Posted on

Tips Membangun Bisnis Startup dari Nol

Bisnis Startup

Saat ini, bisnis startup atau perusahaan rintisan sedang menjadi primadona di Indonesia. Dengan semakin banyaknya perusahaan startup lokal yang sukses dikenal dunia seperti Gojek, Tokopedia, dan Traveloka, tak heran memang jika makin banyak anak muda yang ingin memulai startup.

Masalahnya, mendirikan startup dan membuatnya terus bertahan di tengah persangingan yang ketat bukanlah perkara mudah. Ketika mencari dana, calon investor pun tentunya tidak akan serta merta memberikan suntikan dana tanpa melihat rekam jejak dari dan kredibilitas bisnis dari sebuah startup. Nah, agar tidak salah langkah, perhatikan beberapa tips membangun bisnis startup dari nol berikut ini.

1. Miliki Niat dan Tujuan yang Jelas

Bisnis Startup
blogandjournal.com

Seperti kata pepatah, jika ada niat, pasti ada jalan. Ketika ingin memulai bisnis startup, satu hal yang harus Anda miliki adalah niat. Pasalnya, dibutuhkan niat yang kuat untuk menghadapi segala halangan dan rintangan yang muncul dalam proses perkembangan bisnis.

Selain niat, tujuan yang jelas juga diperlukan dalam memulai sebuah startup. Fokuslah dengan tujuan yang lebih besar dari sekadar untung dan kekayaan yang berlimpah. Perusahaan startup akan lebih bernilai apabila memiliki value atau dampak yang besar bagi masyarakat sekitar. Dengan tujuan yang jelas, masalah-masalah yang muncul pun pasti akan bisa dilalui dengan mudah dan membawa Anda pada tahap kesuksesan demi kesuksesan.

2. Tetapkan Ide Bisnis

Bisnis Startup
PYMNTS.com

Ide bisnis mungkin bisa ditemukan kapan saja dan di mana saja. Namun, yang menjadi masalah adalah proses eksekusi dari ide tersebut agar menjadi sebuah bisnis yang bernilai. Apabila Anda masih bingung, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat ide bisnis adalah dengan mencari masalah yang banyak dialami oleh banyak orang. Nah, solusi dari permasalahan tersebut merupakan ide bisnis yang sangat baik.

Contohnya seperti Gojek. Mereka melihat permasalahan dari masyarakat kota besar yang sering terjebak kemacetan. Di sisi lain, pengemudi-pengemudi ojek kurang maksimal dalam mendapat penumpang dan lebih sering “mangkal”. Dengan munculnya aplikasi Gojek, dua stakeholder itu pun saling mendapatkan keuntungan. Orang-orang bisa lebih mudah saat ingin bepergian ke suatu tempat, sementara sopir ojek juga diuntungkan karena lebih mudah dalam mendapat penumpang.

Namun, yang perlu diingat juga, dalam menetapkan ide bisnis sebaiknya Anda juga melihat passion yang Anda miliki. Pasalnya, suatu pekerjaan yang didasarkan pada passion akan membuat Anda lebih enjoy dalam menjalaninya.

3. Buat Rencana Bisnis

Bisnis Startup
usatoday.com

Setelah menetapkan ide bisnis, langkah selanjutnya adalah menjabarkan ide tersebut menjadi sebuah rencana yang terdiri dari beberapa tahap untuk dikerjakan dalam rentang waktu tertentu.

Yang diperlukan dalam membuat perencanaan bisnis adalah konsep yang sederhana dan hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapainya. Kemudian, usahakan untuk mengerjakan daftar rencana sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Strategi sederhana yang dilakukan di target pasar yang tepat akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dan akan membantu bisnis startup mencapai kesuksesan.

4. Lakukan Riset

Bisnis Startup
Brandingmag.com

Melakukan riset sangat penting untuk mendukung pengambilan keputusan. Pastikan Anda sudah memiliki bukti-bukti yang kuat sebelum memutuskan sesuatu, jangan hanya mengandalkan insting atau opini pribadi.

Misalnya, sebelum menentukan media sosial yang ingin dipakai untuk memasarkan bisnis, teliti dulu target pasar Anda. Apakah mereka sering menggunakan media sosial, seberapa sering mereka menggunakan media sosial, dan media sosial apa yang sering mereka gunakan. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, Anda akan terhindar dari kesalahan saat pengambilan keputusan.

5. Bentuk Tim yang Solid

Bisnis Startup
bizjournals.com

Membangun bisnis startup akan sangat sulit apabila Anda melakukannya sendirian. Untuk itu, Anda perlu anggota tim yang solid untuk terus menggali ide-ide kreatif dan membuat strategi-strategi baru dalam mengembangkan bisnis.

Untuk membuat tim yang solid, Anda bisa memulainya dengan mencari partner dengan visi dan passion yang sama. Partner ini pun juga harus siap dengan sumber modal di tahap-tahap awal perkembangan startup.

Ketika Anda sudah perlu mempekerjakan beberapa orang untuk membantu mengerjakan tugas-tugas yang tidak bisa Anda kerjakan, pemilihan karyawan yang tepat juga penting untuk menyempurnakan budaya perusahaan. Pilihlah orang-orang yang cekatan, mau belajar, dan tidak takut untuk gagal.

6. Lakukan Tes Pasar

Bisnis Startup
marketingdonut.co.uk

Melakukan tes pasar sangat penting untuk mengetahui sejauh mana produk atau jasa yang Anda tawarkan diperlukan oleh konsumen. Anda bisa melakukan tes pasar dengan membuat survei di internet atau survei langsung ke lapangan.

7. Konsisten

Bisnis Startup
Dailysocial.id

Bisnis yang dimulai dengan persiapan yang matang dan progres yang baik tentu akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Apabila startup Anda tidak menunjukkan progres yang baik dalam waktu enam bulan, Anda perlu menganalisis dan mengevaluasi strategi-strategi yang digunakan.

Sebagai pengusaha, Anda dituntut untuk selalu kreatif dan melakukan strategi-strategi baru utau memperbaiki strategi yang sudah ada. Namun apabila startup Anda menunjukkan hasil yang baik dalam enam bulan, lanjutkan proses yang Anda lakukan secara konsisten.

8. Perbesar Bisnis

Bisnis Startup
TheNextWeb.com

Dengan progres yang baik selama enam bulan, Anda dan tim bisa mulai memperbesar bisnis. Lakukan perlahan setahap demi setahap untuk menghindari kerugian yang terlalu besar apabila terjadi kegagalan dan menjaga bisnis tetap stabil meski ada perubahan. Seiring dengan bertumbuhnya bisnis, Anda pun bisa mulai mencari dana tambahan dari para investor agar startup bisa berkembang lebih besar lagi.

Nah, itulah beberapa tips untuk memulai bisnis stratup dari nol. Jangan putus asa, terus belajar, dan teladani pengusaha-pengusaha yang telah sukses di bidang yang sama. Dengan keuletan dan kerja keras yang tinggi, bukan tidak mungkin startup Anda akan mencapai kesuksesan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.