Posted on

Stop Membuang-Buang Waktu ketika Mengelola Blog Tips Blogging Dasar: Mengelola Waktu

jasa penulis artikel indonesia untuk startup

Membuat sebuah blog merupakan hal yang tidak sulit dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun mengelolanya hingga menjadi media komunikasi yang produktif, informatif, dan memperoleh indeks yang baik di mata para pengunjung, bukanlah hal yang mudah. Diperlukan niat yang kuat, tindakan yang terencana, pengaturan waktu yang efektif, dan pemantauan yang konsisten, agar blog Anda memperoleh rangking situs yang baik di data base search engine. Banyak blog yang dibuat hanya untuk memenuhi kebutuhan eksistensi dan sekeadar ikut-ikutan.

Hal tersebut merupakan langkah awal yang kurang tepat, karena biasanya, blog yang diawali dengan niat ikut-ikutan, tidak terpelihara dengan baik dan akhirnya hilang dari search engine. Blog yang dikelola dengan baik akan memiliki fungsi informatif yang dapat memberikan manfaat bagi publik. Bahkan di tingkatan yang lebih tinggi, blog bisa memberikan keuntungan secara finansial dan menjadi mesin uang yang menguntungkan. Hal penting yang harus dilakukan dalam mengelola blog, selain mempercantik tampilannya, adalah dengan sering mengupdate isi blog. Semakin sering blog diupdate, semakin tinggi rating blog dalam search engine dan semakin mudah netter menemukan blog Anda.

Namun yang kerap menjadi kebingungan para blogger adalah bagaimana harus memulainya, dan bagaimana mencari ide serta membuat rencana strategis yang efisien dalam mengisi konten blog. Mulailah Menulis Untuk mengisi konten blog, artinya Anda harus memiliki tulisan yang bisa dimuat. Dan hal tersebut tidak akan terealisasi jika Anda tidak memulainya. Secara psikologis, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menciptakan mood untuk menggali kreativitas dan mencari pemecahan masalah untuk kemudian direview dan dituangkan dalam bentuk tulisan.

Berikut ini adalah beberapa tips blogging dasar, yaitu mengelola waktu, yang bisa Anda terapkan untuk mulai menulis dan mengisi konten blog Anda:

Tentukanlah Momen Yang Tepat

Tentukanlah Momen Yang Tepat
Tentukanlah Momen Yang Tepat / Kontenesia / www.wsny-fm.sagacom.com/

Temukanlah momen yang tepat untuk mulai menulis. Cari dan ciptakan suasana yang dapat menunjang mood Anda untuk menulis, apakah di tempat yang hening, sambil mendengarkan alunan musik ringan, sambil meneguk secangkir kopi di cafe, di pinggir jendela kamar Anda, atau bahkan di kamar mandi.

Tentukan Waktu Yang Terbaik

Tentukan Waktu Yang Terbaik
Tentukan Waktu Yang Terbaik / Kontenesia / www.arjunasolutions.com

Tentukan waktu terbaik. Setiap orang memiliki jadwal internal tubuh yang disebut “circadian rhythm.” Ritme ini mengikuti siklus tubuh selama 24 jam dan merespon waktu “gelap” dan “terang.” Anda adalah orang yang paling tahu apakah Anda tipe si “Ayam Jantan” yang sigap di pagi hari, atau si “Burung Hantu” yang cekatan di malam hari. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pagi hari merupakan waktu terbaik untuk menggali inspirasi. Namun mungkin saja bagi sebagian orang, otak mereka bisa bekerja lebih optimal di penghujung hari.

Atur Ruang Kerja dan Singkirkan Semua Gangguan yang Ada

Atur Ruang Kerja dan Singkirkan Semua Gangguan yang Ada
Atur Ruang Kerja dan Singkirkan Semua Gangguan yang Ada / Kontenesia / www.add-impact.com

Aturlah “ruang kerja” Anda dan singkirkan gangguan-gangguan yang dapat menginterupsi konsentrasi Anda. Agar bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, Anda harus fokus untuk dapat mengembangkan ide-ide Anda. Untuk itu, tutuplah segala akses yang dapat memecah konsentrasi, membuyarkan ide atau mood menulis Anda. Matikanlah telepon seluler, televisi, atau radio. Log off email atau sosial media Anda, dengan begitu, Anda tidak akan terinterupsi untuk mengecek hal kurang penting di waktu produktif Anda.

