Posted on

Panduan Cara Bikin Website yang Mudah dan Praktis

Cara Bikin Website

Cara bikin website kini sudah tidak sesulit yang Anda bayangkan. Pasalnya, sudah sudah ada banyak pihak penyedia layanan pembuatan website yang bisa Anda gunakan. Tanpa harus mengerti coding, sekarang Anda bisa membuat website yang Anda inginkan dengan langkah-langkah yang mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya, ikuti panduan cara bikin website yang mudah dan praktis berikut ini.

Membuat Website Sesuai Kebutuhan

Cara Bikin Website
jbklutse.com

Website terbagi menjadi beberapa kategori yang disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, sebelum membuat website, penting bagi Anda untuk menentukan website seperti apa yang ingin Anda buat.

Apakah website bertipe blog yang berisi tulisan-tulisan Anda, website toko online, website untuk promosi bisnis, website berita, forum, dan lain sebagainya. Dengan menentukan kategori web, nantinya Anda akan lebih mudah dalam mendesain layout dan membuat konten yang ingin ditampilkan.

Mencari Hosting dan Nama Domain

Cara Bikin Website
businessnewsdaily.com

Setelah menentukan website yang ingin dibuat, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari hosting dan nama domain. Web hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh sebuah website agar bisa tampil di internet. Sementara, domain adalah sebuah nama atau alamat yang menjadi identitas sebuah website.

Ibaratnya, hosting ini adalah lahan di mana Anda akan membuat rumah di atasnya, dan domain adalah alamat dari rumah tesebut. Jadi, akan percuma saja apabila Anda memiliki domain tanpa hosting karena sama saja Anda memiliki alamat tanpa memiliki rumah.

Dalam membuat domain, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal karena memilih nama domain yang tepat merupakan salah satu hal mendasar dan terpenting dalam membuat sebuah website. Apalagi, domain berfungsi untuk mengarahkan pengguna agar berkunjung ke website Anda. Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam memilih nama domain di antaranya adalah:

  • Gunakan nama yang singkat dan mudah. Pengunjung akan malas apabila harus mengetikkan nama domain yang panjang dan rumit.
  • Pastikan juga domain memiliki cara pengucapan dan pengejaan yang mudah diingat. Dengan begitu, pengguna tidak akan kesulitan ketika ingin mencari website
  • Berikan gambaran tentang website Anda lewat domain. Misalnya apabila Anda memiliki sebuah brand, Anda bisa menjadikan nama brand Anda sebagai nama domain.

Pilih ekstensi domain yang benar. Ekstensi merupakan bagian dari domain yang terletak setelah tanda titik (.). Ekstensi .com, .co, dan .id biasanya adalah yang paling banyak dipilih. Namun, ektensi ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan atau isi website Anda.

Cara BikinWebsite dengan Web Builder

Cara Bikin Website
nextsense.com

Jika sudah memiliki hosting dan menyiapkan nama domain, sekarang Anda bisa mulai membuat website. Apabila Anda belum memiliki waktu luang untuk mempelajari cara bikin website menggunakan HTML + CSS atau framework, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan situs pembuat website (web builder) gratis yang sudah banyak tersebar di internet.

Dengan layanan web builder, membuat website tak lagi harus rumit karena Anda bisa melakukannya dalam waktu beberapa menit saja. Nah, berikut adalah beberapa layanan web builder terbaik yang bisa Anda coba.

Wix

Cara Bikin Website
TechBlogNG.Net

Wix merupakan salah satu web builder yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan. Beragam fitur dan tema yang elegan bisa Anda temukan di situs ini. Untuk menggunakan Wix, Anda pun tidak harus menguasahi bahasa pemrograman, cukup drag and drop fitur yang Anda inginkan ke layout website. Menariknya lagi, Wix bisa Anda gunakan secara gratis. Namun apabila ingin mendapatkan lebih banyak fitur dan pilihan tema, ada beberapa plan yang bisa Anda pilih.

Jimdo

Cara Bikin Website
matrix-themes.com

Jimdo merupakan situs pembuatan website yang menargetkan layanannya untuk pengguna pemula. Sama seperti Wix, layanan Jimdo juga bisa Anda gunakan secara gratis, tetapi dengan fitur yang terbatas. Dalam websitenya, Jimdo mengatakan memanfaatkan kekuatan AI (Artificial Intelligence) untuk membantu pengguna membuat website hanya dalam waktu tiga menit.

Weebly

Cara Bikin Website
rfehosting.com

Weebly merupakan salah satu situs web builder yang menawarkan serangkaian fitur mumpuni. Berbasis di San Francisco, Weebly menyediakan ratusan tema website yang terbagi menjadi sejumlah kategori, di antaranya seperti blog, event, personal, portofilio, bisnis, hingga toko online. Weebly juga menyediakan plan gratis yang bisa Anda pilih, namun kapasitas server yang diberikan hanya 500 MB. Sementara untuk yang berbayar, terdapat pilihan plan Connect, Pro, dan Business dengan harga mulai dari Rp73.000 sampai Rp365.000 per bulan.

Voog

Cara Bikin Website
hiddenbrains.com

Voog merupakan situs web builder terbaik lainnya yang bisa Anda jadikan referensi. Namun, fitur yang ditawarkan tidak selengkap Wix atau Weebly. Pasalnya, Voog lebih dikhususkan untuk pengguna yang sudah mahir. Tidak ada banyak pilihan tepa di situs web builder ini, tetapi Anda diberi keleluasaan untuk mengkostumisasi sendiri.

1&1 MyWebsite

Cara Bikin Website
YouTube.com

1&1 My Website menyediakan beragam tema yang responsif, serta editor yang menyediakan banyak penyesuaian. Namun berbeda dengan layanan web builder lainnya, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp50.000 per bulan jika ingin menggunakan layanan dari 1&1 My Website.

Demikianlah beberapa panduan cara bikin website yang mudah dan praktis. Agar website Anda mudah dikenali oleh mesin pencari dan muncul di halaman teratas pencarian, satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah SEO (Search Engine Optimization).

Oleh sebab itu, dalam membuat website, pastikan Anda telah menggunakan kaidah-kaidah SEO pada elemen atau konten yang Anda tampilkan. Apabila Anda belum terlalu paham dengan SEO, jangan ragu untuk meminta bantuan pada jasa SEO prefesional. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.