirip dengan pengalaman pembaca.

Mencoba Blog Tamu

Apa sih blog tamu (guest blogging) itu? Blog tamu merupakan suatu cara yang dilakukan para blogger untuk bisa terkoneksi satu sama lain. Blog tamu menawarkan win-win solution untuk semua pihak: membangung hubungan antar blogger, meningkatkan jumlah audiens, meningkatkan kunjungan (traffic) ke blog Anda, serta kesempatan untuk tumbuh dan belajar dengan sesama blogger. Semua alasan ini menjadikan blog tamu lebih dari pantas untuk dicoba!
Terdapat dua cara untuk melakukan blog tamu. Satu, dengan mengundang orang lain untuk menjadi blogger tamu di dalam blog Anda sendiri. Blogger tamu akan memberikan postingan konten untuk Anda dengan sukarela atau atas permintaan Anda. Anda bisa meminta kolega Anda atau orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau keahlian dengan Anda untuk menjadi blogger tamu untuk Anda.

Cara lainnya adalah Anda menjadi blogger tamu di blog orang lain dengan memberikan postingan konten Anda untuk blog mereka. Selanjutnya, Anda dapat meminta kontribusi balasan dari mereka sebagai blogger tamu di blog Anda nantinya.
Bagaimana blog tamu ini dapat membantu promosi blog Anda? Sederhana saja, blog tamu merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan diri Anda pada dunia blog dan membantu mempromosikan blog Anda. Masukkan konten Anda di blog lain untuk meningkatkan kunjungan ke situs Anda.

Semua cara di atas sangat mudah untuk diaplikasikan dan tanpa biaya. Tentu saja, karena itulah sifat blogging: mudah tapi memiliki jangkauan yang luas. Blogging merupakan sarana yang dahsyat untuk membagi informasi dan memperlihatkan karya Anda pada dunia. Karenanya, manfaatkanlah blogging untuk menunjukkan perbedaan Anda dari orang lain, dan melaluinya tunjukkanlah karya Anda pada dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *