Posted on

5 Cara Bisnis Online Berikut Ini Sukses Meningkatkan Penjualan

Cara Bisnis Online

Apakah Anda baru saja memulai bisnis online? Jika iya, Anda pasti mengetahui bahwa Google adalah salah satu search engine yang paling berpengaruh di dunia. Google menjadi tempat pertama orang-orang mencari informasi—baik itu mengenai produk atau pengetahuan tertentu.

Jika Anda ingin sukses berbisnis online, ada baiknya Anda mempelajari cara bisnis online bisa berkembang dengan pesat. Membangun website, membuatnya naik ke halaman pertama Google, dan memuaskan pelanggan adalah beberapa di antaranya.

Pentingnya Berada di Halaman Pertama Google

Cara Bisnis Online
finalsite.com

Sebagai pengguna Google, Anda tentu lebih tertarik pcada website yang ada di halaman pertama pencarian. Faktanya juga, 75% pengguna Google tidak pernah membuka halaman kedua. Ini berarti, berada di halaman pertama Google akan berdampak baik bagi penjualan Anda.

Namun begitu, bagaimana caranya agar website yang Anda bangun sampai di halaman pertama Google? Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pelajari.

Menjadikan Website Anda Bernilai Jual

Cara Bisnis Online
stream-seo.com

Website berfungsi sebagai representasi dari bisnis Anda. Kalau website tidak memberikan manfaat, nampaknya mustahil pengunjungnya akan terus berdatangan. Ada beberapa elemen yang penting diperhatikan dalam membangun sebuah website.

Pertama, pastikan desain visualnya bersih dan enak dilihat. Ini akan membuat pengunjung betah menjelajahi website Anda. Kedua, user interface yang mudah digunakan. Hal ini mencakup juga loading time yang cepat dan navigasi yang ramah pengguna.

Ketiga, konten yang bernilai. Konten yang Anda masukkan ke dalam website haruslah sesuai dengan kebutuhan Anda dan pengguna. Konten bisa berbentuk artikel, gambar, video, dan infografis yang berguna.

Jangan khawatir jika website Anda belum memiliki kesemuanya. Hal-hal tersebut bisa dibangun seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa bulan sekali, Anda pun wajib melakukan update agar website selalu tampil segar bagi pengguna.

Melakukan Riset Keyword

Cara Bisnis Online
ocdigitalnetwork.com

Berkaitan dengan konten, pastikan semua yang Anda sajikan berhubungan dengan jenis usaha yang Anda jalani. Apa pun bentuknya, konten harus menarik minat pengunjung website. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset keyword.

Keyword adalah kata kunci yang biasa digunakan para pengguna internet untuk mencari sesuatu. Agar mesin pencari memasukkan website Anda dalam hasil pencarian, Anda perlu memiliki konten dengan keyword yang tepat.

Untuk menentukannya, beberapa alat bisa digunakan seperti Google Keyword Planner, SEMRush, dan WordStream. Keyword memang lebih mudah diletakkan jika konten berupa artikel, tetapi bisa juga Anda gunakan sebagai tag atau judul dari gambar atau video.

Keyword ini nantinya akan membantu Anda masuk ke halaman pertama Google. Yang Anda perlu lakukan adalah memahami cara bisnis online dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO) yang benar.

Mengisi Website dengan Konten yang Sesuai

Cara Bisnis Online
ambercreative.sg

Setelah menentukan keyword, hal berikutnya yang perlu Anda persiapkan adalah konten yang berkualitas. Anda bisa menampilkan berbagai jenis konten, sesuai dengan kebutuhan. Yang terpenting, konten yang Anda buat harus relevan dan bermanfaat.

Dalam panduan cara bisnis online yang benar, konten bukan hanya bermanfaat bagi pelanggan tetapi juga membantu website Anda naik ke halaman pertama Google. Inilah mengapa Anda harus menaruh perhatian lebih ke tahap yang satu ini.

Konten pertama yang wajib ada adalah informasi mengenai produk atau jasa yang Anda sediakan. Konten harus berkualitas agar pengunjung website mengerti dan tertarik kepada apa yang Anda tawarkan.

Berikutnya, konten harus memuat keyword yang sudah dipersiapkan. Ini akan membuat website lebih mudah masuk ke dalam indeks Google. Untuk memiliki konten yang berkualitas dan sesuai kaidah SEO, Anda bisa menyewa jasa penulis artikel.

Jasa penulis tersebut akan membuat konten berupa tulisan yang enak dibaca serta berisi keyword yang sudah Anda tentukan. Selanjutnya, pelajari strategi memaksimalkan penggunaan keyword agar website cepat naik ke halaman pertama.

Memahami Sistem Kerja Google

Cara Bisnis Online
bluecorona.com

Dengan jutaan website dan banyaknya konten yang masuk setiap menitnya dari seluruh dunia, nampaknya memang sulit menembus halaman pertama Google. Nyatanya, kalau Anda bisa membuat konten yang unik dan mengerti cara kerjanya, hal tersebut mungkin dilakukan.

Ada dua istilah yang harus Anda pahami dalam sistem kerja Google, yaitu Crawler dan Algoritma. Crawler adalah sebutan untuk perangkat lunak Google yang bertugas untuk mengumpulkan seluruh website di dalam internet dan meletakkannya dalam indeks.

Sementara Algoritma adalah formula Google dalam menyusun prioritas website yang akan ditampilkan dari indeks saat pengguna melakukan pencarian. Kesimpulannya, website Anda harus melakukan SEO agar bisa masuk ke dalam sistem tersebut.

Beberapa elemen yang penting dalam kaidah SEO ini adalah keyword di judul halaman, meta-tag, meta-keyword di setiap halaman, dan penggunaan Heading yang tepat dalam artikel. Memahami SEO merupakan suatu hal penting dalam mempelajari cara bisnis online.

Selain itu, lengkapi website dengan laman Privacy Policy, kontak, dan bagian khusus untuk blog. Untuk melakukannya, Anda bisa berkonsultasi dengan pengembang website atau seorang search engine specialist.

Melakukan Interaksi dengan Pengunjung Website

Cara Bisnis Online
netsourcemedia.com

Usaha Anda dalam menarik calon penjual tidak berhenti di pembuatan konten dan menunggu ada yang tertarik untuk membeli. Interaksi dengan pengunjung website bisa meningkatkan traffic atau lalu lintasnya.

Dengan traffic yang tinggi, website Anda akan lebih mudah menarik perhatian Crawler dan masuk ke dalam indeks. Selain itu, interaksi yang baik juga bisa mengindikasikan layanan yang baik untuk pengunjung.

Interaksi bisa berupa komentar, berapa jumlah pengunjung yang membagikan website Anda, dan berapa banyak kunjungan yang dihasilkan dari share tersebut. Semakin tinggi interaksi dan kunjungan, semakin besar pula kesempatan meningkatnya penjualan.

Tentu saja, semua cara bisnis online tersebut harus diiringi dengan kualitas produk dan layanan yang maksimal.

2 thoughts on “5 Cara Bisnis Online Berikut Ini Sukses Meningkatkan Penjualan

  1. […] cakupan bisnis online yang lebih luas, bayangkan jika Anda harus melakukan promosi dengan cakupan yang sama secara […]

  2. […] luar semua yang disebutkan di atas, bisnis online juga bisa berupa website dengan lalu lintas tinggi yang menyediakan spot iklan. Jadi, pendapatan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.