Posted on

Website Anda Sepi? Baca 9 Trik Media Sosial Ini untuk Menyedot Audiens Agar Website Anda Tak Lagi Sesepi Kuburan

Adakan Kontes atau Giveaway

Mempromosikan produk atau tulisan melalui media sosial kini bukan lagi hal asing bagi kita. Setiap hari, ada banyak sekali penawaran yang kita lihat melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, atau bahkan blog. Sebagai pemilik website atau blog, Anda tentu ingin punya audiens yang banyak, bukan? Nah, caranya adalah dengan mempromosikannya melalui media-media sosial seperti yang saya sebutkan di atas.

Jika ingin audiens tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, ada kaidah-kaidah tertentu yang juga harus Anda perhatikan. Betul sekali, memanfaatkan teknologi sebagai media promosi pun ada aturannya. Salah-salah, bukannya menikmati, audiens justru enggan melirik tulisan Anda. Nah, 9 taktik ini bisa Anda jadikan rujukan untuk meningkatkan jumlah audiens di postingan yang Anda buat:

Mulailah dengan Bergabung di Grup atau Forum

Mulailah dengan Bergabung di Grup atau Forum
Mulailah dengan Bergabung di Grup atau Forum / Kontenesia / www.syakirurohman.net

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin meningkatkan audiens di website atau blog yang Anda kelola adalah dengan bergabung di grup, milis, atau forum. Bergabung di forum dan grup yang berhubungan dengan tema konten website akan membuat Anda memperoleh informasi atau saran yang sangat berguna bagi perkembangan website Anda sendiri. Saat bergabung dalam forum, ada 2 hal yang perlu Anda ingat:
Jangan hanya fokus pada promosi konten website Anda. Sebisa mungkin berpartisipasilah dalam setiap diskusi yang ada.
Ingat tujuan Anda bergabung, bukan hanya menjadi silent reader, tapi berpartisipasi. Ini yang perlu Anda garis bawahi.

Membuat Sesi Tanya Jawab = Menarik Hati Audiens

Membuat Sesi Tanya Jawab = Menarik Hati Audiens
Membuat Sesi Tanya Jawab = Menarik Hati Audiens / Kontenesia / www.incontrolsim.com

Tidak semua audiens paham dengan konten website atau produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, mengadakan sesi tanya jawab atau Q&A dengan audiens merupakan cara terbaik untuk menjawab setiap keingintahuan mereka.
Sesi tanya jawab juga merupakan trik jitu untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pemakai jasanya. Hal inilah yang selalu diterapkan bos Facebook, Mark Zuckerberg, untuk tetap terkoneksi dengan pengguna Facebook dari seluruh penjuru dunia.

Promosi, layanan, serta perilisan produk baru juga sangat efektif jika disampaikan melalui Q&A. Sesi ini akan membuat audiens berpikir kalau Anda peduli dan mendengarkan mereka. Tiga hal yang harus menjadi fokus Anda saat mengadakan sesi tanya jawab adalah:
Persiapkan jawaban sebaik mungkin, karena Anda tidak pernah tahu jenis pertanyaan seperti apa yang akan disampaikan audiens. Terkadang, mereka mengajukan pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab.
Usahakan meresponnya secepat mungkin, bercakap-cakaplah dengan mereka, serta hindari melakukan komunikasi 1 arah.
Jujurlah dalam menjawab pertanyaan audiens.

Adakan Kontes atau Giveaway

Adakan Kontes atau Giveaway
Adakan Kontes atau Giveaway / Kontenesia / www.susindra.com

Mengadakan kontes berhadiah atau giveaway dan semacamnya merupakan trik mudah yang bisa Anda terapkan untuk menarik perhatian audiens. Hal ini pun pernah dilakukan perusahaan gadget raksasa, Apple, saat akan merilis smartphone barunya, iPhone 6s.
Giveaway ini biasanya dilakukan dengan meminta audiens untuk membagikan postingan atau menjawab pertanyaan tertentu. Tidak hanya menambah jumlah audiens, mengadakan kontes gratis semacam ini juga akan meningkatkan brand dan kepercayaan konsumen atas produk atau situs Anda.

Lakukan Survey dan Polling

Lakukan Survey dan Polling
Lakukan Survey dan Polling / Kontenesia / msdailylife.wordpress.com

Sedikit mirip dengan Q&A, survey maupun polling yang ditujukan kepada audiens memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kemajuan dan prestise website. Polling bisa Anda lalukan ketika akan merilis sebuah produk baru.
Penulis novel-novel best-selling, Tere Liye, juga sering membuat polling yang ditujukan kepada audiens untuk memilih desain sampul buku mana yang menurut mereka paling cocok dengan judul buku terbarunya. Dengan survei atau polling semacam ini, audiens akan senang, karena merasa dilibatkan dalam proses produksi.

Minta Opini Mereka

Minta Opini Mereka
Minta Opini Mereka / Kontenesia / akusukamenulis.wordpress.com

Ketika membagi postingan, baik berupa tulisan atau promosi produk, cobalah meminta audiens untuk membagikan, menyukai, atau memberi opini tentang postingan tersebut. Tidak hanya meningkatkan traffic, meminta opini audiens juga akan membuat Anda tahu apa yang mereka mau. Satu hal, jangan bebani mereka dengan pertanyaan yang terlalu banyak, karena ini justru akan membuat mereka malas dengan postingan Anda.

Sertakan Gambar

Sertakan Gambar
Sertakan Gambar / Kontenesia

Percaya tidak percaya, gambar ternyata lebih bisa meningkatkan jumlah share atau like sampai 75% dibandingkan dengan konten biasa yang hanya berisi tulisan. Ini dikarenakan tidak semua audiens rajin membaca konten Anda yang (mungkin) panjangnya melebihi pembukaan UUD.
Jika memang demikian, sisipkanlah gambar yang relevan dengan isi postingan Anda. Jangan sampai Anda menyampaikan postingan tentang makanan, tapi gambar yang dicantumkan adalah sepatu, tidak ada korelasi sama sekali. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah kualitas gambar. Pakailah gambar dengan resolusi yang tinggi dan bagus, ini akan meningkatkan trust audiens kepada produk yang Anda tawarkan.

Gunakan #Hashtag

Gunakan #Hashtag
Gunakan #Hashtag / Kontenesia / behindus.wordpress.com

Hashtag atau tagar adalah trik lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik traffic. Hashtag ini akan mempermudah audiens menemukan apa yang menjadi keinginan mereka, baik di Twitter, Facebook, Instagram, maupun Google+. Jika hendak memakai hashtag dalam berpromosi di jejaring sosial, pilihlah yang unik dan eye-catching, sebisa mungkin hindari hashtag yang terlalu biasa.

Lihat Kalendar Anda

 Lihat Kalendar Anda
Lihat Kalendar Anda / Kontenesia / www.chockysihombing.com

Saat ini, hampir semua tanggal dalam setahun selalu dikaitkan dengan kejadian-kejadian tertentu, dari yang penting seperti hari kemerdekaan, sampai yang remeh-temeh seperti hari menanam pohon pisang sedunia.
Ya, memanfaatkan kalendar untuk berpromosi memang terbukti sangat potensial untuk meningkatkan traffic pada postingan Anda. Misalnya, jika hari ini adalah Hari Menangis Sedunia, Anda bisa memanfaatkannya dengan menulis postingan tentang “Manfaat Menangis bagi Kesehatan” atau yang konten lain yang berhubungan dengan itu.

Audiens Anda Manusia, Bukan Robot

Audiens Anda Manusia, Bukan Robot
Audiens Anda Manusia, Bukan Robot / Kontenesia / emceemelvin.com

Sasaran pembaca kita bukanlah robot, tapi manusia, sama seperti kita. Jadi buatlah postingan yang manusiawi, sedikit melempar guyonan kepada audiens akan membuat mereka tertarik. Ingat, konten yang terlalu serius justru akan membuat audiens merasa bosan. Meski diselingi joke, tetap nomor satukan kualitas konten Anda.
Itu dia 9 tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk memboost jumlah audiens di website atau blog dengan menggunakan media sosial. Selamat mencoba dan bersiaplah untuk sesuatu yang mengejutkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *