Posted on

Cloud Kitchen, Tren Baru Dalam Bisnis Kuliner Tanah Air

bisnis kuliner tanah air

Bisnis restoran yang mengusung konsep cloud kitchen mulai banyak diminati di tanah air. Banyak resto ternama yang sudah mengaplikasikannya. Konsep tersebut tentunya juga membuka peluang besar bagi Anda yang tergolong pemula di bidang usaha kuliner untuk menarik lebih banyak pembeli. Sebelum memulainya, yuk simak informasi seputar apa itu cloud kitchen dan keuntungan jika melakoni bisnis tersebut!

Mengenal Apa Itu Cloud Kitchen

bisnis kuliner tanah air

Untuk istilah cloud kitchen sendiri, banyak orang mengenalnya dengan nama dapur satelit ataupun ghost kitchen. Seluruh istilah tersebut sejatinya sama saja, yakni mendeskripsikan mengenai proses usaha kuliner di era modern seperti sekarang ini. Adapun konsep dasar dari dapur satelit ini ialah memberikan penawaran jasa pengiriman makanan kepada pelanggan. Usaha kuliner satu ini memang tidak menawarkan layanan makan di tempat kepada konsumennya.

Meski demikian, dapur satelit bisa dijadikan sebagai usaha yang serius bila ditekuni. Hal ini karena di dalamnya telah berisikan sebuah ruangan kerja dengan perlengkapan dapur serta fasilitas penunjang lainnya. Adapun fasilitas yang dimaksudkan di sini adalah selayaknya Anda memasak hidangan di dalam restoran sungguhan.

Co-working space merupakan salah satu contoh cloud kitchen dengan konsep ruangan kerja yang sama. Konsep dasarnya yaitu memberikan layanan berupa pengiriman produk masakan-jadi secara cepat. Bahkan, proses pengirimannya pun bisa dikatakan lebih unggul dari restoran konvensional lho.

Apa Saja Keuntungan Menekuni Usaha Dapur Satelit

bisnis kuliner tanah air

Bila dilihat dari segi keuntungan yang ditawarkan, dapur satelit bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan restoran konvensional. Salah satu yang paling diandalkan dari usaha ini ialah biaya operasionalnya yang sangat minim.

Jika memulai usaha dengan konsep cloud kitchen, Anda juga bisa mengurangi beban biaya operasional, seperti halnya tidak butuh sewa gedung. Sementara itu, restoran konvensional pada umumnya memerlukan gedung untuk membuka usaha kuliner. Lokasinya juga harus strategis sehingga modal yang harus dikeluarkan cukup menguras dompet.

Namun, dengan Anda memilih dapur satelit sebagai usaha, maka segala macam beban biaya di atas secara otomatis bakal berkurang. Usaha restoran dengan mengusung konsep dapur satelit juga bisa mengurangi kebutuhan pegawai secara signifikan lho. Karena itu, bagi Anda yang memiliki modal usaha minim, membuka bisnis dapur satelit bisa dikatakan adalah solusi terbaik.

Selain itu, risiko bisnis cloud kitchen di Indonesia relatif lebih kecil sehingga menjadi kesempatan emas bagi Anda yang mendambakan usaha kuliner kekinian. Nah, dengan pengeluaran biaya operasional dan inventaris dapur yang jauh lebih sedikit, nantinya pengusaha bisa lebih fokus pada kualitas dan juga cita rasa makanan yang dijual. Pun, bagi para pelanggan yang ingin memesan makanan di dapur satelit, mereka dapat melakukannya melalui jasa pesan antar, seperti halnya Grab maupun Gojek. Beberapa resto berkonsep cloud kitchen juga menyediakan jasa antar sendiri untuk meningkatkan kualitas layanan mereka.

Bagaimana Peluang Usaha Dapur Satelit di Indonesia

bisns kuliner tanah air

Konsumen zaman sekarang lebih memilih untuk memesan makanan melalui jasa pesan antar atau delivery dari gawai pintar. Itulah mengapa, sejumlah pengusaha restoran yang tidak melek teknologi justru mengalami penurunan jumlah pelanggan secara signifikan. Dari hal tersebut, kita juga bisa menyimpulkan bahwa kebanyakan pelanggan akan lebih memilih menunggu hidangan makanan sembari melakukan kegiatan lain dibandingkan harus rela antre panjang di restoran untuk memesan makanan.

Oleh sebab itulah, jika Anda ingin membuka usaha restoran dengan modal yang relatif terjangkau, alangkah baiknya mengusung konsep dapur satelit atau cloud kitchen. Hal tersebut dikarenakan peluang sukses dari bisnis tersebut begitu terbuka lebar di Indonesia saat ini.

Demikian ulasan seputar dapur satelit dan keuntungan jika Anda melakoni bisnis tersebut. Dapur satelit juga menjadi salah satu pilihan untuk siapa saja yang ingin membuka usaha di industri kuliner dengan biaya yang relatif lebih terjangkau. Nah, agar usaha cloud kitchen yang Anda jalankan makin dikenal, promosikan lewat internet juga, yuk! Tidak perlu pusing bikin konten copywriting-nya, cukup kontak Kontenesia untuk membantu Anda membuat artikel promosi yang lebih menjual. Eits bukan cuma itu, manfaatkan pula layanan caption dan deskripsi produk dari Kontenesia untuk mendongkrak penjualan produk kuliner Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.