Posted on

Menjadi Blogger Sejati Bukan Impian Belaka Jika Anda Mengikuti Langkah-Langkah Ini

Memiliki blog bukanlah hal yang asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Di zaman modern seperti saat ini, ada banyak blog yang dapat kita temukan di internet, entah itu blog pribadi yang bercita rasa humor, bertujuan memberi motivasi, maupun blog komersial yang menyajikan informasi-informasi terbaru bagi khalayak umum. Kehadiran para blogger terkenal dengan blog-blognya yang memiliki ciri khas tersendiri juga sedikit banyak memberi pengaruh pada masyarakat. Orang-orang awam kini mulai tertarik untuk membuat akun blog sendiri, beramai-ramai mengisi blognya dengan segala sesuatu yang mereka anggap menarik.

Tak dipungkiri, ada banyak manfaat yang bisa diraih dari memiliki blog. Melalui blog, kita bisa mengasah kemampuan menulis. Orang yang awalnya kesulitan mengeluarkan buah pikiran melalui tulisan, lambat laun akan mampu merangkai kalimat dengan lancar setelah rutin menulis di blog. Blog juga membuat kita saling bantu untuk berbagi informasi penting yang ada di dunia. Melalui blog pula, rasa saling percaya dapat terbangun. Hal ini dikarenakan selain sebagai sarana berbagi informasi, blog juga dapat digunakan sebagai sarana berbisnis. Jika bisnis melalui blog ini dapat berjalan baik, tentunya masyarakat akan menumbuhkan rasa percaya terhadap sang pemilik blog. Dengan demikian, blog juga bisa menjadi sarana untuk menghasilkan uang.

Memiliki blog yang terbilang ramai dikunjungi pembaca pastinya akan menyenangkan. Namun terkadang, menjalankan blog menjadi hal yang tidak mudah. Terdapat berbagai batu sandungan yang harus dilalui dan hal ini tak jarang membuat orang yang awalnya bersemangat untuk blogging, lambat laun menjadi patah semangat dan akhirnya meninggalkan blognya begitu saja. Tentunya  Anda tak ingin jika blog yang Anda buat dengan susah payah menjadi tak terurus pada akhirnya. Berikut adalah beberapa panduan lengkap menjadi blogger sejati yang dapat Anda praktikkan dalam menjalankan blog:

Fokus pada Tujuan

Fokus pada Tujuan
Fokus pada Tujuan / Kontenesia / www.savorthesuccess.com

Tentukan tujuan utama Anda membuat blog. Apakah hanya untuk hiburan atau untuk tujuan komersial? Tujuan-tujuan ini sangat penting untuk ditentukan sejak awal, karena dengan demikian Anda akan konsisten dalam mengurus blog nantinya.

Blog yang tidak jelas tujuannya sejak awal akan menjadi tak terarah. Hal ini dikarenakan topik yang kita bahas dalam blog tersebut bisa jadi terlalu banyak, dengan pembahasan yang tak begitu dalam. Para pembaca pun menjadi kebingungan untuk mengategorikan blog Anda, karena tidak memiliki ciri khas khusus. Selain itu, waktu dan tenaga Anda akan terbuang percuma untuk memikirkan topik-topik yang akan dibawakan dalam blog nantinya. Jangan sampai blog Anda tak memiliki tujuan yang jelas, ya.

Pilih Platform yang Sesuai

Pilih Platform yang Sesuai
Pilih Platform yang Sesuai / Kontenesia / www.brightbiz.com.au

Saat ini ada banyak platform blog yang dapat digunakan. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dari berbagai platform yang ada, beberapa yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia antara lain Blogger, WordPress, dan Tumblr. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan yang ada.

