Posted on

Berawal dari Bisnis Rumahan, 5 Pengusaha Ini Kini Capai Omzet Besar

Bisnis Rumahan

Sebuah bisnis yang sukses sebagian besar diawali dari bisnis rumahan. Bahkan, banyak pengusaha yang saat ini menuai untung besar. Mereka memulainya dari nol dan hanya mengandalkan modal seadanya untuk mengembangkan bisnis.

Ada sejumlah fakta yang menunjukkan bahwa ternyata keberhasilan tersebut adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan. Bahkan, usaha yang awalnya terlihat remeh, sukses dengan mengejutkan. Berikut sejumlah profil pengusaha yang berhasil mencapai omzet besar.

1.     Reza Nurhilman

Bisnis Rumahan
digitalentrepreneur.id

Nama Reza Nurhilman mungkin tidak terlalu populer, tetapi semua orang pasti tahu Keripik Maicih. Keripik ini sempat ramai dibicarakan di kalangan para penggemar camilan pedas.

Reza yang saat itu masih berusia 23 tahun menjual produk keripik pedasnya secara online. Melalui Twitter, ia mempromosikan keripik Maicih dan memanfaatkan jasa agen-agen untuk menjual.

Bukan hanya di Bandung, Reza berhasil menembus berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta dan kota lainnya. Bahkan, keripik buatannya bisa masuk supermarket dan bersanding dengan produk camilan terkenal lainnya.

Modal awal Reza memulai bisnisnya tidak terlalu besar. Bisa dibilang, ia memulai usaha tersebut dengan modal yang seadanya. Namun, Reza berhasil mendapatkan omzet besar dengan kemampuannya memanfaatkan teknologi.

Keberhasilan Reza banyak diikuti oleh pengusaha zaman now. Dengan promosi gencar melalui Instagram atau Facebook, produk yang dijual pun lebih laku terjual. Ada pula yang menggunakan strategi menjual lewat website toko online.

Untuk mendukung kepopuleran toko online, ada beragam strategi yang bisa dilakukan, antara lain dengan memanfaatkan teknik SEO. Nah, untuk membuat tulisan yang menggunakan teknik SEO, jasa penulis artikel dibutuhkan.

2.     Nanik Soelistiowati

Bisnis Rumahan
Immgrum.com

Salah seorang pengusaha yang berhasil melejitkan bisnis rumahan menjadi bisnis dengan omzet yang luar biasa adalah Nanik Soelistiowati. Wanita yang akrab disapa Bu Nanik ini membuat sebuah produk yang digemari banyak orang, yaitu Pisang Goreng Bu Nanik.

Pisang goreng yang dibuat Bu Nanik berbeda daripada yang lain. Ada aroma dan tampilan “gosong” yang ternyata disukai oleh penggemarnya. Tak heran, meskipun harganya lebih mahal dari pisang goreng biasa, Pisang Goreng Bu Nanik tetap mendapat banyak pesanan.

Usaha mula-mula Bu Nanik hanya berawal dari katering rumah tangga. Ia menawarkan katering tersebut ke karyawan-karyawan hotel di Jakarta. Ia juga menyertakan buah-buahan, termasuk pisang, dalam paket kateringnya.

Karena dinilai kurang layak untuk dikonsumsi langsung, ada pisang yang digoreng dan dimasukkan dalam menu katering. Ternyata, banyak yang menyukai idenya. Menariknya lagi, Bu Nanik tidak menggunakan gula, tetapi madu untuk menambah rasa manis pisang.

3.     Lanny Siswady

Bisnis Rumahan
AnekaSambalSambel.com

Apakah Anda tahu siapa Lanny Siswady? Anda mungkin akan lebih familier jika mendengar nama Bu Rudy. Nama ini identik dengan sambal yang sangat fenomenal, yaitu Sambal Bu Rudy. Ini adalah sambal yang sangat terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Nama suami dari wanita asli Surabaya ini adalah Rudy. Itulah sebabnya, ia juga disapa dengan Bu Rudy. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, rasanya tidak akan afdal jika tidak membawa oleh-oleh berupa Sambal Bu Rudy ini.

