Posted on

Omzet Segitu-segitu Saja? Cek dulu 6 Cara Jualan di Tokopedia Ini

tokopedia - Cara Jualan di Tokopedia

Nama ‘Tokopedia’ sudah pasti tak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak, segala macam aktivitas membayar iuran bulanan, membeli tiket liburan, hingga berburu beragam kebutuhan harian bisa dilakukan hanya dengan mengetik www.tokopedia.com atau membuka aplikasinya di ponsel pintar. Solusi mudah, praktis, dan cepat, bukan?

Nah, keakraban masyarakat dengan marketplace ini membuat pedagang maupun calon pedagang berlomba membuat akun demi mencoba peruntungan. Bayangkan, tanpa perlu mengeluarkan modal untuk tempat usaha, siapa saja bisa berinteraksi dengan calon pembeli dari berbagai daerah! Tergiur dengan keuntungan yang didapat lewat Tokopedia, kini jelas makin banyak pebisnis menjual bermacam produk, yang secara otomatis membuat persaingan bisnis kian ketat. Serbasalah, ingin menjual lebih murah terancam merugi, menjual produk terlalu mahal bisa membuat pelanggan kabur. Lalu, bagaimana solusi agar omzet penjualan tak segitu-segitu saja?

Simak dulu 7 cara jualan di Tokopedia ini, karena nyatanya bisnis online tak semudah yang kita kira.

Aktif Bersosialisasi

aktif bersosialisasi - Cara Jualan di Tokopedia
aktif bersosialisasi – Cara Jualan di Tokopedia

Jangan hanya aktif di grup WhatsApp keluarga atau alumni kampus, berusahalah pula untuk aktif di lapak sendiri. Calon pembeli akan mengapresiasi merchant yang mampu membalas dengan cepat pesan pribadi maupun ajakan berdiskusi. Makin cepat mengobrol, makin cepat pula orderan masuk. Tak percaya? Buktikan sendiri!

Berikan Harga Terbaik

harga terbaik - Cara Jualan di Tokopedia
harga terbaik – Cara Jualan di Tokopedia

Seperti yang sudah disinggung di atas, harga menjadi permasalahan pelik bagi tiap merchant. Ingin menjual produk lebih murah dari kompetitor, takut terancam merugi. Sedangkan jika menjual produk terlalu mahal, pelanggan pasti kabur. Maka, rajin-rajinlah mengecek harga kompetitor dan usahakan berada sedikit saja di atasnya jika tak bisa lebih murah. Namun pastikan gambar produk Anda lebih detail, keterangan mengenai produk lebih lengkap, siapkan pengemasan terbaik, dan berikan pelayanan prima. Maka, walau produk Anda bukan yang termurah, pembeli tak akan berpaling karena merchant lebih kooperatif.  Sesekali, tak ada salahnya untuk memberikan promosi sebagai wujud apresiasi pedagang kepada para pelanggan.

Pertahankan “Bintang”

pertahankan bintang - Cara Jualan di Tokopedia
pertahankan bintang – Cara Jualan di Tokopedia

Masih ingat dengan masa sekolah dulu? Kita dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin demi mendapatkan nilai tertinggi. Sama halnya dengan berjualan di Tokopedia, standar pelayanan dan kualitas produk yang Anda jual terlihat dari jumlah bintang yang para pembeli berikan. Karena itu, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan respons yang baik pula dari para pembeli. Jika perlu, ikutlah memantau perkembangan pengiriman paket hingga sampai ke tangan pembeli, kemudian kirimkan pesan pribadi berisi ungkapan terima kasih atas kepercayaan mereka sembari mengingatkan untuk memberikan “bintang”.

Bangun Kepercayaan

bangun kepercayaan - Cara Jualan di Tokopedia
Bangun Kepercayaan – Cara Jualan di Tokopedia

Tahukah Anda, salah satu hal keunggulan dari Tokopedia adalah terpercaya? Adanya fasilitas rekening bersama membuat calon pembeli merasa lebih aman saat melakukan transaksi. Sebagai pelaku bisnis, kita pun harus menjaga kepercayaan pembeli dengan menyediakan produk terbaik dan memberikan pelayanan terbaik pula, termasuk soal pengiriman barang tepat waktu dan pengemasan paket seaman mungkin. Jika kepercayaan sudah di tangan, bisa dipastikan pembeli akan menjadi pelanggan setia.

Sebarkan Kabar Baik

Cara jualan di Tokopedia yang terakhir adalah menyisihkan sebagian keuntungan untuk memasang iklan. Ini agar produk andalan Anda berada di halaman muka sehingga lebih mudah dilihat para calon pembeli. Kemudian, jika sudah memiliki merchant di Tokopedia, bukan berarti Anda merasa puas berkutat di sana. Buatlah akun di beberapa media sosial, seperti Facebook dan Instagram, sebagai media untuk menyebarkan informasi produk yang Anda tawarkan, dengan kata lain memperluas pasar.

Jangan Setengah-setengah

Dalam berbisnis, jangan pernah melakukan segalanya setengah hati. Totalitas diperlukan, termasuk dalam hal yang terlihat sepele, seperti memberikan informasi. Biasanya, selain kualitas dan harga, calon pembeli akan menilik informasi soal merchant dan produk sebagai bahan pertimbangan sebelum berbelanja. Ungkapan ‘tak kenal maka tak sayang’ masuk akal, bukan? Anda dapat memanfaatkan jasa deskripsi produk untuk toko online dan marketplace Kontenesia demi meningkatkan minat para calon pembeli. Selamat mencoba!

 

One thought on “Omzet Segitu-segitu Saja? Cek dulu 6 Cara Jualan di Tokopedia Ini

  1. Mantap tipsnya.. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.