Posted on

5 Cara Menjual Barang di Tokopedia Paling Simpel yang Bisa Anda Ikuti

cara jualan di tokopedia

Di zaman sekarang ini, hampir semua hal bisa dilakukan dengan cara online, termasuk proses jual beli. Salah satunya lewat Tokopedia, market place yang didirikan oleh Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009 dan resmi diluncurkan ke pasar umum pada tanggal 17 Agustus 2009. Pada tahun 2014, Tokopedia juga pernah meraih penghargaan sebagai Marketers of The Years dari lini e-commerce dalam acara Markplus Conference 2015.

Nah, bagaimana? Ingin memulai berjualan di Tokopedia, tapi masih bingung bagaimana mulainya? Jangan khawatir. Di sini, kami akan membeberkan 7 cara menjual barang di Tokopedia paling simpel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Registrasi dan Buka Toko Anda

Registrasi dan Buka Toko Anda - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Registrasi dan Buka Toko Anda – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

 

Pertama, Anda harus registrasi untuk membuat akun di Tokopedia. Cara membuatnya cukup sederhana, langsung saja masuk ke https://accounts.tokopedia.com/register, lalu isi segala data yang diperlukan. Selanjutnya klik daftar dan Anda telah sukses membuat sebuah akun di Tokopedia.

Setelah masuk halaman awal Tokopedia, langsung klik ikon “Buka Toko” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, isi semua data yang diperlukan. Untuk memilih nama toko, sebaiknya pikirkan matang-matang, karena nama yang sudah dibuat tidak bisa diubah lagi.

Cantumkan Foto dan deskripsi produk yang menarik

http://modalblog.com
Cantumkan Foto dan deskripsi produk yang menarik – Cara Menjual Barang di Tokopedia – modalblog.com

Saat berjualan secara online, setidaknya ada 2 elemen yang sangat berpengaruh terhadap penjualan, yaitu foto dan deskripsi produk. Foto produk memberi kesan pertama terhadap pembeli. Dari foto inilah pembeli mendapat gambaran dari produk yang Anda jual. Namun, foto saja tidak cukup. Pembeli perlu mengetahui informasi tentang produk ini secara detail. Dari sanalah kemudian pembeli akan memutuskan apakah produk Anda sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa sembarangan memasukkan deskripsi produk. Selain informatif, deskripsi produk haruslah menarik dan ditulis dengan rapi. Jika unsur-unsur ini tidak terpenuhi, bisa jadi pembeli salah memahami deskripsi produk dan akhirnya kecewa terhadap pelayanan toko Anda. Karena alasan inilah, diperlukan keterampilan menulis yang mumpuni untuk membuat deskripsi produk. Jika perlu, mintalah bantuan dari penulis berpengalaman, seperti Kontenesia—jasa penulis artikel profesional yang menyediakan Jasa Deskripsi Produk.

Selain foto dan deskripsi produk, Anda juga perlu memasukkan informasi tambahan, seperti jumlah stok tersedia. Hal ini sangat penting, karena pembeli butuh informasi secara detail terkait barang yang akan dibeli.

Tunggu Pesanan dari Pembeli

Tunggu Pesanan dari Pembeli - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Tunggu Pesanan dari Pembeli – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

Sekarang, Anda tinggal menunggu pesanan datang dari calon pembeli. Jika ada pesanan, Tokopedia akan mengirimimu email pemberitahuan. Anda juga sebaiknya harus sering mampir ke toko untuk melayani pertanyaan maupun keluhan. Bagaimanapun juga, respons cepat terhadap pembeli adalah salah satu cara menarik mereka untuk berbelanja.

Tokopedia memberi waktu tiga hari untuk merespons pesanan yang datang, Anda bisa menolak atau menerimanya. Jika menolak, maka Anda harus memberikan alasan yang jelas.

Baca juga:

Segera Kirim Pesanan kepada Pembeli

Segera Kirim Pesanan kepada Pembeli - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Segera Kirim Pesanan kepada Pembeli – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

 

Setelah pembeli melakukan proses pembayaran, Anda harus secepatnya memproses pesanan tersebut. Jangan lupa masukkan nomor resi pengiriman untuk memudahkan pembeli melacak lokasi pesanan.

Terima Dana Hasil Penjualan

Terima Dana Hasil Penjuala - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Terima Dana Hasil Penjuala – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

Paket akan sampai dalam beberapa hari kemudian, tergantung lokasi dari masing-masing pembeli. Setelah sampai, pembeli diharuskan melakukan konfirmasi barang diterima. Secara otomatis dana akan langsung diteruskan ke akun Anda.

Nah, tapi bagaimana jika pelanggan lupa melakukan konfirmasi barang diterima. Jangan khawatir, apabila terjadi kasus seperti itu, secara otomatis dana hasil penjualan akan langsung diteruskan ke saldo Tokopedia Anda.

Nah, begitulah cara menjual barang di Tokopedia. Cukup sederhana, bukan? Yuk, segera buka toko di Tokopedia, dan dapatkan pelanggan pertama Anda!

2 thoughts on “5 Cara Menjual Barang di Tokopedia Paling Simpel yang Bisa Anda Ikuti

  1. […] 5 Cara Menjual Barang di Tokopedia Paling Simpel yang Bisa Anda Ikuti […]

  2. […] 5 Cara Menjual Barang di Tokopedia Paling Simpel yang Bisa Anda Ikuti […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.