Posted on

Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini!

digitalmarketer.id

Peluang mendapatkan penghasilan melalui media sosial menjadi daya tarik yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, tarif untuk melakukan promosi berbayar di Instagram saja bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tidak hanya para artis yang sudah terkenal lebih dulu, Anda sendiri juga berkesempatan memperoleh keuntungan dari media sosial tersebut. Caranya? Mulailah membuat caption Instagram keren dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

 

Buat Konsep dan Perencanaan

Buat Konsep dan Perencanaan - caption Instagram keren
Buat Konsep dan Perencanaan – caption Instagram keren – i.pinimg.com

 

Bila Anda ingin memonetisasi (mendapatkan uang) dari akun Instagram, sebaiknya siapkan perencanaan atau konsep terlebih dahulu. Semakin detail perencanaan yang bisa Anda buat, semakin baik hasilnya. Biasanya, konsep utama yang perlu dibuat untuk Instagram adalah tema postingan; keserasian dan kerapian feeds, foto, maupun desain yang berkualitas; serta caption yang menarik.

 

Untuk mendapatkan penghasilan dari Instagram, Anda dapat memilih tema-tema yang “komersil” seperti traveling, kecantikan, fesyen, serta kuliner. Perbanyak caption ulasan dengan tema-tema tersebut, maka peluang Anda untuk menjadi endorser, influencer, atau buzzer akan terbuka lebar.

 

Cari Ide dan Inspirasi

Cari Ide dan Inspirasi - caption Instagram keren
Cari Ide dan Inspirasi – caption Instagram keren – cdn2.vox-cdn.com

 

Tak semua orang mampu merangkai kata dan kalimat menjadi caption yang menarik. Oleh sebab itu, Anda boleh mencari ide dan inspirasi dari berbagai sumber. Perhatikan baik-baik foto, gambar, atau desain yang akan Anda posting, lalu masukkan kata kunci yang sesuai dengan gambar tersebut ke kolom pencarian Google atau search engine lainnya. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan quotes (kutipan), jangan lupa mencantumkan nama sumbernya.

 

Misalnya saat mengunggah foto traveling, Anda bisa memakai caption Instagram keren seperti ini:

“Traveling – it leaves you speechless, then turns you into a storyteller.” –Ibn Battuta

“Travel is the only thing you buy that makes you richer.” – Anonymous

“Travel far enough, you meet yourself.” – Cloud Atlas

 

Cantumkan Call-to-Action

call to action - caption Instagram keren
call to action – caption Instagram keren – lander

 

Untuk sukses monetisasi Instagram, Anda perlu meningkatkan engagement atau daya tarik yang membuat adanya semacam keterikatan dengan followers. Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah menciptakan interaksi dan mencantumkan Call-to-Action (CTA) pada caption. Ajak mereka untuk aktif melakukan sesuatu, ketimbang hanya scrolling secara pasif. Contoh caption dengan CTA:

double tap if you find this interesting

klik link pada bio untuk info lebih detail

tuliskan pendapat Anda di kolom komentar

 

Baca juga:

 

Optimalkan Tagar

Optimalkan Tagar - caption Instagram keren
Optimalkan Tagar – caption Instagram keren – blog.sribu.com

 

Tagar (tanda pagar) alias hashtag adalah salah satu fitur penting di media sosial yang kerap disalahgunakan atau disia-siakan. Jika Anda ingin meraih keuntungan melalui Instagram, maka belajarlah untuk memanfaatkan tagar dengan sebaik-baiknya. Usahakan untuk memakai tagar dalam setiap postingan, sesuai dengan keterangan foto atau gambar yang Anda unggah. Apa gunanya? Untuk mempermudah orang lain menemukan gambar Anda, meningkatkan engagement dan shareability, bahkan bisa juga untuk menambah jumlah followers.

 

Misalnya saat Anda menggunggah foto produk kecantikan atau video tutorial dandan, maka cantumkan tagar yang cocok, seperti:

#beauty

#beautyphotography

#beautyreview

#makeup

#makeuptutorial

Jika foto atau video Anda cukup menarik dan mendapatkan banyak viewers serta likes, Anda berpeluang dihubungi oleh brand makeup untuk tawaran kerja sama endorse.

 

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan tagar dalam suatu postingan karena terkesan seperti spam. Orang bisa jengah melihatnya, bosan, dan tidak tertarik. Oleh sebab itu, hindari penggunaan tagar yang tidak perlu atau tidak sesuai dengan postingan. Penggunaan tagar yang ideal dan optimal untuk bisnis atau monetisasi adalah sekitar 10 sampai 15 tagar.

 

Itulah beberapa trik membuat caption Instagram keren agar akun Instagram Anda bisa menghasilkan uang. Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini!

  1. […] Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini! […]

  2. […] Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini […]

  3. […] Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini! […]

  4. […] Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini! […]

  5. […] Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.