Posted on

11 Strategi Mengelola Website agar Tidak Membosankan

Social Media with Blogging

Pengguna internet browsing untuk mencari informasi. Informasi itu bisa bermacam-macam, tentang sebuah produk atau jasa, tentang seseorang, perusahaan, organisasi tertentu, tutorial, atau informasi seputar isu yang sedang ramai diperbincangkan. Atas dasar itulah konten website menjadi penting. Konten website merupakan gerbang utama untuk menarik pengunjung internet. Sebaik apapun tampilan website jika kontennya tidak menarik atau tidak berkualitas, maka blog itu akan sulit mendatangkan pengunjung.

Selain itu, website yang menyajikan konten yang itu-itu saja, dalam arti isi dan formatnya sama, juga akan ditinggalkan oleh pengunjung. Konten website yang selalu diperbarui memiliki beberapa manfaat antara lain:
Membantu mesin pencari untuk menemukan website kita dengan mudah
Menunjukkan kepada pengunjung jika website kita dikelola dengan baik
Dapat menarik minat pengunjung untuk selalu datang ke website kita

Lalu, bagaimana caranya agar website tidak membosankan? Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan:

Membuat Blog

Membuat Blog
Membuat Blog / Kontenesia / rioadminblog.blogspot.com

Membuat blog merupakan cara yang efektif dan mudah untuk membuat konten website jadi tidak membosankan. Namun, Anda harus konsisten untuk menulis artikel-artikel baru, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali. Di blog tersebut Anda bisa menulis hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Selain itu, artikel berupa tips biasanya akan sering dikunjungi pengguna internet, dan kata yang berkaitan sering dicari oleh mesin pencari.

Misalnya website toko online. Biasanya website akan diperbarui ketika ada unggahan foto koleksi terbaru. Tapi bisa jadi tidak ada barang baru yang bisa diunggah, sedangkan website harus selalu diperbarui untuk meningkatkan trafficnya. Caranya adalah dengan menulis blog yang berisi artikel-artikel yang menarik.

Menyediakan Kolom Testimonial

Menyediakan Kolom Testimonial
Menyediakan Kolom Testimonial / Kontenesia /hsgautama.blogspot.com

Khusus untuk website bisnis, memiliki kolom testimonial dapat memberikan keuntungan untuk website Anda. Testimonial merupakan salah satu alat promosi yang efektif. Anda bisa menampilkan testimonial pelanggan yang puas dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Testimonial ini bisa berupa tulisan, foto, maupun video. Adanya testimonial ini membuat website Anda lebih menarik.

Tambahkan Video di Website

Tambahkan Video di Website
Tambahkan Video di Website / Kontenesia / onlinedapetincome.blogspot.com

Video merupakan salah satu media yang mampu menarik perhatian pengguna internet. Tampilan video kerap membuat penasaran pembaca. Karena itulah menampilkan video di website dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Mengubah Tampilan Website

Mengubah Tampilan Website
Mengubah Tampilan Website / Kontenesia / colebarash.blogspot.com

Mengubah tampilan website merupakan ide yang bagus untuk memberikan kesan bahwa website Anda selalu terbarui mengikuti perkembangan zaman. Saat ini desain website yang kerap digunakan adalah desain responsif yang memungkinkan kualitas tampilan website sama baiknya di berbagai piranti, seperti di komputer, laptop, tablet, atau pun ponsel.

Menambahkan Gambar atau Infografis

Menambahkan Gambar atau Infografis
Menambahkan Gambar atau Infografis / Kontenesia / kampung-bodoh.blogspot.com

Sebuah artikel akan lebih menarik jika dilengkapi dengan foto atau gambar karena bisa memberi gambaran tentang informasi tersebut secara visual. Gambar yang dimaksud bisa berupa foto, kartun, atau karikatur. Selain gambar dan foto, infografis yang ditampilkan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Data-data yang ditampilkan bisa dalam bentuk tabel atau grafik. Infografis juga dapat meningkatkan kredibilitas artikel yang diunggah.

Memaksimalkan Kecepatan Akses Website Anda

Memaksimalkan Kecepatan Akses Website Anda
Memaksimalkan Kecepatan Akses Website Anda / Kontenesia / diskusitokoonline.com

Website Anda akan mendapat kesan pertama yang baik jika mudah diakses. Cara untuk medapatkan kecepatan akses adalah dengan menggunakan server hosting yang cepat dan memerhatikan komponen pada website, misalnya dengan tidak menggunakan fitur-fitur yang berat.

Hindari Pemasangan Iklan Berlebihan

Hindari Pemasangan Iklan Berlebihan
Hindari Pemasangan Iklan Berlebihan / Kontenesia / www.sharing404.net

Salah satu hal yang membuat orang malas mengunjungi sebuah web adalah adanya banyak iklan yang muncul selama mereka mengakses website. Salah satu yang mengganggu adalah iklan pop up, karena jika tidak sengaja mengekliknya, Anda akan langsung terhubung ke website pengiklan. Apalagi jika membuka website dengan ponsel, pengguna akan kesulitan untuk menutup iklan pop up tersebut. Selain itu, penggunaan iklan berlebihan juga akan mengganggu tampilan website Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Menjaga Keseimbangan Antara Video Dengan Artikel

Menjaga Keseimbangan Antara Video Dengan Artikel
Menjaga Keseimbangan Antara Video Dengan Artikel / Kontenesia / jhonisamual.blogspot.com

Menggunakan video atau animasi di website merupakan hal yang sangat baik. Namun, Anda harus ingat untuk tidak menggunakan animasi yang terlalu mencolok karena dapat mengganggu keseimbangan konten. Terlalu banyak video/animasi, apalagi yang mencolok juga dapat membuat pengunjung website Anda bosan.

Periksa Penulisan, Kata, dan Bahasa yang Anda Gunakan

Periksa Penulisan, Kata, dan Bahasa yang Anda Gunakan
Periksa Penulisan, Kata, dan Bahasa yang Anda Gunakan / Kontenesia / komunitassharing.blogspot.com

Sebelum meluncurkan konten, Anda juga perlu memeriksa kembali apakah bahasa, pilihan kata, atau penulisan sudah sesuai dengan ejaan dan etika yang benar. Penggunaan bahasa dan kata akan memengaruhi impresi pembaca.

Pastikan Semua Link Website Bisa Dibuka

Pastikan Semua Link Website Bisa Dibuka
Pastikan Semua Link Website Bisa Dibuka / Kontenesia / www.dreamsfiles.com

Pengunjung yang sudah betah menggali informasi di website Anda, lalu menemukan “error 404” atau menemukan link yang rusak, tentu akan merasa kecewa. Bisa jadi mereka malah enggan kembali berkunjung ke website Anda.

Memerhatikan Mutu Konten

Memerhatikan Mutu Konten
Memerhatikan Mutu Konten / Kontenesia / blog.joomag.com

Selain faktor-faktor pelengkap di atas, Anda juga harus memerhatikan tulisan yang Anda unggah. Artikel yang bertele-tele akan membuat pembaca bosan. Untuk itu, lakukanlah beberapa hal di bawah ini sebelum mengunggah artikel di website Anda:

Gunakan Judul Yang Menarik Perhatian

Gunakan Judul Yang Menarik Perhatian
Gunakan Judul Yang Menarik Perhatian / Kontenesia / galonkosongku.blogspot.com

Judul yang eye catching akan mudah menarik pengunjung ke website Anda. Jadi jangan asal-asalan dalam membuat judul. Gunakan kalimat singkat dan masukkan kata kunci yang kira-kira dicari oleh pengguna internet ke dalam judul. Dalam judul, berikan manfaat yang dapat diambil oleh pengguna internet. Artikel yang berisi informasi yang berguna memiliki kemungkinan yang besar untuk dikunjungi.

Gunakan Paramida Terbalik Saat Menulis Artikel

Gunakan Paramida Terbalik Saat Menulis Artikel
Gunakan Paramida Terbalik Saat Menulis Artikel / Kontenesia / rezkyjoe.blogspot.com

Pengunjung tidak akan membaca kata demi kata dari artikel Anda. Biasanya mereka akan melakukan scanning dan skimming. Untuk itu, sajikanlah semua informasi di bagian awal artikel, kemudian baru keterangan pendukung, dan terakhir penutup. Berikan porsi terbesar di awal untuk inti informasinya.
Gunakan font dan ukuran huruf yang mudah untuk dibaca.
Sebelum menulis, lakukanlah riset kecil untuk meningkatkan kualitas artikel Anda.

Nah, 11 cara menyiasati postingan website agar tidak membosankan ini bisa diaplikasikan dengan mudah di website Anda. Tentunya Anda tidak ingin usaha Anda sia-sia, bukan? Untuk itu, jadikan setiap strategi konten yang Anda gunakan efektif dan efisien untuk meningkatkan traffic website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *