Posted on

Ingin Bisnis Viral? Begini Cara Membuat Toko Online dalam 5 Langkah Mudah

Di masa kini, ada satu aktivitas yang tak bisa ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia: mengakses internet. Bagaimana tidak? Tetra Pax Index mencatat bahwa pada tahun 2017, jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai angka 132 juta jiwa!

 

Maka, sudah bisa dibayangkan betapa potensialnya pangsa pasar di internet. Anda bisa dengan mudah menjual dan mempromosikan segala hal lewat internet, ke siapa saja, melintasi pulau, bahkan negara untuk meraup omzet yang menggiurkan. Dan yang harus Anda lakukan untuk meraih hal tersebut adalah, membuat toko online.

 

Kelebihan toko online dibandingkan toko fisik adalah, Anda tak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa tempat, dan jangkauannya pun lebih luas. Pembeli pun tak perlu susah-susah datang ke tempat Anda. Sangat praktis dan menguntungkan bukan? Untuk itu, ketahui cara membuat toko online melalui 5 langkah praktis di bawah ini:

Buat situs untuk toko online

Buat situs untuk toko online - Cara Membuat Toko Online
Buat situs untuk toko online – Cara Membuat Toko Online – i.ytimg.com

 

Langkah ini sering kali dianggap sulit bagi sebagian masyarakat. Padahal, Anda hanya tinggal memilih hosting untuk situs Anda, dan menghubungkannya dengan domain yang sudah dibeli. Anda bisa memilih hosting gratis seperti Blogspot dan WordPress, atau membeli hosting sendiri.

 

Kelebihan dari hosting gratis adalah ruang penyimpanannya yang besar, dan kekurangannya adalah sulitnya kostumisasi situs. Sementara itu, kelebihan hosting berbayar adalah kustomisasi yang lebih mudah, dan keamanan data yang lebih terjamin. Kekurangannya jelas, Anda harus membayar untuk itu. Usai memilih hosting, hubungkan situs Anda dengan domain yang telah Anda beli, supaya situs Anda terlihat profesional

Pasang plugin toko online

Pasang plugin toko online - Cara Membuat Toko Online
Pasang plugin toko online – Cara Membuat Toko Online – blogspot.com

 

Anda bisa membeli software penyedia plugin toko online, atau menggunakan plugin toko online seperti Ecwid dan Woocomerce misalnya. Lakukan instalasi plugin toko online pada situs Anda, dan letakkan plugin tersebut di tempat yang strategis agar mudah ditemukan oleh pembeli. Jangan lupa untuk mengategorikan produk supaya toko online Anda terlihat lebih rapi ya!

Siapkan foto produk

Siapkan foto produk - Cara Membuat Toko Online
Siapkan foto produk – Cara Membuat Toko Online – rancahpost.co.id

 

Foto produk-produk Anda dengan menggunakan kamera yang berkualitas. Anda tak perlu membeli kamera mahal untuk menghasilkan gambar-gambar bagus, karena zaman sekarang, sudah banyak ponsel yang menyediakan kamera berkualitas setara DSLR.

 

Gambar yang diambil dengan kamera berkualitas buruk tidak akan terlihat jelas dan membuat produk Anda terlihat murahan. Hal ini jelas akan membuat pelanggan mengurungkan niat untuk membeli produk Anda, seberkualitas apa pun produk tersebut. Kalau foto-foto produk Anda telah siap, masukkan ke dalam plugin toko online yang sebelumnya telah Anda pasang ya!

Siapkan deskripsi terbaik

Siapkan deskripsi terbaik - Cara Membuat Toko Online
Siapkan deskripsi terbaik – Cara Membuat Toko Online – blogspot.com

 

Cara membuat toko online yang keempat adalah menuliskan deskripsi produk. Hal ini merupakan elemen yang penting lho dalam pembuatan toko online. Pasalnya, deskripsi yang baik akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. Sementara itu, deskripsi dengan tata bahasa yang kacau akan membingungkan pelanggan dan mengurungkan niat mereka untuk membeli. Anda pun pasti berpikiran sama, bukan?

 

Bila tak terbiasa membuat deskripsi produk, Anda bisa menggunakan jasa penulisan deskripsi produk seperti yang disediakan oleh Kontenesia. Jasa deskripsi produk yang disediakan oleh Kontenesia tidak hanya mampu menyentuh sisi emosional pelanggan, tetapi juga informatif dan lugas.

Unggah foto produk dan deskripsi

Unggah foto produk dan deskripsi - Cara Membuat Toko Online
Unggah foto produk dan deskripsi – Cara Membuat Toko Online – konsultaninter.net

 

Setiap plugin memiliki aturan pengunggahan yang berbeda-beda. Namun, biasanya plugin toko online memiliki konsep pengunggahan yang serupa, seperti adanya kolom pengunggahan gambar produk yang diikuti dengan kolom harga, dan kolom deskripsi produk. Isi semua kolom secara teliti dan hati-hati ya. Jangan sampai ada kesalahan foto, kesalahan penulisan pada deskripsi, apalagi kesalahan harga.

 

Bila semua langkah cara membuat toko online telah Anda lakukan, kini Anda tinggal merapikan toko online dengan tema menarik dan informasi kontak yang jelas. Oh ya, Anda juga bisa lho, membuat penayangan blog di toko online, seperti misalnya tips yang relevan dengan produk Anda. Selamat berbisnis di dunia maya!

 

Baca juga:

Ini Dia 6 Cara Jualan Online Paling Efektif, Pasti Untung!

Omzet Segitu-segitu Saja? Cek dulu 6 Cara Jualan di Tokopedia Ini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.