Posted on

Ini Dia 6 Cara Jualan Online Paling Efektif, Pasti Untung!

 

Berjualan secara online tak semudah yang dibayangkan. Setuju? Iming-iming modal kecil dan sistem transaksi yang serbapraktis justru menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar pedagang. Modal yang tak seberapa membuat pebisnis pemula menyepelekan perencanaan bisnis, padahal strategi pemasaran tetap dibutuhkan oleh bisnis sekecil apa pun jika ingin berkembang. Sementara itu, sistem transaksi serbapraktis memang sangat menguntungkan pedagang maupun pembeli, tetapi nyatanya ada saja kendala, mulai dari risiko penipuan hingga kerusakan/kehilangan barang saat pengiriman.

Kedua hal di atas hanya contoh kecil dari sekian banyak tantangan yang dihadapi oleh para pebisnis. Bagaimana, masih tertarik untuk ikut terjun dalam bisnis online? Jika ingin bisnis berkembang, bahkan jauh melampaui kompetitor, beberapa cara jualan online di bawah ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Jangan Lupakan Perencanaan Bisnis

Jangan Lupakan Perencanaan Bisnis - cara jualan online
Jangan Lupakan Perencanaan Bisnis – cara jualan online – pixabay.com

 

Tak perlu pusing mendengar kata ‘perencanaan bisnis’, karena ini tak serumit yang Anda bayangkan. Bagi pebisnis pemula, perencanaan bisnis sederhana meliputi, misalnya, berapa modal yang dimiliki, apa produk yang akan dijual, dipasarkan ke mana atau kepada siapa, dan apa target dalam beberapa tahun ke depan? Perencanaan semacam ini sangat membantu Anda dalam mengarahkan perjalanan bisnis. Pastikan juga pembukuan dilakukan dengan rapi sebagai bahan evaluasi secara berkala.

Uji Pasar

Uji Pasar - cara jualan online
Uji Pasar – cara jualan online – produk.ratakan.com

 

Begitu mengetahui jumlah modal yang dimiliki dan produk apa yang akan dipasarkan, langkah berikutnya adalah melakukan uji pasar. Ini penting untuk melihat minat pembeli terhadap produk yang Anda tawarkan. Jika tinggi peminat, Anda bisa mulai meningkatkan produksi atau stok barang, bahkan mewacanakan kenaikan harga jika memungkinkan. Soal ini, perhatikan juga langkah yang dilakukan kompetitor agar penjualan tetap bersaing.

Pasang Iklan

Pasang Iklan - cara jualan online
Pasang Iklan – cara jualan online – s2.bukalapak.com

 

Ini dia salah satu cara jualan online yang wajib dilakukan pebisnis: memasang iklan. Jika Anda memasarkan produk di marketplace, Anda bisa sekaligus mengiklankan produk di marketplace tersebut. Selain itu, manfaatkan juga layanan iklan pada medial sosial, seperti Facebook dan Instagram, memasang Google Adsense, hingga menggunakan jasa blogger atau selebgram untuk memperkenalkan produk kepada khalayak.

Pembeli adalah Teman

Pembeli adalah Teman - cara jualan online
Pembeli adalah Teman – cara jualan online – pixabay.com

 

Tahukah, jika pembeli bisa sekaligus menjadi teman bagi para pedagang? Selain harga produk yang bersaing, pelayanan menjadi hal penting bagi para pedagang dalam mempertahankan pelanggan maupun menambah pelanggan baru. Karena itu, mulai sekarang jadikan mereka sebagai teman. Berikan saran terbaik saat mereka membutuhkan masukan soal produk yang tepat, dan sebaliknya, tak apa meminta saran balik mengenai produk apa saja yang sebaiknya Anda sediakan maupun saran soal pelayanan agar lebih baik ke depan. Sebagai teman, pedagang akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.

Teliti dan Waspada

Teliti dan Waspada - cara jualan online
Teliti dan Waspada – cara jualan online – pixabay.com

 

Maraknya transaksi online membuat orang-orang yang tak bertanggung jawab memanfaatkan momen untuk mencari keuntungan pribadi. Maka, tak heran akhir-akhir ini banyak penipuan berkedok pedagang maupun pembeli. Sebagai pedagang yang baik, pastikan pembeli mendapatkan produk sesuai dengan pesanan agar tak merasa tertipu. Juga, mulailah untuk lebih teliti dan waspada saat mengecek tiap transaksi. Pastikan dana dari pembeli masuk sebelum pengiriman produk dilakukan. Kemudian, pilih ekspedisi terpercaya untuk mengantarkan pesanan agar sampai ke tangan pembeli tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

Deskripsikan dengan Detail

Deskripsikan dengan Detail - cara jualan online
Deskripsikan dengan Detail – cara jualan online – blogspot.com

 

Kelebihan dari berbelanja langsung di toko adalah pembeli dapat melihat, menyentuh, bahkan mencoba langsung produk yang diinginkan sebelum membelinya. Sementara bertransaksi secara online begitu berbeda, sehingga tugas Anda sebagai pedagang adalah memberikan deskripsi produk sedetail mungkin sehingga mampu menarik minat pembeli untuk segera bertransaksi. Maka, pastikan deskripsi produk yang Anda jual sesuai dengan kondisi dan kualitas yang sebenarnya. Manfaatkan saja bantuan dari Kontenesia, jasa penulis artikel konten profesional yang akan melayani pembuatan deskripsi produk untuk Anda. Konten akan dikerjakan oleh lebih dari 90 penulis dengan berbagai keahlian dan bidang ilmu. Nah, dengan begitu, Anda tak perlu lagi pusing memikirkan deskripsi produk dan bisa lebih berfokus pada penjualan produk.

 

Baca juga:

Omzet Segitu-segitu Saja? Cek dulu 6 Cara Jualan di Tokopedia Ini

Lebih dari Sekadar Kata-kata, Yuk Kenali Apa Itu Caption, Senjata Kekinian untuk Melejitkan Bisnismu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.