Posted on

Instagram Anda Sepi Followers dan Likes? Yuk, Tingkatkan dengan 5 Tips & Trik Menulis Caption Buat Instagram Ini!

Instagram merupakan salah satu aplikasi berbasis mobile, desktop, dan internet yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto maupun video ke pengguna lain. Tampilannya yang sederhana dan mudah dipakai membuat aplikasi ini digandrungi banyak orang terutama anak muda. Tidak jarang mereka bangga ketika melihat pengikut (followers) akun dan penyuka (likes) foto mereka meningkat pesat. Hal tersebut membuktikan bahwa foto yang mereka unggah tidak sia-sia dan diapresiasi oleh pengguna lainnya.

Namun, Instagram tidak melulu soal foto, tetapi juga caption yang dibubuhkan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik menulis caption buat Instagram yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan followers dan likes di Instagram Anda:

  1. Perhatikan Panjang Caption

Perhatikan Panjang Caption - caption untuk Instagram
Perhatikan Panjang Caption – caption untuk Instagram – KepoGaul

 

Panjang pendeknya caption tergantung dari foto yang Anda unggah. Jika ada cerita menarik di balik foto yang Anda unggah, maka tidak ada salahnya untuk membagikannya. Namun, ada baiknya jika caption yang ditulis tidak terlalu panjang dan bertele-tele.

Batas agar seluruh caption tampil/muncul di feed pengikut Anda yakni 125 karakter. Jika lebih dari itu, pengikut Anda bisa memilih tombol “More” atau “Lainnya” untuk melihat caption yang lebih lengkap. Adapun batas keseluruhan caption yang bisa Anda tulis di Instagram sebanyak 2.200 karakter.

  1. Menaruh Hal Paling Penting di Awal Caption

Menaruh Hal Paling Penting di Awal Caption - caption buat Instagram
Menaruh Hal Paling Penting di Awal Caption – caption buat Instagram – KepoGaul

Tarik perhatian pengikut Anda dengan menaruh kata atau kalimat penting di awal caption. Taruhlah tagar, mention, dan informasi tambahan lainnya di akhir caption. Tiga hingga empat baris pertama merupakan kunci dari caption yang sukses. Usahakan Anda menulis caption buat Instagram semenarik mungkin dan membuat pengikut Anda merasa penasaran. Berikan alasan bagi pengikut Anda untuk membaca caption hingga selesai.

  1. Menggunakan Tagar

Menggunakan Tagar - caption buat Instagram
Menggunakan Tagar – caption buat Instagram – Futureloka

 

Tagar (tanda pagar) atau hashtag (#) merupakan simbol untuk mencari kata kunci atau topik yang diinginkan. Simbol pencarian kata kunci ini pertama kali dipopulerkan oleh pengguna Twitter dan merambat ke Instagram. Dengan menggunakan tagar, pengguna lain dapat menemukan foto yang Anda unggah sesuai dengan kata kunci yang dicari. Hal ini tentu dengan catatan selama akun Anda tidak dikunci atau private.

Gunakanlah tagar dengan kata kunci yang populer dan banyak dicari. Saat ini batas maksimum tagar dalam sebuah caption adalah 30 tagar. Sebaiknya menggunakan tagar dengan tidak berlebihan agar tidak membingungkan pengguna yang melihat foto yang Anda unggah. Jika Anda seorang penjual online yang memiliki merek sendiri dan ingin mempromosikannya, Anda bisa membuat tagar khusus untuk merek Anda.

  1. Tidak Menggunakan Tagar yang Dilarang

Tidak Menggunakan Tagar yang Dilarang - caption buat Instagram
Tidak Menggunakan Tagar yang Dilarang – caption buat Instagram – Tribunnews.com

 

Instagram juga mempunyai beberapa tagar yang dilarang (banned hashtag) untuk digunakan. Jika Anda menggunakan tagar ini, maka dipastikan foto yang Anda unggah tidak akan muncul saat pengguna lain mencari kata kunci tersebut. Kebanyakan tagar yang dilarang Instagram merupakan kata kunci yang bersifat ofensif dan vulgar atau tidak senonoh. Namun, ada juga tagar yang dilarang (tersembunyi) tanpa alasan yang jelas. Pastikan caption bebas dari tagar terlarang ini agar foto Anda dapat ditemukan pengguna lain. Anda bisa melihat daftar tagar yang dilarang oleh Instagram dengan mencarinya di Google.

  1. Caption yang Sesuai dengan Foto

Caption yang Sesuai dengan Foto - caption buat Instagram
Caption yang Sesuai dengan Foto – caption buat Instagram – Hipwee

Caption dimaksudkan untuk menjelaskan atau menceritakan latar belakang foto yang Anda unggah. Oleh karena itu, caption dan foto tidak boleh berseberangan. Jangan sampai caption yang Anda tulis tidak sesuai dengan foto yang diunggah. Misal Anda mengunggah foto pemandangan alam yang asri, Anda bisa menulis caption yang menceritakan suasana, cuaca, dan keindahan alam tersebut. Anda juga bisa memberi quote yang berhubungan dengan alam.

 

Ternyata selain foto, caption juga mempunyai peran yang penting. Semoga tips dan trik menulis caption buat Instagram di atas bisa membantu untuk meningkatkan jumlah followers dan likes akun Anda. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Startup Kamu Masih Sepi? Cek 8 Kata-Kata untuk Caption Instagram Startup Ini

Bingung Memulai Usaha? Berikut ini 7 Cara Jualan di Bukalapak yang Bisa Kamu Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.