Posted on

Pembaca Masih Memasang Muka Rata Ketika Membaca Konten Anda? Cek 9 Cara Membuat Konten Hebat yang Membuat Pembaca Anda Menganga

Pembaca Masih Memasang Muka Rata Ketika Membaca Konten Anda? Cek 9 Cara Membuat Konten Hebat yang Membuat Pembaca Anda Menganga

Apapun alasan Anda memiliki website atau blog, menjaga keasyikan konten itu perlu. Siapa sih yang mau kontennya jelek dan tidak bermanfaat bagi pembaca? Apapun yang Anda posting di blog, Anda pasti ingin mendapatkan respon yang lebih. Tentu sedih rasanya jika pembaca masih saja memasang muka rata, padahal konten yang kita buat dengan penuh kerja keras itu rasanya sudah bagus. Tapi tetap saja, Anda belum dianggap berhasil jika belum membuat pembaca menganga. Karena itulah Anda perlu mencari tahu bagaimana cara membuat konten hebat yang akan membuat pembaca Anda menganga.

Nah, berikut ini adalah 9 cara membuat konten hebat yang membuat pembaca Anda menganga:

9 cara membuat konten hebat yang membuat pembaca Anda menganga - kontenesia

1.Buatlah konten yang asli dan unik

Orisinalitas konten sangat menjadi pertimbangan. Terbiasa mengumpulkan artikel dari beberapa web dan mendapat izin untuk menulis ulang? Cobalah berhenti berpikir dengan cara seperti ini. Keaslian tulisan Anda tidak akan menghianati Anda. Jadilah penulis yang menjadi diri sendiri tetapi tetap unik. Mereka yang beda adalah mereka yang memiliki banyak pembaca.

2.Selalu fokus untuk membuat headline yang bagus

Selalu fokus untuk membuat headline yang bagus - kontenesia

Sebanyak 80% orang akan membaca headline Anda, dan hanya 20% orang saja yang akan membaca keseluruhan konten Anda. Oleh sebab itu, headline sangatlah penting. Ini dia kriteria headline yang bagus:

  • Headline mengejutkan
  • Headline menarik
  • Headline positif

Luangkanlah waktu hanya untuk memikirkan headline Anda.

3.Membuat konten Anda ditindaklanjuti pembaca

Coba ingat-ingat, apa yang terakhir Anda posting di blog Anda? Apakah Anda memberikan saran tentang bagaimana mereka bisa menerapkan pengetahuan secara langsung? Konten yang luar biasa akan memberi tahu cara untuk menerapkan informasi yang mereka peroleh. Jadi, berikanlah saran apa dan bagaimana cara yang harus dilakukan oleh pembaca. Misalnya, Anda menulis tentang cara memasak masakan nusantara, jika konten Anda sangat bagus, menggiurkan, dan informasi yang Anda sediakan memadai, mereka akan melakukan cara yang Anda tunjukkan.

[wdca_ad id=”1163″ ]

4.Mampu memberikan jawaban

Tujuan pembaca dalam mencari sesuatu adalah untuk menemukan jawaban. Pembaca mengunjungi blog Anda tentunya untuk mencari jawaban. Sering kali mereka menemukan pengetahuan tetapi tidak menemukan jawaban. Sering kali juga mereka telah menemukan jawaban, tetapi tidak dengan cara yang cepat. Jadi, buatlah konten yang bisa langsung memindai jawaban dengan cepat. Selain itu, setelah Anda memberikan judul yang membuat pembaca penasaran, berikanlah jawabannya di akhir dengan informasi yang mendukung.

5.Menjadi pelapor yang akurat dan memberikan sumber informasi

Menjadi pelapor yang akurat dan memberikan sumber informasi - kontenesia

Coba bayangkan, Anda membuat tulisan tentang kesehatan. Tulisan tersebut menyertakan informasi yang tidak akurat atau bahkan salah. Dapatkah Anda membayangkan seseorang melakukan tips Anda yang salah? Apalagi tentang kesehatan.

Memperlihatkan keakuratan informasi berarti membangun kepercayaan pembaca. Pertimbangakanlah situs mana yang ingin Anda jadikan referensi. Carilah situs-situs berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan sebagai sumber Anda. Buatlah blog Anda dipercaya oleh pembaca.