Terorganisasi

Terorganisasi
Terorganisasi / Kontenesia / www.sherocksabusiness.com

Latihlah fokus dan konsentrasi Anda dan biarkan ia mengalir menjadi ritme yang disukai oleh tubuh Anda. Jadikan menulis sebagai suatu hal yang menyenangkan, karena secara psikologis, jika tubuh melakukan hal yang disukai, ia akan memberikan respon yang positif, membangkitkan kekuatan, dan memberikan efek menyenangkan dan menenangkan. Lakukanlah secara koinsisten untuk membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.

Strategi Penulisan Blog yang Efektif

Strategi Penulisan Blog yang Efektif
Strategi Penulisan Blog yang Efektif / Kontenesia / www.rightthing.co.uk

Memastikan bahwa blog Anda “hidup” artinya Anda harus terus mengupdate tulisan, mengedit, melakukan riset, mencari gambar, berdiskusi dengan pengunjung blog, mempromosikan dan memastikan bahwa seluruh sistem berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda harus mampu membuat perencanaan dan mulailah bekerja.

Tips blogging dasar: pengelolaan waktu, buatlah perencanaan atas tugas-tugas pengelolaan blog secara bertahap menggunakan skema piramida seperti yang dikutip dari premium.wpmudev.org sebagai berikut:

Menulis

Menulis
Menulis / Kontenesia / www.prnewsonline.com

Mulailah menulis sebanyak mungkin tanpa harus merasa khawatir dengan gaya penulisan atau kesalalahan tata bahasa. Tujuan utama pada tahapan ini adalah menuangkan dan menerjemahkan isi kepala Anda ke dalam bentuk tulisan. Buatlah kerangka kasar yang nantinya bisa Anda kembangkan menjadi sesuatu yang bernilai untuk dimuat.

Mengedit

Mengedit
Mengedit / Kontenesia / www.mandyevebarnett.com

Pada tahapan ini Anda bisa mulai memulas tulisan “kasar” Anda, mengisi informasi yang masih kurang, memperbaiki kesalahan-kesalahan penulisan, merestrukturisasi struktur kalimat dan mengomposisikannya menjadi sebuah bacaan yang logis dan enak dibaca. Bacalah revisi tersebut beberapa kali hingga Anda merasa puas dan yakin bahwa tulisan tersebut layak untuk dimuat.

Penelitian

Penelitian
Penelitian / Kontenesia / www.cep-probation.org

Penting kiranya bagi para penulis untuk meneliti kembali tulisan yang akan dimuat. Lakukanlah brain storming atas ide-ide yang telah dituangkan agar nanti Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung blog dan bisa menjadi bahan diskusi dalam grup atau komunitas blog sejenis.

Diskusi Sosial Media

Diskusi Sosial Media
Diskusi Sosial Media / Kontenesia / www.2.bp.blogspot.com/

Sempatkanlah untuk meluangkan waktu bergabung dalam komunitas atau grup sejenis sambil memperkenalkan tulisan Anda. Jangan lupa promosikan tulisan Anda ke sosial media dan berinteraksilah dengan para netter, karena yang demikian mampu membantu menjaga keberlangsungan blog Anda.

Mencari Gambar dan Video

Mencari Gambar dan Video
Mencari Gambar dan Video / Kontenesia / www.benclucas.co.uk

Tahapan ini mungkin sedikit menyita waktu Anda, karena Anda harus meluangkan waktu untuk sekadar mencari gambar di Flickr atau video di YouTube. Untuk itulah tahapan ini ditempatkan di akhir agar waktu kerja Anda efisien. Keseluruhan tahapan di atas hanyalah salah satu tips blogging dasar, yaitu pengelolaan waktu, yang bisa membantu Anda mengelola blog dengan lebih efektif. Yang terpenting, niatkanlah untuk mulai mengerjakannya, jangan membuang waktu lebih banyak lagi. Kerjakan secara bertahap dari hal yang termudah dengan penuh konsistensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *