Posted on

Mau Punya Blog dengan Trafik Tinggi? Ikuti Teknik-Teknik Ini

Memberi Nilai Tambah Bagi Pembaca

Bisnis e-commerse dewasa ini semakin marak dan mayoritas patisipannya adalah kalangan muda, karena karakteristik pengguna internet sebagian besar adalah dari kalangan muda. Semakin banyaknya pebisnis yang bermain di ranah maya membuat persaingan untuk meraih target market semakin kompetitif. Tiap toko online berusaha menawarkan dagangannya, mulai dari cara hard sale maupun soft sale.

Salah satu media bisnis online adalah website gratis, misalnya blog. Ada banyak hosting blog yang bisa digunakan, namun yang paling umum adalah WordPress.com dan Blogger.com. Tugas utama pengelola website atau blog ada dua. Yang pertama adalah menciptakan situs yang dapat menarik minat target market mereka. Yang kedua adalah memastikan situs selalu mudah diakses pengunjung agar jumlah pengunjung situs terus meningkat.

Ketika kita memikirkan poin kedua, yaitu ingin blog kita memiliki traffic tinggi, berarti kita sudah mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan target pengunjung blog. Dengan begitu, kita akan fokus pada cara menjaring banyak pengunjung blog agar menjadi pembeli potensial untuk produk kita.

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan mengoptimalkan pencarian blog/situs Anda dengan mempraktekkan SEO (Search Engine Optimization). Berikut ini 13 cara untuk meningkatkan traffic blog dengan teknik pencarian situs:

Fokus Pada Long Tail Keyword

Fokus Pada Long Tail Keyword
Fokus Pada Long Tail Keyword/ Kontenesia / blogoonline.blogspot.com

Cara ini dikemukakan oleh pakar di bidang internet dan digital marketing, Lawrence Watkins. Jika blog atau situs Anda belum lama bermain di dunia maya, mungkin akan sulit mendapatkan kata kunci yang populer dalam waktu singkat. Menurut Lawrence, lebih baik Anda memproduksi banyak artikel berkualitas yang memuat kata kunci tertentu. Hal ini lebih efektif dibandingkan mencari kata kunci yang memiliki traffic pencarian yang tinggi. Keuntungan memberi fokus pada terminologi kunci berbuntut panjang (long tail) adalah kata kunci tersebut akan menghasilkan konversi yang lebih besar. Ada sebuah alat bernama HitTail yang dapat mengarahkan pengunjung ke blog Anda, dengan berfokus pada kata kunci yang paling menjanjikan di situs/blog Anda saat ini.

Terus Bertahan

Terus Bertahan
Terus Bertahan / Kontenesia / www.chaidir.web.id

Cara ini dikemukan oleh Alexandra Levit yang juga pakar digital marketing. Jika Anda ingin bertahan lama dalam bisnis online, maka Anda harus rajin memproduksi konten online berkualitas. Semakin besar produksi konten, semakin besar pula kemungkinan blog Anda bisa muncul pada halaman pertama di mesin pencari untuk kata kunci terkait. Mempertahankan aktivitas itu selama bertahun-tahun akan menghasilkan perbedaan yang signifikan dibanding yang hanya dijalankan selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Mengoptimalkan Artikel Anda

Mengoptimalkan Artikel Anda
Mengoptimalkan Artikel Anda / Kontenesia / www.mulesnews.com

Hal ini diutarakan oleh Nathalie Lussier pakar dalam bidang website checkup tool. Ada tiga cara dasar untuk mengoptimalkan sebuah halaman blog atau situs yakni: meta title, deskripsi, dan kata kunci. Ketiga hal ini merupakan hal-hal sederhana yang perlu Anda lakukan sebelum mengunggah sebuah konten di dalam situs/blog. Jika Anda terbiasa melakukannya maka Anda dapat memosisikan kata kunci dengan baik.

Membangun Link dengan Vendor agar Mereka Menyebarkan Blog/Situs Anda Sebagai Tautan

Membangun Link dengan Vendor agar Mereka Menyebarkan Blog/Situs Anda Sebagai Tautan
Membangun Link dengan Vendor agar Mereka Menyebarkan Blog/Situs Anda Sebagai Tautan / Kontenesia / semudahnya.blogspot.com

Gagasan ini dikemukakan oleh Christopher Kelly. Tautan yang mengandung kata kunci merupakan dasar praktik optimasi mesin pencarian website secara off-page. Menyebarkan situs/blog bisa dilakukan dengan meminta bantuan pihak-pihak yang pernah dan sedang bekerja sama dengan Anda. Anda dapat meminta mereka menampilkan tautan (hyperlink keyword) yang akan mengarahkan pengunjung ke blog/situs Anda sesuai dengan topik konten yang sudah Anda targetkan. Jika ada partner Anda yang memiliki traffic website yang tinggi, maka Anda juga akan merasakan peningkatan pengunjung.

Menggunakan Keyword Tool Dari Google

Menggunakan Keyword Tool Dari Google
Menggunakan Keyword Tool Dari Google / Kontenesia / cara-blogspot.blogspot.com

Strategi ini dikemukakan oleh Patrick Curtis dari Allstreetoasis.com. Google menyediakan alat bernama keyword tool untuk menemukan kata-kata kunci berbuntut panjang yang belum banyak digunakan. Setelah menemukan kata-kata tersbut, buatlah beberapa konten yang spesifik. Hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan traffic pengunjuk sekaligus menjaga interaksi Anda dengan pengunjung, karena Anda dapat menyajikan apa yang mereka butuhkan.

Memberi Nilai Tambah Bagi Pembaca

Memberi Nilai Tambah Bagi Pembaca
Memberi Nilai Tambah Bagi Pembaca / Kontenesia

Seperti yang diutarakan oleh Liam Martin dari staff.com bahwa cara tercepat untuk meningkatkan traffic situs/blog secara organik adalah dengan memasarkan konten melalui posting di blog. Namun ketika mengunggah konten, sebaiknya kita fokus pada kualitas bukan kuantitas saja. Jika konten blog Anda menarik, maka pengunjung akan dengan senang hati membaca dan bahkan menyebarluaskannya. Inilah tujuan utama pembuatan sebuah blog. Ketika akan membuat konten, Liam Martin akan bertanya pada dirinya sendiri, apakah dia rela meluangkan 10 menitnya yang berharga untuk membaca konten tersebut dan apakah dia akan mau dengan sukarela menyebarkannya. Jika kita sendiri saja tidak mau melakukan salah satu dari dua hal tersebut, maka kita perlu memperbaiki kembali strategi konten blog kita.

Jangan Mengelabui Google

Jangan Mengelabui Google
Jangan Mengelabui Google / Kontenesia / vodkacybercrime.blogspot.com

Peringatan ini disampaikan oleh Sarah Schupp dari UniversityParent. Hal ini ditujukan kepada pengelola blog atau situs yang kerap “mempermainkan” sistem Google untuk meningkatkan traffic. Cara ini bisa jadi bekerja namun hanya untuk waktu yang singkat. Karenanya, lebih baik Anda melakukan cara-cara organik dengan memproduksi konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan apa yang akan dicari oleh pengguna internet di situs/blog Anda.

Itulah 7 teknik jitu untuk menjalankan blog dengan traffic yang tinggi, yang pada intinya menuntut pengelola blog agar dapat menciptakan konten dengan topik yang dibutuhkan dan diinginkan calon pengunjung. Karena itu, Anda perlu mempelajari karakteristik target pengunjung Anda dan mulai mengumpulkan kata-kata kunci yang kemungkinan akan dicari oleh pengguna internet di mesin pencari. Bagaikan membangun piramida, untuk bertengger di halaman terdepan Google memamg memerlukan usaha yang lebih dan tidak bisa dilakukan dengan instan. Dimulai dengan rencana dan impian jangka panjang.

One thought on “Mau Punya Blog dengan Trafik Tinggi? Ikuti Teknik-Teknik Ini

  1. Mengelabui Google contohnya seperti apa ya? 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *