Posted on

Artikel Menarik, Kunci Sukses Usaha Startup Masa Kini

Artikel Menarik

Bisnis startup membutuhkan artikel menarik yang memenuhi syarat algoritma baru Google. Selain kaidah SEO dan konten orisinal, pemilik situs kini menghadapi tantangan baru, yaitu Searcher Task Accomplishment (STA). Patokan algoritma baru ini tidak hanya menghadirkan konten berkualitas, tetapi juga mengatasi “masalah” yang hendak dipecahkan oleh pengguna internet.

Jika Anda ingin mempromosikan situs dan mendapat peringkat tinggi di Google, artikel situs harus memenuhi kaidah STA. Berikut panduan menulis artikel SEO untuk startup yang juga memenuhi prinsip STA.

Deskripsi Artikel Menarik dengan Prinsip STA

Artikel Menarik
lupaseo.com

Google telah menekankan pentingnya membuat artikel orisinal yang berkualitas, tetapi prinsip STA membawanya ke tingkat lebih tinggi. Jika artikel biasa memberi informasi dalam bentuk “potongan” kecil, STA membantu pembaca untuk mendapat informasi detail terkait permasalahan mereka, sekaligus memberi solusi untuk masalah lain yang masih berhubungan.

Sebagai ilustrasi, jika ada pengguna internet yang mengetik “cara menerbitkan buku” di Google, artikel SEO biasa mungkin akan menjelaskan langkah-langkah seperti menyusun serta menyunting naskah, menemukan penerbit, dan mengirim naskah lewat email atau pos. Akan tetapi, artikel berpinsip STA akan memberi informasi lebih mendetail, seperti:

  • Cara menerbitkan buku lewat penerbit dan self-publishing
  • Cara membuat sinopsis dan email penawaran yang menarik
  • Cara menemukan penerbit yang menerima pengiriman naskah lewat email
  • Cara memilih penerbit yang sesuai dengan tema naskah, dan sebagainya

Semua informasi tambahan ini merupakan pertanyaan lanjutan yang tersirat dari kata kunci “cara menerbitkan buku”. Artikel berprinsip STA membantu pembaca menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan tidak sekadar menjelaskan secara singkat.

Keuntungan Artikel STA untuk Situs Startup

Artikel Menarik
lifehack.org

Artikel merupakan penghubung antara penawaran dalam situs startup dan calon pelanggan Anda. Prinsip utama pendirian startup adalah menemukan solusi untuk permasalahan atau kebutuhan tertentu. Hal ini sesuai dengan tujuan penulisan artikel STA, yaitu menjawab berbagai permasalahan pembaca, baik yang tersurat maupun tersirat.

Jika Anda bisa menulis artikel STA yang juga sesuai kaidah SEO, ada beberapa keuntungan yang bisnis startup Anda akan peroleh, yaitu:

  • Peringkat tinggi di Google

Artikel Menarik
komando.com

Preferensial goritma Google yang mulai berfokus pada kaidah STA (selain SEO) membua tartik elsema camini sangat dihargai. Jika Anda bisa menyeimbangkan STA dan SEO, situs startup Anda akan mendapat peringkat tinggi di Google.

  • Peningkatan kredibilitas dan reputasi

Semakin bermanfaat artikel Anda, semakin positif juga tanggapan pembaca. Artikel Anda akan lebih sering dibagikan atau dijadikan rekomendasi, dan kredibilitas situs sertabisnis Anda akan meningkat.

  • Kemudahan dalam pengembangan produk

Artikel Menarik
IamExpat.nl

Situs dengan artikel yang banyak dibaca serta dijadikan rujukan dapat mengundang diskusi dan perhatian. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menangkap preferensi pengunjung situs, menciptakan dialog, serta mengukur perkembangan trenbisnis. Semua ini penting untuk proses pengembangan produk.

 

Menyusun artikel dengan kaidah STA membutuhkan usaha ekstra dibandingkan sekadar membuat artikel orisinal. Panduan berikutnya akan membantu Anda menyusun artikel berkualitas yang mampu menjawab permasalahan pembaca.

