Posted on

Siapkan 8 Hal Ini Sebelum Mulai Belajar Desain Grafis

Belajar Desain Grafis

Anda sedang mempertimbangkan untuk lebih serius menekuni desain grafis?Belajar desain grafis ternyata membuat Anda menemukan kesenangan saat mengulik elemen visual untuk menghasilkan sebuah karya.

Berkarir sebagai profesional tanpa latar belakang pendidikan formal desain grafis sangat mungkin dilakukan. Anda hanya perlu menambah jam terbang dengan banyak berlatih, mencoba medium berbeda, dan menemukan gaya sendiri.

Oleh karena itu, siapkan 8 hal ini sebelum mulai belajar desain grafis.

1. Memahami apa tujuan sebuah desain dibuat

Belajar Desain Grafis
marketingdonut.co.uk

Meski Anda belajar desain grafis secara otodidak, tetap perlu memahami apa tujuan sebuah desain itu dibuat. Tujuan desain sederhana, yakni untuk mengkomunikasikan sebuah target, aksi, respons, atau pengalaman.

Maka, metode yang digunakan pun harus bervariasi.Tidak cukup berpegangan pada satu alat atau aplikasi saja.Anda bisa mencapai tujuan secara efektif jika memahami siapa yang Anda ajak berkomunikasi dengan jelas.

Fokus desain berada pada mereka yang menikmati karya grafis Anda: konsumen, pengguna, dan pemirsa. Ini bukan soal preferensi Anda semata.Paling utama adalah bagaimana Anda membuat orang memahami pesan di balik karya grafis yang dibuat.

2. Mempelajari sejarah desain

Belajar Desain Grafis
skystarseo.blogspot.com

Melihat hasil kerja desainer lain sebagai inspirasi ternyata tak selamanya sehat. Tanpa Anda sadari, apa yang dilihat itu terinternalisasi dalam diri. Begitu merancang sesuatu, sadar atau tidak, ‘inspirasi’ tersebut tertuang pada karya Anda.

Memang terinspirasi, meminjam, atau mencuri ide itu tipis perbedaannya. Maka, cara terbaik adalah memahami sejarah desain untuk menghasilkan solusi yang lebih orisinal. Jadi, Anda tidak sekadar terinspirasi, lalu meniru mentah-mentah hal tersebut.

3. Mempelajari dasar desain grafis

Belajar Desain Grafis
Mashable.com

Dasar belajar desain grafisadalah dengan menggambar. Ini menjadi cara termudah untuk menuangkan ide yang Anda miliki dalam goresan-goresan di kertas sebelum diubah ke bentuk digital.

Berikutnya, Anda juga perlu mempelajari teori desain grafis.Cari buku-buku atau situs yang membantu Anda mengetahui teori seputar ini, mulai dari istilah, palet warna, teknis mendesain, komposisi, tipografi, sampai hal-hal terkait desain secara umum.

Selain itu, mengetahui teknik dasar penulisan juga mendukung Anda dalam mengkreasikan karya yang berkualitas.Teks hadir untuk memperkuat visual yang telah dibuat, agar audiens lebih bisa menangkap maksud dari karya tersebut.

4. Mengenali ragam software desain grafis

Belajar Desain Grafis
graphicdesign.stackexchange.com

Untuk menghasilkan sebuah karya yang menjual, mau tak mau Anda harus mempelajari beberapa software desain grafis.Meski Anda bersikeras untuk mengerjakan secara manual, tetap perlu bantuan digital untuk merapikan desain tersebut.

Anda bisa memulainya dengan software desain andalan para desainer profesional, yakni Adobe Illustrator.Ada banyak tutorial desain grafis yang dapat Anda tonton untuk berlatih memakai software tersebut.Mulai dari fitur dasar sampai tingkat lanjut.

Kuncinya adalah berlatih sesering mungkin untuk menambah jam terbang dan menemukan gaya desain Anda.

5. Mengamati praktik desain

Belajar Desain Grafis
kumbhdesign.com

Anda menemukan desain di mana-mana.Di papan reklame, sampul buku, poster film, kemasan makanan, hingga iklan, semua memiliki desain yang berbeda.Mengamati bagaimana desain diterapkan adalah cara memperkaya referensi Anda.

Namun, bukan hanya mengamati, tetapi juga coba untuk mengidentifikasi apakah desain tersebut berhasil mengkomunikasikan pesan pada audiens.Anda dapat mengajukan tiga pertanyaan ini untuk menyelami desain yang dilihat.

  • Siapa audiens yang dituju desain tersebut?
  • Apa yang ingin dikomunikasikan oleh visual, grafis, pesan, dan elemen lain desain itu?
  • Bagaimana desain itu dapat menyelesaikan problem yang ada?

Mengembangkan keterampilan observasi Anda akan meningkatkan kemampuan untuk menganalisis respons dan reaksi terhadap efektivitas suatu desain. Pada akhirnya, ini akan mempertajam naluri dan meningkatkan proses desain Anda.

6. Memahami bagaimana proses pelaksanaan desain

Belajar Desain Grafis
SaveasBrand.com

Sebelum memulai proyek, sekali lagi, penting untuk memahami tujuan proyek tersebut. Lalu, proses mengamati desain juga punya tahapan yang sama dengan proses pelaksanaan atau eksekusi desain tersebut.Selalu awali dengan tiga pertanyaan tadi.

Kemudian, tahap berikutnya Anda mengumpulkan seluruh materi dan informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan desain tersebut. Pahami brief klien, produk, event, pesan, atau kampanye yang ingin disampaikan. Baru tentukan tujuan proyek tersebut.

Misalnya, jika proyek Anda bersifat informatif atau aspiratif, maka fokus pada elemen visual yang mampu menggugah audiens untuk merespons.Contoh, bagaimana Anda membuat sebuah poster film yang mampu mendorong audiens untuk menonton.

7. Menciptakan sistem desain Anda sendiri

Belajar Desain Grafis
pixelldesign.com

Tahukah Anda bahwa mereka yang mempelajari desain secara formal justru kerap melakukan hal sama berulang kali dengan pendekatan berbeda? Cara ini membuat mereka mengerti bahwa ada banyak cara mengeksekusi sebuah desain.

Oleh karena itu, Anda pun perlu menciptakan sistem desain sendiri yang cocok dengan gaya kerja Anda. Namun, pastikan Anda membuatnya tetap sederhana, tetapkan batasan jelas, hindari tren, dan fokus pada hasil bukan alat yang dipakai.

8. Membentuk mindset tentang bekerja di bidang desain

Belajar Desain Grafis
graycelltech.com

 Jasa desain atau jasa penulis artikel bukanlah tempat yang tepat bagi orang yang ingin menjadi pusat perhatian.Walaupun hasil karya Anda bisa mendunia, khalayak lebih dulu mengenal apa yang dihasilkan, bukan siapa yang membuatnya.

Begitu pula soal kekayaan.Ya, Anda bisa hidup dari penghasilan sebagai desainer grafis, tetapi tidak serta merta dalam semalam berubah menjadi miliarder seperti mereka yang membangun Facebook, Apple, atau Google.

Penanaman mindset demikian penting karena tren berubah begitu cepat.Gaya, metode, dan pendekatan desain pun berevolusi dari tahun ke tahun. Anda harus bisa update dengan semua itu jika ingin membangun karir sebagai desainer andal dan profesional.

 

Demikian 8 hal yang perlu Anda siapkan sebelum mulai belajar desain grafis.Ya, beragam hal teknis dan nonteknis harus menjadi modal untuk serius menekuni industri ini.Semua dapat Anda pelajari secara perlahan tapi pasti.

Desainer adalah orang di balik layar, yang tidak mendapat sorotan.Namun, tak perlu berkecil hati, pekerjaan ini tetap bernilai tinggi dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.Lagipula, siapa yang tidak membutuhkan desain?

 

2 thoughts on “Siapkan 8 Hal Ini Sebelum Mulai Belajar Desain Grafis

  1. […] desain grafis, ini bergantung pada tujuan proyek itu dibuat. Jika tujuannya adalah edukasi, audiens yang melihat […]

  2. […] 10 software desain grafis andalan desainer profesional. Anda dapat berlatih membuat ilustrasi atau menyunting foto guna […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.