Posted on

5 Cara Efektif Menjadi Content Creator yang Impresif

Di era digital seperti sekarang ini, profesi content creator kian diminati. Anda bisa menuangkan kreativitas dalam sebuah konten yang relevan dan dibutuhkan banyak orang. Selain itu, profesi tersebut juga dapat dalam menciptakan content marketing yang mengesankan. Namun, sebelum Anda terjun ke dunia kreatif yang satu ini, ada baiknya untuk mengetahui lebih jauh mengenai bagaimana cara menjadi seorang content creator yang baik.

Cara Menjadi Content Creator Profesional

content creator

Content creator umumnya membuat konten seperti video, audio, gambar (foto, infografis, dan lain sebagainya), dan teks. Konten tersebut kemudian dipakai untuk menyebarkan informasi yang dilakukan dengan cara mendistribusikannya melalui media dan platform digital. Berikut ini tipsnya!

1. Menentukan industri yang ingin Anda tekuni

content creator

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis industri yang diminati. Lalu, bagaimana caranya? Anda bisa memulainya dengan menemukan hobi pada suatu bidang, atau mencari tahu apa bakat yang dikuasai. Hal tersebut dapat membantu dan mempermudah Anda dalam memproduksi konten sebagai creator pemula.

2. Mempelajari target audiens Anda

content craetor

Berikutnya, pelajari siapa target audiens dari industri atau konten yang Anda ciptakan. Anda bisa mulai mencari tahu mengenai umur, gender (jenis kelamin), pekerjaan, domisili (tempat tinggal), status (single atau menikah dan punya anak), dan platform digital yang paling sering diakses oleh target audiens Anda. Dengan mengumpulkan semua data itu, Anda akan tahu apa jenis konten digital yang paling relevan dan disukai oleh audiens.

3. Menentukan style and voice Anda dalam berkreasi

content creator

Ada begitu banyak creator di dunia digital saat ini sehingga Anda perlu menemukan style and voice yang bisa digunakan dalam membangun komunikasi yang baik dengan audiens. Bukan hanya menjadi unik dan berbeda, ya. Lebih dari itu, Anda harus bisa menyesuaikan gaya bahasa dan komunikasi yang relevan dengan target audiens. Untuk itu, cari tahu apakah target audiens Anda lebih menyukai konten yang menggunakan style and voice yang santai dan ceria, ataukah justru condong ke gaya yang lebih serius?

4. Menjalin kolaborasi dan aktif di media sosial

Kolaborasi juga merupakan salah satu cara untuk menjadi pembuat konten yang sukses, khususnya bagi Anda yang baru terjun di bidang ini. Banyak platform digital yang menyediakan fitur untuk berkolaborasi, terutama di jejaring sosial. Nah, jangan ragu untuk memanfaatkannya, ya. Untuk itu, sebelumnya coba cari tahu siapa saja creator-creator sukses yang menciptakan konten di niche yang sama dengan Anda.

5. Update info terkini dan terus belatih

content creator

Selalu mengikuti perkembangan topik yang sedang hangat diperbincangkan menjadi poin penting untuk Anda garis bawahi. Ini merupakan langkah yang perlu Anda lakukan agar dapat mengoptimalkan potensi konten Anda. Namun, tentunya topik yang sedang tren ini harus tetap relevan dengan industri yang Anda geluti.

Selain itu, terus berlatih membuat konten yang berkualitas juga jauh lebih penting daripada hanya fokus menghasilkan konten yang viral. Berlatih secara terus menerus akan mengasah kreativitas dan kemampuan Anda untuk menjadi seorang creator yang tidak hanya andal, tetapi juga memiliki value yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Jenis-jenis Content Creator

content creator

Setelah mengetahui langkah-langkah menjadi seorang pembuat konten yang mengesankan, kini saatnya menentukan jenis content creator yang ingin Anda geluti. Dilansir dari laman Influencer Marketing Hub, terdapat empat jenis pembuat konten, yaitu:

1. Youtube Creator

cara efektif menjadi content creator

Jenis pertama adalah pembuat konten yang menghasilkan konten berupa video untuk didistribusikan melalui platform Youtube. Beberapa jenis konten digital yang biasa diproduksi oleh seorang Youtube creator antara lain video tutorial, review produk, unboxing, vlog, interview, livestreams, Q and A dan lain sebagainya.

2. Podcast Creator

content creator

Jika Anda memiliki kemampuan storytelling yang baik dan menyukai konten digital berupa audio, menjadi seorang podcast creator bisa menjadi opsi terbaik. Ada banyak platform yang bisa Anda manfaatkan untuk menyebarkan konten audio atau podcast, salah satu yang paling populer adalah Spotify.

3. Social Media Creator

Jika Anda memutuskan untuk menjadi creator di media sosial, pastikan jenis konten yang dibuat sesuai platform yang dipilih. Misalnya saja, Instagram lebih fokus pada visual sehingga Anda sebaiknya membuat konten seperti video dan foto yang didukung dengan caption.

4. Web Content Creator

Konten yang dihasilkan umumnya berupa teks atau tulisan yang dibagikan melalui website. Jenis konten teks digital yang bisa Anda ciptakan, antara lain: artikel blog, landing pages, ebook, review produk, hingga copywriting.

Itulah informasi umum mengenai bagaimana menjadi seorang content creator, yang tidak hanya berbakat tetapi juga bisa bemanfaat bagi audiensnya. Apabila mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dalam bentuk tulisan, Kontenesia siap memberikan solusi terbaik untuk konten digital Anda. Mulai dari layanan pembuatan artikel yang ramah SEO, caption, hingga copywriting yang dapat menggugah pembaca, semua tersedia di Kontenesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.