Posted on

Bingung Memulai Usaha? Berikut ini 7 Cara Jualan di Bukalapak yang Bisa Kamu Coba

cara jualan di Bukalapak

Banyak orang ingin memulai usaha, tapi beberapa di antaranya bingung bagaimana memulai. Mungkin berjualan di Bukalapak adalah salah satu solusinya. Dengan membuka lapak di marketplace online ini, kamu tidak perlu bingung lagi soal biaya menyewa toko atau tempat berjualan, karena segala sesuatunya dilakukan secara online.

Cara membuka lapak di Bukalapak pun sangat mudah, dan pastinya tidak dipungut biaya alias gratis! Belum tahu caranya? Berikut ini 7 cara Jualan  di Bukalapak:

Membuat akun Bukalapak

Membuat akun Bukalapak - cara Jualan di Bukalapak
Membuat akun Bukalapak – cara Jualan di Bukalapak – i.ytimg.com

Cara membuat akun sebenarnya cukup sederhana, sama seperti membuat akun media sosial pada umumnya. Cukup isi data diri seperti nama, email, dan username. Setelah itu lakukan verifikasi data.

Siapkan Barang yang Akan Dijual

Siapkan Barang yang Akan Dijual - cara Jualan  di Bukalapak
Siapkan Barang yang Akan Dijual – cara Jualan  di Bukalapak – bukalapak.com

Selanjutnya, siapkan barang yang akan dijual. Tapi sebelum itu, cermati beberapa persyaratan dari Bukalapak, salah satunya adalah terkait barang-barang yang dilarang dijual melalui Bukalapak. Untuk mengetahui lebih jelas, kamu bisa melihatnya langsung di daftar barang terlarang yang dikeluarkan oleh Bukalapak.

Setelah paham soal aturan di Bukalapak, selanjutnya siapkan barang untuk dijual. Hal-hal yang harus disiapkan adalah: nama barang yang akan dijual, stock keeping unit (SKU), kondisi barang, harga satuan, gambar, dan label/tag.

Tuliskan Deskripsi Produk yang Informatif

Tuliskan Deskripsi Produk yang Informatif - cara Jualan  di Bukalapak
Tuliskan Deskripsi Produk yang Informatif – cara Jualan  di Bukalapak – blogspot.com

Pernahkah kamu menemukan produk yang fotonya sangat menarik di toko online, namun deskripsinya sangat sedikit? Jika tertarik membeli, tentu kamu ingin mengetahui informasi mendetail tentang produk tersebut. Akhirnya, kamu harus menghubungi penjual, dan belum tentu mendapat respons saat itu juga. Sangat merepotkan, ya?

Nah, agar pembeli tidak mengalami kejadian seperti itu di lapakmu, sebaiknya kamu mencantumkan deskripsi yang informatif dan menarik. Misalnya, jika produk yang dijual adalah tas, kamu perlu menuliskan detail mengenai ukuran, variasi warna, bahan, dan kelebihan tas tersebut.

Tidak punya waktu menuliskan deskripsi produk karena banyaknya produk yang dijual di tokomu? Tidak perlu khawatir. Kamu bisa memesan Jasa Deskripsi Produk, misalnya di Kontenesia—jasa penulis artikel profesional. Cukup dengan melakukan order dan menunggu sambil ngopi-ngopi santai, kamu akan mendapatkan deskripsi produk yang informatif dan menarik.

Baca juga:

 

Memantau Transaksi dan Sigap dalam Melayan

Memantau Transaksi dan Sigap dalam Melayan - cara Jualan  di Bukalapak
Memantau Transaksi dan Sigap dalam Melayan – cara Jualan  di Bukalapak – bukalapak.com

Pantau terus lapak kamu dengan cara pilih menu My Lapak >> Pengaturan >> Transaksi. Bukan hanya terkait penjualan saja, kamu juga bisa memantau tagihan, pembelian, dan komplain/retur.

Bila ada pembeli yang membeli produkmu, akan ada pemberitahuan melalui dashboard aplikasi yang terinstal di ponselmu, SMS, atau email. Selanjutnya, pesanan yang sudah di bayar harus segera dikirim. Sebaiknya lakukan pengiriman dan pengemasan secepat dan sebaik mungkin. Bagaimanapun, kemasan baik dan proses pengiriman yang cepat akan berpengaruh pada reputasi lapakmu.

Mendapatkan Pembayaran

Mendapatkan Pembayaran - cara Jualan  di Bukalapak
Mendapatkan Pembayaran – cara Jualan  di Bukalapak – bukalapak.com

Begitu barang sampai ke pembeli dan dikonfirmasi, pembayaran akan masuk ke saldo BukaDompet pelapak secara otomatis. Di beberapa kejadian, mungkin ada beberapa pembeli yang lupa melakukan konfirmasi, akibatnya dana belum bisa dicairkan. Tapi jangan khawatir, karena Bukalapak memiliki sistem pelacak proses pengiriman sendiri. Jadi, apabila setelah 2×24 jam barang sampai tapi pembeli belum melakukan konfirmasi, maka secara otomatis dana akan tetap diteruskan ke pelapak.

Tingkatkan Reputasimu

Tingkatkan Reputasimu - cara Jualan  di Bukalapak
Tingkatkan Reputasimu – cara Jualan  di Bukalapak – steemit.com

Reputasi pelapak sangat penting demi mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Memiliki reputasi yang baik akan semakin menarik minat berbelanja dan akan semakin dipercaya oleh pembeli. Dengan semakin banyak orang yang tertarik berbelanja, maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

Bergabung di Komunitas Bukalapak

Bergabung di Komunitas Bukalapak - cara Jualan  di Bukalapak
Bergabung di Komunitas Bukalapak – cara Jualan  di Bukalapak – amazonaws.com

Pastikan juga untuk bergabung di Komunitas Bukalapak. Dengan bergabung di sini, kamu bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama pelapak. Dari sini juga, kamu bisa mengambil pelajaran dan tips menarik agar lapakmu semakin laris dan berkembang.

Itulah cara jualan di Bukalapak. Sederhana bukan? Dengan adanya marketplace seperti Bukalapak, pengusaha kecil menengah pun dapat tetap berusaha dan berkembang. Jadi, tunggu apalagi, segera memulai usahamu dari Bukalapak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.