Posted on

Cara Membuat Toko Online Lebih Dikenali Mesin Pencari

Cara Membuat Toko Online

Pencarian di Google merupakan penyumbang traffic terbesar untuk website toko online. Bahkan, statistik menunjukkan bahwa 35 persen pembelian online diawali dari pencarian Google. Karenanya, tak heran jika banyak pemiliki toko online yang berlomba-lomba memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) agar websitenya mendapat ranking dan muncul di halaman pertama pencarian.

Pada dasarnya, teknik optimasi toko online tidak jauh berbeda dengan website pada umumnya. Namun karena struktur website toko online agak berbeda, ada beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat toko online lebih dikenali mesin pencari berikut ini.

1. Maksimalkan Deskripsi Produk

Cara Membuat Toko Online
trikbisnisonline.com

Deskripsi produk sering menjadi kesalahan terbesar para pemilik toko online. Pasalnya, mereka menggunakan deskripsi yang terlalu singkat, kaku, tidak informatif, atau bahkan copy-paste dari deskripsi produk resmi.

Padahal, membuat deskripsi produk yang berkualitas dan kaya informasi sangat penting untuk membuat toko online lebih dikenali mesin pencari. Dalam menulis deskripsi produk, Anda juga bisa menyertakan beberapa kata kunci untuk mempersempit fokus pencarian dan mentargetkan pembeli yang lebih spesifik.

2. Sertakan Review di Halaman Produk

Cara Membuat Toko Online
mirwans.com

Menyertakan review pelanggan di halaman produk merupakan salah satu cara membuat toko online memiliki konten yang unik dan original. Lebih dari itu, review pelanggan juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang Anda jual.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh iPerceptions, 63 persen pengunjung akan lebih memilih toko online yang menambahkan review pada websitenya. Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Reevo, review dapat meningkatkan penjualan produk hingga 18 persen.

3. Gunakan Struktur Data Schema.org

Cara Membuat Toko Online
Boostability.com

Ada lima data utama yang bisa muncul di halaman pencarian Google, yaitu nama produk, harga, diskon, review dan rating bintang, serta ketersediaan barang. Nah, untuk memunculkan data itu semua, Anda perlu menambahkan struktur data schema.org untuk produk. Apabila Anda menggunakan CMS WordPress, strategi ini bisa dilakukan dengan bantuan plugin Yoast Woocommerce versi premium atau All-In-One Schema.org Rich Snippets.

4. Masukkan Keyword yang Memiliki Commercial Intent pada Judul

Cara Membuat Toko Online
Launch2Success.com

Karena website toko online biasanya tidak banyak memiliki konten, maka judul memiliki peranan yang penting dalam website. Untuk mengoptimasi judul, Anda bisa melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner.

Namun, jangan hanya memilih kata yang volume pencariannya tinggi. Agar traffic yang Anda dapatkan lebih tepat sasaran, gunakan keyword yang memiliki commercial intent. Maksudnya, keyword tersebut digunakan oleh pengguna yang memang bertujuan untuk membeli sesuatu. Beberapa keyword yang termasuk commercial intent di antaranya seperti beli, jual [nama produk] murah, [merek produk] murah, dan lain sebagainya.

5. Hindari Menggunakan Konten Plagiat

Cara Membuat Toko Online
Kompasiana.com

Konten plagian merupakan salah satu hal yang paling tidak disukai oleh mesin pencari. Oleh sebab itu, dalam membuat deskripsi produk, sebisa mungkin buatlah isi yang kreatif dan original. Apabila banyak memiliki konten duplikat mesin pencari biasanya akan menghalau website sehingga tidak muncul di halaman pencarian. Anda tentu tidak mau hal itu terjadi pada website toko online Anda, bukan?

6. Optimasi Gambar Produk

Cara Membuat Toko Online
tandsgo.com

Saat ini, banyak orang yang mencari barang menggunakan fitur pencarian gambar di Google. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan tag judul yang tepat agar gambar produk Anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Selain judul, pastikan gambar Anda juga mengandung alt karena hal itu juga menjadi pertimbangan lain yang digunakan Google dalam mencari gambar yang relevan.

7. Buat Meta Deskripsi yang Unik

Cara Membuat Toko Online
ocdigitalnetwork.com

Membuat meta deskripsi yang unik juga penting untuk meningkatkan SEO website di mesin pencari. Karenanya, jangan membuat meta deskripsi yang sama untuk semua halaman di website Anda. Meta deskripsi ini bertujuan untuk membuat website Anda agar lebih menarik untuk diklik ketika muncul di mesin pencari.

8. Optimasi Struktur URL dan Navigasi Web

Cara Membuat Toko Online
blog.agenwebsite.com

Toko online adalah website dengan struktur yang sangat rumit. Apabila website blog atau berita, Google bisa dengan mudah mengetahui strukturnya. Namun, tidak demikian dengan website toko online. Apabila website Anda tidak memiliki struktur yang baik, halaman yang semestinya penting bisa jadi dianggap tidak penting oleh mesin pencari. Oleh sebab itu, saat membuat website, pastikan developer atau jasa pembuatan website yang Anda gunakan memahami hal ini.

9. Optimalkan Internal Link

Cara Membuat Toko Online
semrush.com

Internal link juga berperan penting dalam membuat toko online muncul di halaman pertama pencarian Google. Karenanya jangan lupa untuk menyelipkan beberapa internal link pada produk yang disoroti pada halaman utama, deskripsi produk, blog, atau about.

Selain bertujuan membuat toko online lebih dikenali mesin pencari, internal link juga akan membantu pengunjung menemukan produk-produk yang mereka inginkan. Namun, internal link ini sebaiknya juga jangan terlalu banyak karena hal itu nantinya malah akan menganggu pengunjung.

10. Perbanyak Backlink

Cara Membuat Toko Online
trafficsolder.com

Backlink adalah link dari website lain yang merujuk ke website Anda. Sama seperti internal link, backlink juga dapat mempengaruhi ranking website Anda di mesin pencari. Untuk memperbanyak backlink, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan berinteraksi melalui forum atau memberikan komentar pada blog lain yang berhubungan dengan niche bisnis Anda.

Demikianlah beberapa cara membuat toko online agar lebih dikenali mesin pencari. Apabila Anda masih belum begitu paham dengan teknik-teknik SEO di atas, Anda juga bisa memanfaatkan jasa SEO profesional untuk mengoptimasi website toko online Anda. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.