6.Melibatkan pembaca untuk merangsang konten

Banyak komentar di bawah artikel Anda? Berarti pembaca ikut terlibat. Ada beberapa tips agar pembaca aktif terlibat pada konten Anda:

Tinggalkan pembaca dengan pertanyaan

Postingan Anda tidak lengkap jika tidak meninggalkan pertanyaan. Berikanlah pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat pembaca merenungkan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan yang Anda berikan.

Memberikan cerita pengantar

Anda perlu menambahkan sedikit cerita pengantar menuju cerita yang penting. Sebuah cerita pada konten akan memberikan kesan asyik.

Pengenalan yang penting

Buatlah perkenalan dari sebuah tulisan yang membuat mereka ingin membaca lebih jauh.

7.Berkomunikasi baik dengan menambahkan video dan gambar

Kita semua sudah tahu, cara belajar seseorang itu berbeda-beda. Beberapa orang lebih baik belajar dengan melihat, sebagian orang lagi lebih baik belajar dengan mendengar. Intinya, tidak ada orang yang belajar tanpa alat bantu visual. Tambahkanlah gambar, diagram, atau video pada konten Anda. Hal itu akan membuat pembaca lebih bisa menggambarkan apa yang Anda tulis. Pembaca kurang tertarik dengan konten yang berisi paragraf-paragraf saja, kecuali dia sedang membaca buku. Menambahkan video atau gambar yang keren akan memberikan nilai tambah blog Anda di mata pembaca.

8.Tulisan yang pendek dan konten yang berupa poin-poin

Tidak ada konten yang lebih baik daripada konten yang singkat. Singkat di sini berarti berbentuk poin-poin dan penuh informasi. Jangan terlalu fokus pada jumlah kata. Konten yang panjang tidak selalu berarti “wow”. Kadang orang jenuh membaca konten yang panjang tapi informasinya sedikit. Menyederhanakan konten menjadi singkat memang lebih sulit dibandingkan membuat konten yang panjang tapi berkelana ke mana-mana. Tapi, pembaca tidak ingin membuang waktu untuk membaca hal yang tidak penting. Mereka hanya akan membaca apa yang mereka butuhkan.

9.Mengupdate konten blog Anda secara terus-menerus

Mengupdate konten blog Anda secara terus-menerus - kontenesia

Memiliki website atau blog sama dengan memiliki komitmen. Jika Anda sudah menulis sejumlah konten tapi kemudian meninggalkannya, web Anda kemungkinan akan sepi pembaca, bahkan akan sulit menjaring pembaca baru. Tidak hanya itu, mesin pencari tidak mendukung situs yang tidak diperbaharui secara teratur. Ya, jika Anda memiliki blog atau website, sebaiknya Anda terus mengupdate konten secara teratur. Situs yang sering diupdate akan memiliki traffic pembaca yang lebih banyak. Bangunlah blog Anda dengan mengupdate sehari sekali atau seminggu sekali. Tampilkanlah sesuatu yang unik di setiap postingan.

Nah, itu tadi 9 cara membuat konten hebat yang membuat pembaca Anda menganga. Mari lukis ekspresi pembaca dengan konten hebat Anda. Semoga bermanfaat!

6 thoughts on “Pembaca Masih Memasang Muka Rata Ketika Membaca Konten Anda? Cek 9 Cara Membuat Konten Hebat yang Membuat Pembaca Anda Menganga

  1. Tips yang sangat menarik, setiap poin ditulis dengan sederhana dan tidak bertele-tele namun fokus dan tepat sasaran. Pokoknya “GGWP” lah kalo kata anak Dota mah..

  2. tulisan menarik dan merangkum semua yang sebenarnya dan sebaiknya kita lakukan. keep up moving . . . 🙂

  3. setelah baca tulisan ini saya merasa tergampar bolak-balik. selama ini nulis sekedar nulis. gak ekspektasi mau seperti apa ekspresi pembaca tulisan saya. nah, point terakhir menjadi catatan tersendiri bagi saya karena masih suka tergantung mood untuk menulis . nice share mbak :”)

  4. […] ← Pembaca Masih Memasang Muka Rata Ketika Membaca Konten Anda? Cek 9 Cara Membuat Konten H… […]

  5. […] Pembaca Masih Memasang Muka Rata Ketika Membaca Konten Anda? Cek 9 Cara Membuat Konten Hebat yang Me… […]

  6. Wah, bermanfaat banget nich! ada beberapa poin yang ternyata saya lewatin dalam membuat konten. Makasih ya tips-tipsnya ya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *