Posted on

Mengapa Brosur Harus Terlihat Apik dan Profesional? Ini 8 Alasannya

Brosur

Salah satu bentuk media cetak yang digunakan untuk keperluan promosi adalah brosur. Biasanya, brosur berbentuk trifold. Brosur sangat penting untuk memperkenalkan produk atau informasi perusahaan kepada publik.

Sebagai alat marketing, pembuatan brosur tidak boleh asal-asalan, tetapi harus tampak apik dan profesional. Mengapa? Ada beberapa fungsi penting brosur yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Alat Serbaguna

Brosur
blog.prinzio.com

Tahukah Anda bahwa brosur merupakan alat yang paling serbaguna untuk digunakan oleh tim marketing sebuah perusahaan. Pasalnya, melalui selembar brosur, Anda dapat memberi tahu pelanggan tentang produk atau layanan Anda.

Hal ini khususnya sangat potensial dilakukan jika toko Anda berada di daerah yang ramai dan dilewati oleh banyak orang. Menyediakan brosur di bagian depan toko sangat penting karena orang yang melintas bisa langsung mengambilnya.

Brosur juga sangat efektif karena dapat dibuat berdasarkan kategori tertentu. Sebuah bank, misalnya membuat sebuah brosur untuk tiap kategori produk atau layanan yang berbeda. Pelanggan dapat memilih mengambil brosur yang sesuai.

2. Berguna Sebagai Marketing Kits

Brosur
Sribu.com

Brosur dapat dikombinasikan dengan media kit dan hadiah promosi. Media kits adalah paket informasi perusahaan atau produk yang dikirim ke media berita. Paket ini berguna untuk membuat ulasan atau cerita tentang bisnis tersebut.

Brosur dengan praktis akan memberikan gambaran sekilas tentang perusahaan jika Anda menyertakannya dalam paket giveaway, misalnya ketika memberikan tas atau T-shirt pada saat melakukan pameran di suatu event.

Menggabungkan brosur dengan benda-benda yang tampak jelas akan membuat strategi marketing lebih menarik perhatian. Peluang untuk dibaca pun pasti lebih besar.

3. Media Informasi

Brosur
sewamobiljogja.info

Brosur juga bermanfaat sebagai media informasi yang tepat. Pasalnya, ada lebih banyak ruang bagi perusahaan untuk menampilkan informasi produk dibandingkan media lain, seperti iklan di surat kabar atau majalah.

Bahkan, dengan desain trifold yang sederhana, setiap bagian brosur bisa didesain dengan warna yang berbeda. Anda bisa memisahkan tiap bagian sesuai kebutuhan, mulai dengan mengenalkan produk hingga ajakan untuk bertindak.

4. Dapat Didistribusikan dengan Mudah

Brosur
Sribu.com

Karena bentuknya yang sederhana, brosur sangat mudah didistribusikan ke berbagai tempat. Alat marketing ini sangat praktis jika dibagi-bagikan pada eventevent tertentu, termasuk pameran produk.

Brosur juga dapat menjangkau customer baru dengan lebih mudah. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan komitmen khusus untuk memberikan brosur. Anda bisa membagikannya langsung tanpa harus mengenal customer tersebut terlebih dulu.

5. Harga Lebih Terjangkau

Brosur
Medium.com

Selain bentuknya yang praktis, brosur juga memiliki beberapa keunggulan lain. Pertama, biaya untuk membuat brosur lebih murah dibandingkan menggunakan alat promosi lain, seperti baliho atau iklan di media cetak.

Menariknya lagi, jika Anda membuat brosur dalam jumlah besar, harganya biasanya akan lebih murah. Hal ini memang tergantung pada desain, konten, serta kualitas bahan brosur yang digunakan.

6. Menyampaikan Pesan Lebih Dalam

Brosur
writerpas.com

Anda bisa memanfaatkan jasa penulis artikel dan jasa desain untuk membuat brosur. Keduanya memiliki kontribusi yang sangat besar dalam menciptakan hasil akhir yang menarik.

Jasa penulis artikel akan membantu Anda membuat konten brosur yang menarik serta lengkap. Hal-hal yang penting dan esensi, yaitu yang benar-benar ingin Anda sampaikan kepada audiens, dapat ditata dengan apik dan profesional.

Sementara itu, jasa desain akan membantu Anda merangkai elemen-elemen dalam brosur, baik teks maupun gambar, supaya ada keserasian dalam desain brosur. Selain itu, tujuannya adalah supaya brosur tersebut enak dilihat dan dibaca.

7. Kesempatan untuk Menampilkan Kesan Positif

Brosur
Sribu.com

Mengapa desain produk harus terlihat apik dan profesional? Salah satu alasannya adalah karena brosur merupakan salah satu kesempatan bagi Anda untuk menampilkan kesan positif terhadap produk atau perusahaan tersebut.

Desain yang asal-asalan dan bahkan tidak mempertimbangkan kenyamanan pembaca akan menimbulkan kesan yang senada pula terhadap Anda. Demikian sebaliknya, semakin baik brosur yang Anda buat, semakin positif kesan yang dituai.

Untuk menciptakan kesan positif, ada banyak faktor yang memengaruhinya. Sebagai contoh, Anda harus memastikan kalimat-kalimatnya sesuai dengan ejaan yang baik, bahan brosur juga harus layak, desainnya pun tidak boleh asal buat.

Nah, karena pentingnya alasan ini, membuat desain brosur sebaiknya harus berdasarkan pertimbangan tertentu.

8. Membantu Penjualan

Brosur
directionguru.com

Ada beberapa tujuan dari aktivitas promosi dalam sebuah perusahaan, antara lain adalah membangun merek serta menambah penjualan. Brosur juga memiliki fungsi yang sama, khususnya dapat menambah peluang terjadinya transaksi.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan pembaca mendapati seluruh informasi yang diinginkannya dengan mudah melalui brosur.

Jika informasi tersebut tidak lengkap atau tidak mudah dipahami, tentu ia tidak akan begitu antusias untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk, memesan, bahkan membeli produk.

Apabila informasi yang terkandung di dalam produk sudah memenuhi keinginan pembaca dan informasi tersebut sesuai dengan kebutuhannya, bukan tidak mungkin ia akan langsung melakukan pembelian.

Jadi, jelas bahwa brosur merupakan alat marketing yang sangat ampuh, baik bagi perusahaan kecil atau besar. Karena itu, perusahaan sebaiknya memaksimalkan pembagian brosur, baik lewat acara tertentu maupun di tempat tertentu.

Supaya alat marketing ini dapat mencapai tujuannya dengan baik dan optimal, desain brosur harus benar-benar menarik dan sesuai dengan citra perusahaan atau ciri khas produk.

Nah, inilah beberapa hal mengenai brosur yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

One thought on “Mengapa Brosur Harus Terlihat Apik dan Profesional? Ini 8 Alasannya

  1. […] penggunaan warna pada desain merupakan keahlian yang perlu terus dipertajam oleh desainer. Pasalnya, keserasian sebuah hasil […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.