Langkah Penyusunan Artikel dengan Prinsip STA

Artikel Menarik
execonline.com

Anda bisa mulai menyusun artikel dengan prinsip STA sejak masih di tahap pembuatan kerangka. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menulis artikel bermanfaat:

1. Tentukan ekspresi “kebutuhan”

Artikel Menarik
ClickHowTo.com

Bayangkan hal-hal yang akan dibutuhkan calon pelanggan terkait produk Anda. Kata apa yang akan mereka tuliskan di kotak pencarian Google untuk menemukan jawabannya? Contoh: jika startup Anda berkutat di bidang pembuatan kotak makanan, calon pembeli mungkin akan mengetik “kotak makanan tahan panas” .

2. Tentukan tujuan-tujuan tersirat

Setiap kata atau frase pencarian yang diketikkan di Google menyembunyikan pertanyaan tambahan. Anda harus memperkirakan berbagai pertanyaan tambahan ini. Misalnya, pertanyaan “kotak makanan tahan panas” mungkin berujung pada “kotak makanan antibocor”, “kotak makanan anti bakteri”, “kotak makanan untuk anak”, dan “tips memilih kotak makanan”.

3. Tentukan jawaban untuk setiap permasalahan

Artikel Menarik
augstudy.com

Ketika Anda memutuskan untuk membahas satupoin, pastikan ada solusi atau jawaban untuk permasalahan tersebut. Jika Anda tidak bisa menemukan jawabannya, lewatkan poin tersebut atau lakukan riset lanjutan.

4. Tentukan prioritas untuk penjelasan dalam artikel

Sebelum menulis artikel berdasarkan tujuan-tujuan tersirat, pastikan Anda mengetahui prioritas pembaca. Deskripsikan permasalahan utama beserta jawabannya sebelum berlanjut ke pembahasan sampingan.

5. Pelajari strategi kompetitor

Artikel Menarik
thebluediamondgallery.com

Punya kompetitor dengan bisnis serupa? Kunjungi halaman artikel di situs mereka untuk mempelajari hal-hal yang mereka tawarkan pada pengunjung. Dengan mengetahui penawaran pesaing pada pengunjung serta calon pembeli, Anda bisa menemukan sudut pandang baru untuk menggarap artikel.

6. Tentukan judul yang tepat

Judul yang tidak sesuai dengan isi akan mengecewakan pengguna internet yang mencari informasi spesifik tersebut. Hal ini akan mengurangi impresi positif serta kredibilitas situs Anda. Agar judul cocok dengan isi, selesaikan seluruh artikel sebelum menentukan judul. Jika Anda merasa canggung untuk menulis artikel tanpa judul, buatlah judul sementara.

Artikel semacam ini cocok untuk mengisi situs startup, karena Anda bisa membuat pembahasan berdasarkan tema spesifik, sesuai bisnis yang Anda jalankan.Jika tidak punya waktu untuk menulis artikel sendiri, gunakan bantuan jasa penulis profesional seperti Kontenesia. Jasa penulis profesional akan membantu Anda menulis artikel bermutu sesuai jadwal pengunggahan artikel.

Kesimpulan

Standar artikel untuk situs startup telah meningkat. Pemilik startup masa kini harus bisa membuat artikel dengan kaidah Searcher Task Accomplishment, bukan sekadar Search Engine Optimization. Dengan berfokus pada permasalahan tersurat dan tersirat yang mungkin dihadapi pembaca atau calon pelanggan, Anda dapat menulis artikel menarik yang menarik perhatian serta meningkatkan peringkat di hasil pencarian Google.

2 thoughts on “Artikel Menarik, Kunci Sukses Usaha Startup Masa Kini

  1. […] Artikel manual sedikit mirip dengan tutorial atau panduan, namun bentuk ini biasanya hadir dalam situs tentang produk tertentu. Misalnya, jika Anda berbisnis perangkat digital untuk mendukung kegiatan belajar, artikel manual akan berisi langkah-langkah untuk menggunakan perangkat tersebut. […]

  2. […] bisnis startup akan sangat sulit apabila Anda melakukannya sendirian. Untuk itu, Anda perlu anggota tim yang solid […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.