Posted on

5 Alasan Artikel Bahasa Inggris Bermutu Penting untuk Startup

Artikel Bahasa Inggris

Bisnis startup membutuhkan situs berkualitas sebagai pusat promosi serta komunikasi. Jika Anda berencana membawa bisnis startup ke ranah internasional, artikel bahasa Inggris berkualitas menjadi nyawa bagi situs bisnis tersebut. Artikel berkualitas berfungsi sebagai sarana promosi, pusat informasi, sekaligus alat untuk mendongkrak “nilai” situs Anda dalam algoritma situs pencari.

Mengapa Artikel Bahasa Inggris Penting?

Artikel Bahasa Inggris
searchengineland.com

Konten berbahasa Inggris wajib ada dalam situs yang membidik pengunjung internasional. Hal ini ada kaitannya dengan optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, atau SEO), yaitu strategi untuk meningkatkan visibilitas situs di kalangan pengguna internet yang lebih luas. Akan tetapi, konten juga memiliki fungsi lain terkait pembangunan kepercayaan (rapport) antara pemilik startup dan calon pembeli.

Berikut lima manfaat artikel berbahasa Inggris bagi situs startup Anda:

Meluaskan pangsa pasar

Artikel Bahasa Inggris
ProjectEnterprise.org

Situs dengan artikel berbahasa Inggris otomatis menambah pangsa pasar startup Anda. Tergantung jenis startup, Anda juga bisa memberi sudut pandang unik terkait bisnis yang berbasis di Indonesia. Hal ini bisa memberi kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan pebisnis internasional yang berminat dengan Indonesia.

Meningkatkan reputasi

Artikel bermutu yang berbahasa Inggris membantu menambah reputasi bisnis Anda. Hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan calon klien atau pembeli, karena memberi kesan bahwa Anda memiliki wawasan serta jaringan bisnis luas.

Meningkatkan visibilitas di mesin pencari

Artikel Bahasa Inggris
webii.net

Banyak pengguna mesin pencari di seluruh dunia menggunakan bahasa Inggris saat berburu informasi. Ini berarti situs berbahasa Inggris mendapat kesempatan lebih luas untuk terekspos. Algoritma mesin pencari populer seperti Google dan Bing juga cenderung menunjukkan preferensi terhadap bahasa Inggris.

Meningkatkan backlink berkualitas

Ketika situs berkualitas menaruh tautan ke situs Anda pada situs mereka, Google akan menghitungnya sebagai backlink berkualitas. Semakin banyak backlink yang Anda peroleh, semakin tinggi peringkat situs Anda. Konten berupa artikel berkualitas akan mengundang lebih banyak orang untuk menaruh tautan ke situs Anda.

Meningkatkan peringkat Search Task Accomplishment

Artikel Bahasa Inggris
wur.nl

Search Task Accomplishment adalah prinsip algoritma terbaru Google yang memberi peringkat terhadap situs berdasarkan pencapaian tujuan konten mereka. Google akan lebih memilih situs yang dianggap sukses memberi jawaban atas hal-hal yang dicari pengguna mesin pencari. Hal ini sangat tergantung pada artikel berkualitas.

Lima hal ini adalah alasan mengapa banyak situs bisnis memiliki halaman Blog atau Articles. Walau mungkin tidak berada di halaman muka, artikel-artikel tersebut membantu pemilik situs mempromosikan bisnis serta meningkatkan visibilitas mereka di Google.

Tips Membuat Konten Berbahasa Inggris yang Bagus

Artikel Bahasa Inggris
Backlinko.com

Artikel SEO identik dengan penggunaan kata kunci pendek maupun panjang (LSI), penyebaran kata kunci pada seluruh bagian artikel, serta penyelipan kata kunci pada H1, H2, dan H3. Akan tetapi, aspek teknis ini bisa Anda pelajari dengan mudah. Hal tersulit adalah membuat konten berkualitas, terutama jika berbahasa Inggris.

Artikel berbahasa Inggris bermutu tidak hanya benar secara tata bahasa, tetapi juga enak dibaca. Artikel juga harus profesional, menimbulkan emosi positif, atau memberi jawaban terhadap pertanyaan pembaca. Berikut beberapa cara membuat artikel bagus:

Gunakan gaya bahasa konsisten

Artikel Bahasa Inggris
GearPatrol.com

Tentukan gaya dan nada berbahasa untuk semua artikel Anda. Hal ini agar pembaca tidak bingung saat menyusuri semua artikel di situs tersebut. Misalnya, gunakan gaya bahasa formal untuk situs bisnis, dan “santai tapi serius” untuk artikel gaya hidup anak muda.

Tambahkan kata-kata terkait industri spesifik

Tergantung sifat bisnis Anda, gunakan kata-kata yang digunakan secara khusus dalam industri bisnis tersebut. Temukan referensi bahasa dari situs berbahasa Inggris yang bidangnya serupa dengan Anda.

Tarik perhatian langsung dari awal

Artikel Bahasa Inggris
unbound.upcea.edu

Pastikan paragraf pembuka artikel Anda langsung menarik perhatian. Misalnya, selipkan pertanyaan yang mungkin dimiliki pembaca (“does coffee stunt growth?”) atau fakta menarik (“coffee can remove bad smell”). Isi artikel Anda kemudian harus menjelaskan hal ini secara rinci.

Pastikan artikel menjawab pertanyaan/permasalahan pembaca

Temukan pertanyaan umum yang biasanya Anda dengar sebagai pemilik startup. Misalnya, jika Anda membuat aplikasi pembayaran nontunai, Anda mungkin mendengar pertanyaan soal keamanan data pribadi dan kelancaran transaksi. Gunakan ini sebagai panduan membuat artikel, dan bayangkan diri Anda menjawab pertanyaan pembaca.

Hindari berbasa-basi

Artikel Bahasa Inggris
tele-datasolutions.com

Tingkat perhatian pengguna internet kini semakin pendek, sehingga mereka tidak lagi menoleransi gaya bahasa rumit atau basa-basi. Pastikan artikel Anda ringkas dan langsung ke tujuan. Idealnya, paragraf pertama langsung menarik perhatian, dan paragraf kedua serta seterusnya langsung membahasa isi.

Kurangi kesalahan penulisan

Kesalahan penulisan akan menurunkan kredibilitas situs, terutama jika Anda mempromosikan startup baru dengan layanan yang melibatkan penulisan data pribadi. Gunakan fitur pengecek ejaan bahasa Inggris pada Word, dan gunakan situs panduan berbahasa seperti Grammarly.

Pastikan judul artikel sesuai dengan isi. Ketika Google menampilkan tautan ke artikel Anda di halaman pencarian, judul akan terlihat menyolok. Pembaca akan memberi penilaian negatif jika judul Anda tidak berujung pada konten yang dijanjikan. Buat kerangka tulisan sebelum menulis artikel untuk menghindari hal ini.

Jika Anda tidak bisa menulis artikel berbahasa Inggris, atau tidak punya waktu mengunggah konten secara rutin, gunakan jasa penulisan profesional seperti Kontenesia. Artikel profesional yang diunggah secara rutin akan membuat situs startup Anda semakin terkenal.

Kesimpulan

Situs startup membutuhkan konten berbahasa Inggris untuk mempromosikan bisnis, menambah kredibilitas, serta mendapat peringkat tinggi di Google. Artikel berkualitas tidak hanya memenuhi kaidah SEO, tetapi juga enak dibaca dan sesuai standar Search Task Accomplishment. Pastikan menulis artikel bahasa Inggris bermutu untuk meluaskan jangkauan startup Anda ke luar negeri.

3 thoughts on “5 Alasan Artikel Bahasa Inggris Bermutu Penting untuk Startup

  1. […] Artikel merupakan penghubung antara penawaran dalam situs startup dan calon pelanggan Anda. Prinsip utama pendirian startup adalah menemukan solusi untuk permasalahan atau kebutuhan tertentu. Hal ini sesuai dengan tujuan penulisan artikel STA, yaitu menjawab berbagai permasalahan pembaca, baik yang tersurat maupun tersirat. […]

  2. […] lain mengapa artikel adalah elemen yang sangat penting bagi website bisnis startup adalah dapat meningkatkan SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah bagian dari internet […]

  3. […] penjelasan singkat mengenai bisnis startup, perkembangan startup di Indonesia, serta alasan mengapa startup adalah bisnis yang menjanjikan. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.