Jika Anda telah memiliki keterampilan dan bakat khusus dalam blogging, Anda dapat memilih WordPress. Banyak blogger profesional yang memilih platform satu ini sebagai sarana blogging. Selain itu, perusahaan media dan bisnis yang telah stabil juga banyak menggunakan platform ini untuk mengembangkan perusahaan di dunia maya. Sementara itu, Blogger atau yang lebih dikenal dengan BlogSpot lebih mudah digunakan oleh para blogger pemula. Kustomisasinya juga lebih mudah, sehingga masyarakat yang kurang familiar dengan teknologi lambat laun akan mampu mengoperasikannya dengan baik. Sementara Tumblr, yang merupakan salah satu platform blog terbaru, menawarkan para penggunanya tak hanya untuk memublikasikan tulisan, namun juga video, gambar, bahkan musik. Pengguna juga tak hanya mampu memublikasikan karyanya sendiri, tapi juga karya orang lain, tentunya dengan tetap menyertakan sumbernya. Nah, sekarang Anda dapat menyesuaikan platform blog yang akan dipilih dengan kebutuhan masing-masing.

Buat Tampilan yang Menarik

Buat Tampilan yang Menarik
Buat Tampilan yang Menarik / Kontenesia / www.pajamaaffiliates.com

Memilih topik yang menarik dan mengolahnya menjadi artikel yang berkualitas sudah menjadi harga mati bagi para blogger. Dengan artikel-artikel yang baik dan informatif, orang-orang akan tertarik untuk singgah di blog kita dan menyelami setiap tulisan yang ada.

Namun, apakah itu berarti tampilan blog boleh dibiarkan begitu saja? Tentunya tidak. Tampilan blog justru menjadi salah satu daya tarik agar para peselancar dunia maya betah berlama-lama membuka blog Anda. Buatlah desain blog yang unik, mudah diakses, dengan sistem yang mempermudah para peselancar dunia maya untuk mengakses blog Anda. Bagi para blogger pemula, ada berbagai template blog yang dapat digunakan secara gratis untuk memperindah tampilan blog. Sementara bagi para blogger profesional yang telah menguasai optimisasi blog, HTML, dan CSS, dapat membuat template blog sendiri sesuai keinginan mereka. Blog yang menarik tidak harus menggunakan template berwarna mencolok dan terkesan ramai , yang penting tampilan blog enak dilihat dan memudahkan para pembaca untuk membaca setiap artikel di blog Anda.

Jaringan Pertemanan yang Kuat

Jaringan Pertemanan yang Kuat
Jaringan Pertemanan yang Kuat / Kontenesia / www.kateto.net

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah membina hubungan pertemanan dengan bloggerblogger lainnya. Hubungan dengan teman-teman blogger, terlebih dengan para blogger profesional yang telah dikenal luas, akan membawa berbagai keuntungan. Selain dapat berbagi ilmu tentang blogging yang dimiliki, Anda juga dapat bertukar link dan saling mempromosikan blog satu sama lain. Dengan demikian, akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui blog Anda dan berkemungkinan untuk berkunjung.

Koneksi Internet Memadai

Koneksi Internet Memadai
Koneksi Internet Memadai / Kontenesia / www.internetsolutions.net.au

Meskipun tampak sederhana, koneksi internet merupakan hal krusial dalam hal blogging. Sebelum melakukan update blog, pastikan Anda memiliki akses internet yang cukup kuat. Update blog, terlebih yang memuat video atau gambar-gambar dalam kontennya, tentunya membutuhkan jaringan internet yang kuat dan cukup cepat. Tentu tidak enak rasanya jika di tengah proses update, koneksi internet Anda terputus, atau dibutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk melakukan satu update blog.

Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa koneksi internet yang Anda miliki. Pastikan jaringan internet yang Anda gunakan mendukung untuk melakukan update blog. Dengan demikian Anda tak perlu risau untuk mengupdate blog Anda secara rutin.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda tak perlu ragu untuk memulai aktivitas blogging. Jika ditekuni, bukan tak mungkin Anda dapat menjadi blogger profesional nantinya. Selamat menjadi blogger!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *