Posted on

Cara Membuat Website yang SEO Friendly

Cara Membuat Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk mengoptimasi suatu website agar lebih dikenali oleh mesin pencari. Jauh sebelum website diluncurkan dan diakses oleh pengguna, sudah semestinya Anda mempelajari teknik-teknik optimasi agar website lebih mudah bersahabat bagi pembaca dan juga mesin pencari, atau dalam kata lain “SEO friendly”.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat website yang menyenangkan bagi pembaca sekaligus bisa dikenali dengan mudah oleh mesin pencari? Yuk, simak tips-tips selengkapnya berikut ini.

Utamakan User Experience

Cara Membuat Website
blog.appdynamics.com

User Experience atau UX tentu harus menjadi perhatian utama ketika mendesain suatu website. Sebab, akan sia-sia apabila Anda mengoptimasi SEO sebaik mungkin apabila website tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna.

UX sendiri pada dasarnya merupakan aktivitas serta respon user ketika menjelajadi suatu website, dari mulai berapa lama mereka membaca suatu artikel, seperti apa respon mereka terhadap artikel yang dibaca, halaman-halaman apa saja yang mereka buka, bagian-bagian mana saja yang mereka klik, dan lain sebagainya.

Logikanya, semakin betah seorang user menjelajahi website, maka semakin berkualitas juga isi web tersebut karena nyaman dikunjungi. Dalam hal ini, eberapa faktor yang mempengaruhi pengalaman pengguna ketika menjelajahi website meliputi desain layout, navigasi, ukuran dan jenis font, kesalahan ejaan (typo), kecepatan loading, interaksi yang baik, responsive design, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin, sajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan user sebagai target utamanya.

Sertakan Teks yang Sudah Dioptimasi

Cara Membuat Website
perfectsearchmedia.com

Teks akan selalu menjadi bagian terpenting dari suatu website. Pasalnya, teks yang Anda gunakan dalam sebuah website akan selalu terbaca oleh mesin pencari. Apabila Anda menggunakan teks hasil copy-paste dari website lain, mesin pencari akan langsung tahu dan lambat laun website Anda pasti akan dihalau dari mesin pencari.

Karenanya, penting untuk menyertakan teks yang sudah dioptimasi agar website lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dan muncul di urutan teratas pencarian. Anda bisa menambahkan judul yang bagus dan menarik, deskripsi singkat tak lebih dari 160 karakter, serta beberapa kata kunci yang relevan. Kata kunci bisa Anda letakkan pada bagian title, meta description, navigation, H1, H2, dan H3, bullet points, alt text, internal links, footer links, URL, serta file gambar.

Optimasi Nama File pada Gambar

Cara Membuat Website
agenciagana.com

Cara membuat website agar SEO friendly berikutnya adalah dengan mengoptimasi nama file yang digunakan untuk gambar. Misalnya apabila Anda menampilkan gambar iphone 6 pada website, buat namanya menjadi iphone6.jpg, jangan image11.jpg.

Google kini telah memiliki fitur pencarian berdasarkan gambar. Jadi, nama file pastinya akan menjadi pertimbangan Google untuk mencari hasil yang tepat. Apabila website Anda adalah website toko online, pencarian berdasarkan gambar ini pun juga bisa menjadi pintu masuk untuk meningkatnya traffic ke website Anda.

Selain nama file, sertakan juga alt pada setiap gambar karena tag tersebut dapat meningkatkan visibilitas gambar di Google. Caption yang jelas juga wajib Anda perhatikan karena teks caption juga menjadi acuan Google dalam menampilkan hasil yang relevan.

Redirection 301

Cara Membuat Website
sumydesigns.com

Ketika Anda mendesain ulang website, bisa jadi ada halaman yang sudah tidak dipakai dan dihapus. Pengunjung yang mengakses halaman biasanya akan diarahkan ke halaman 404, tetapi mesin pencari biasanya masih bisa menemukan halaman tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan redirection 301 untuk mengarahkan user ke halaman yang baru jika memang halaman yang lama sudah tidak lagi dipakai. Redirection 301 akan menyelamatkan Anda dari kehilangan traffic dan memberitahu bot mesin bahwa halaman yang lama sudah diganti dengan halaman baru.

Bagikan Konten yang Berkualitas

Cara Membuat Website
writemyarticle.com

Salah satu unsur penting yang dapat meningkatkan SEO website Anda adalah konten. Website dengan artikel yang berkualitas dan menarik akan lebih banyak dikunjungi daripada website dengan artikel yang membosankan. Oleh sebab itu, pastikan website Anda membagikan konten yang berkualitas agar pengunjung lebih betah berkunjung ke website Anda.

Memposting artikel yang baru secara berkala juga penting untuk membuat pengunjung tidak bosan dengan artikel yang itu-itu saja. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan riset dan menulis artikel sendiri, Anda juga bisa menggunakan jasa penulis artikel profesional.

Tambahkan Internal Link

Cara Membuat Website
syscomminternational.com

Internal link adalah link yang mengarah ke halaman yang masih dalam satu website. Menambahkan internal link juga perlu dilakukan karena dapat membuat website Anda lebih bagus di mata mesin pencari. Namun, pastikan agar internal link tidak terlalu banyak karena hal itu dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan membuat website Anda mendapat penalti dari Google.

Perhatikan Keyword Density

Cara Membuat Website
fabrikbrands.com

Keyword density adalah intensitas munculnya keyword dalam satu halaman artikel. Keyword memang penting untuk membuat website lebih dikenali oleh mesin pencari. Namun keyword yang terlalu banyak muncul juga tidak terlalu bagus karena dapat membuat user merasa tidak nyaman ketika mengakses website.

Gunakan URL Pendek yang Mengandung Keyword Utama

Cara Membuat Website
cbronline.com

Optimasi text dengan menggunakan URL pendek yang mengandung keyword utama juga bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan SEO. Jadi semisal permalink asli artikel Anda adalah /tips-menulis-artikel-yang-seo-friendly-yang-wajib-anda-ketahui.html, Anda bisa menggantinya dengan /tips-menulis-artikel-seo-friendly.html.

Apabila Anda menggunakan URL yang panjang, mungkin memang lebih banyak keyword yang masuk. Namun kekurangannya keyword utama akan susah bersaing.

Demikianlah beberapa cara membuat website agar SEO friendly. Apabila Anda masih bingung dalam menarapkan teknik-teknik SEO di atas, Anda juga bisa memanfaatkan jasa SEO profesional untuk membantu mengoptimasi dan meningkatkan traffic web Anda. Semoga bermanfaat.

One thought on “Cara Membuat Website yang SEO Friendly

  1. […] beberapa cara buat website agar lebih menarik dan menjual. Untuk meminimalisir kesalahan saat pembuatan website, sebaiknya buat dulu desain dan tentukan apa saja yang ingin Anda tampilkan di setiap halamannya. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.