Posted on

7 Langkah Mudah Belajar SEO untuk Pemula

Belajar SEO

Ingatkah Anda, pada amazon.com yang memelopori penjualan lewat internet tahun 1995 silam? Cara amazon.com mempromosikan web dan produk banyak ditiru e-commerce. Mereka berupaya untuk meningkatkan eksistensi webnya secara online.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan eksistensi web, salah satunya melalui Search Engine Optimization (SEO). Teknik marketing menggunakan SEO dianggap modern, efektif, dan efisien.

Lalu, bagaimana langkah mudah belajar SEO—terutama untuk pemula—supaya lebih paham? Simak ulasannya berikut ini.

1. Belajar SEO untuk Pemula—Memahami Konsep Dasarnya

Belajar SEO
almuheettech.com

Memahami konsep dasar SEO, bisa diawali dengan mempelajari keinginan mesin pencari dan pemilik web. Anda sering memakai mesin pencari Google? Diibaratkan produk, Google menginginkan pengguna puas dengan layanannya.

Sementara itu, pengguna Google pasti menghendaki halaman pertama dipenuhi web terbaik. Itu sebabnya, Google selalu menampilkan website sesuai dengan keyword yang diketikkan pengguna.

Kesimpulannya, SEO menjadikan web Anda sebagai yang terbaik berdasarkan keyword yang diinginkan. Adapun kriteria terbaik menurut SEO, yaitu dari segi konten, struktur dan navigasi, popularitas, dan kepuasan pengguna.

2. Memahami On-page

Belajar SEO
BrickMarketing.com

Setelah memahami konsep dasar SEO, Anda harus belajar tentang SEO on-page. Dengan menguasai teknik on-page, SEO pada konten yang diterbitkan bisa dioptimalkan.

Mesin pencari akan menemukan konten tersebut melalui kata kunci yang digunakan. Pun beberapa komponen lain, seperti permalink, URL, heading, gambar, judul, dan isi konten itu sendiri.

3. Belajar Meriset Kata Kunci

Belajar SEO
vtprism.com

Memilih kata kunci merupakan materi penting dalam belajar SEO blog. Jika Anda salah menempatkan kata kunci, dipastikan blog sepi dari pengunjung. Bahkan, mesin pencari tidak akan menampilkan blog di halaman depan.

Untuk memilih kata kunci yang tepat, Anda harus melakukan riset. Banyak cara meriset keyword, misalnya melalui tools gratis Ubersuggest. Alat pendeteksi kata kunci ini menampilkan berbagai varian keyword.

Ubersuggest memungkinkan Anda untuk menemukan long tail keyword dari kata kunci utama. Selain Ubersuggest, ada juga Google AdWords: Keyword Planner. Namun, keyword dari tools ini kurang bervariasi.

Setidaknya, dengan menggunakan keyword tools, Anda bisa mendapatkan empat jenis kata kunci. Dari mulai short tail keyword, long tail keyword, keyword abadi , dan keyword musiman.

4. Membuat Konten Berkualitas

Belajar SEO
Techstack.in

Konten memiliki peran penting dalam optimalisasi SEO. Konten berkualitas menjadikan pengunjung tak sungkan menelusuri isi web. Konten pun memengaruhi penyebaran URL web Anda.

Konten terbaik untuk SEO tidak hanya didukung kata kunci yang tepat, tetapi juga isinya harus sesuai keinginan pembaca. Pun relevan dengan topik saat itu. Berikut ini beberapa syarat konten yang baik untuk SEO.

  • Konten memiliki pengulangan kata dan frasa. Proses pengulangan kata dan frasa yang sama membantu konten fokus pada satu topik. Namun, lakukan secara natural supaya enak dibaca.
  • Membatasi jumlah kata. Pembatasan kata setiap paragraf penting untuk membuat nyaman pembaca ketika menyimak konten. Misalnya, maksimal ada 13—17 kata setiap baris.
  • Memisahkan setiap pembahasan. Artikel dengan paragraf terlalu panjang bisa membuat pembaca enggan menyimak. Cobalah membagi konten ke dalam subheading dan ruang kosong untuk foto. Dengan begitu, pembaca tidak merasa bosan.

Jika Anda merasa kesulitan membuat konten, cobalah menggunakan jasa penulis artikel. Pilih jasa penulis artikel yang menawarkan layanan SEO berkualitas. Dengan begitu, web Anda lebih cepat naik peringkat.

5. Menguasai Link Building

Belajar SEO
Adlibweb.com

Tahap kelima, pelajari link building agar Anda bisa mengoptimalkan halaman web. Bisa dikatakan, link building merupakan teknik untuk menempatkan backlink dari web lain yang menuju web Anda.

Sebagai contoh, Anda menyebarkan link artikel di Facebook. Ketika pengguna mengeklik link tersebut, otomatis menuju halaman web Anda. Karena itu, link building harus dilakukan pada web dengan page rank tinggi.

Di samping itu, link building mesti diterapkan di web yang sesuai dengan topik web Anda. Pasalnya, Google juga akan memeriksa relevansi backlink dalam sebuah web. Jika tak relevan, Google bisa menganggap link sebagai spam.

6. Menguasai Authority dan Interlinking

Belajar SEO
GreenGeeks.com

Authority, interlinking, dan backlink merupakan tiga unsur dalam off-page SEO. Intinya, ketiga hal tersebut adalah upaya mengoptimasi mesin pencari di luar website.

Berbicara soal authority, hal ini yang menentukan kualitas web Anda di mesin pencari melalui sebuah domain. Kualitas tersebut digambarkan lewat ranking. Biasanya, range angka ranking dimulai dari 0 sampai 100.

Sebagai contoh, web Anda memiliki nilai 80, sedangkan Wikipedia bernilai 95. Artinya, mesin pencari menilai Wikipedia lebih berkualitas dari web Anda. Dengan demikian, Wikipedia layak muncul di halaman pertama search engine.

7. Lakukan Audit Performa SEO

Belajar SEO
proformaebs.com

Tahapan terakhir mempelajari SEO untuk pemula adalah melakukan audit performa SEO. Dalam audit, hal pertama yang harus dikerjakan, yakni memeriksa tag judul, keyword, dan relevansinya dengan konten.

Kemudian, pastikan web Anda terhindar dari broken outbond link atau link internal yang halamannya terhapus. Pasalnya, broken outbond link bisa menurunkan popularitas web Anda.

Jangan lupa, mengecek link rusak di web Anda tidak bisa dijelajahi oleh mesin pencari. Setelah itu, periksa web tempat backlink ke halaman situs. Makin banyak backlink, makin cepat konten ditemukan di mesin pencari.

Selain itu pastikan load ke halaman web berlangsung cepat. Dalam hal ini, Google pernah menegaskan, akan mengutamakan percepatan melalui algoritma alami.

Terakhir, lakukan optimasi blog menggunakan tools online, seperti di http://gtmetrix.com. Anda hanya perlu mengetikkan alamat blog di Analyze Performance. Lalu, klik GO untuk melihat analisis performa.

 

Demikian tadi ulasan seputar belajar SEO yang bisa diterapkan oleh pemula. Kuasai SEO dengan detail; raih ranking tertinggi di mesin pencari; optimalkan pengunjung web Anda sekarang juga.

One thought on “7 Langkah Mudah Belajar SEO untuk Pemula

  1. […] pernah ketinggalan, termasuk tren SEO tahun 2019 mendatang. Ada empat hal yang menjadi fokus tren SEO tahun 2019, yaitu pencarian suara, blockchain, mobile focus, dan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.