Usaha Bu Rudy sebenarnya juga hanya berawal dari bisnis rumahan. Bahkan, usaha ini bisa dibilang merupakan hasil dari ketidaksengajaan.

Pasalnya, alasan Bu Rudy menciptakan resep sambal adalah karena Pak Rudy sering membawa pulang ikan dan udang dari hasil memancing. Karena sayang kalau dibuang, Bu Rudy pun coba-coba mengolah ikan sekaligus membuat sambal yang diulek bersama ikan.

Hasilnya, Sambal Bu Rudy sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, produk ini dapat dipesan secara online. Jika Bu Rudy tidak kreatif mengolah hasil memancing suaminya, bisnis ini mungkin tidak akan muncul.

4.     Wati Hendrawati

Bisnis Rumahan
Yufeto.com

Ibu rumah tangga lain yang berhasil menyulap bisnis dari rumah menjadi sebuah usaha berkembang adalah Wati Hendrawati. Awalnya, wanita yang senang memasak ini mendapat order nasi kotak untuk acara di UNPAD.

Karena dinilai memuaskan dan cocok di lidah banyak orang, nama katering Wati yang diberi nama Catering Yufeto ini pun semakin dikenal oleh warga Bandung. Usaha yang telah berdiri sejak 1972 ini setiap hari terus menerima orderan dari berbagai tempat.

5.     Gigi Butler

Bisnis Rumahan
bizjournals.com

Bukan hanya di Indonesia, banyak pula pengusaha di luar negeri yang memulai bisnis besarnya dari usaha rumahan. Salah satunya, Gigi Butler. Wanita yang berasal dari Tenesse, Amerika Serikat ini membangun bisnis cupcake dari modal $33 saja.

Butler adalah seorang ibu yang memiliki anak perempuan berusia 3 tahun. Ia mencari nafkah dengan menjadi cleaning service ke rumah atau toko. Namun, suatu hari hidupnya berubah karena mendengar saudara laki-lakinya memberitahunya sebuah fakta.

Ia mendengar bahwa ada banyak orang yang mengantre demi membeli cupcake. Padahal, cupcake buatan Butler dianggap lebih baik oleh saudaranya tersebut. Sejak itu, Butler berubah pikiran dan menjadi seorang pengusaha kuliner.

Awalnya, Butler harus membobol tabungannya dan meminjam ke bank untuk memulai usaha tersebut. Dengan mengusung nama Gigi’s Cupcake, ia berhasil mendapatkan laba ribuan dollar pada bulan pertamanya.

Nah, demikian kisah lima pengusaha yang memulai kesuksesan mereka dari bisnis rumahan. Sebagian dari mereka hanya memiliki tekad dan kreativitas untuk membangun usaha. Selanjutnya, dengan ketekunan dan konsistensi, usaha tersebut terus berkembang.

Nah, apakah Anda siap untuk mengikuti jejak mereka? Selamat berjuang.

3 thoughts on “Berawal dari Bisnis Rumahan, 5 Pengusaha Ini Kini Capai Omzet Besar

  1. […] memulai usaha ini, ada baiknya untuk mengasah keahlian terlebih dahulu.Pastikan Anda dapat memberikan hasil yang […]

  2. […] Anda mengadopsinya sejak awal untuk bersaing. Buat alamat email dan akun jejaring sosial khusus bisnis, terpisah dari akun pribadi. Siapkan sedikit modal untuk cloud berbayar serta jasa hosting situs. […]

  3. […] banyak hal yang dapat dieksplor jika mau berkembang dan menjadi seorang wirausaha dari rumah. Bahkan, dengan modal yang sangat sederhana, seorang ibu rumah tangga dapat menghasilkan uang lebih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.