Posted on

Strategi Memaksimalkan Digital Marketing dalam Bisnis

strategi memaksimalkan digital marketing

Dalam dunia bisnis saat ini, kita mengenal istilah digital marketing. Sesuai dengan namanya, bisnis digital marketing memanfaatkan teknologi serta media digital dalam membuat dan memasarkan sebuah produk. Selain itu, di masa pandemi seperti sekarang, digitalisasi pemasaran juga dinilai sebagai cara paling efektif bagi dunia bisnis untuk tetap bertahan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang belum paham betul soal cara memaksimalkan peluang bisnis di dunia digital. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut agar lebih memahaminya!

Kelebihan Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

digital marketing

Sebelum menggunakan digital marketing sebagai solusi dalam meningkatkan penjualan, ada baiknya kita mengetahui apa saja kelebihan memanfaatkan teknologi digital dalam berbisnis. Berikut ini kelebihan digital marketing dalam dunia bisnis.

1. Lebih cepat dalam mengenalkan produk dibanding lewat promosi secara langsung.

 digital marketing

Sebagian besar kalangan milenial telah meninggalkan SMS dan beralih ke Whatsapp, Telegram, Line, dan media chatting lainnya karena dianggap lebih praktis. Oleh karenanya, pemasaran produk menggunakan media digital akan lebih praktis dan cepat. Selain itu, peluang untuk menarik perhatian lebih banyak pembeli potensial juga lebih besar dibandingkan harus promosi secara langsung.

2. Efektif dan lebih hemat.

digital marketing

Saat ini, ada banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menggunakan teknologi digital sebagai media penjualan karena lebih hemat dan efektif. Mereka tidak perlu mengeluarkan energi dan modal yang cukup besar untuk memasarkan dari satu orang ke orang lain.

3. Pemasaran yang lebih luas.

digital marketing

Dengan memanfaat internet, kita bisa dengan mudah memasarkan produk ke seluruh wilayah Indonesia dan bahkan hingga ke luar negeri. Itulah mengapa, kini banyak pebisnis yang mampu menjual produk mereka hingga ke luar negeri.

4. Hasil dari kegiatan pemasaran lebih mudah untuk dipantau dan dievaluasi.

digital marketing

Dalam melakukan bisnis berbasis digital, Anda bisa memantau kegiatan penjualan dengan praksi, tanpa harus mencatat ulang. Secara otomatis, proses digital akan merekam semua jejak data-data penjualan, dari berapa jumlah produk yang terjual, jumlah pemasukan dan pengeluaran, dan lain sebagainya.

Memaksimalkan Digital Marketing untuk Penjualan

Setelah kita mengetahui kelebihan digital marketing, langkah selanjutnya ialah bagaimana memaksimalkannya dalam dunia bisnis.

● Menyebarkan Iklan yang Berkualitas

Untuk memaksimalkan penjualan produk, buatlah iklan yang berkualitas. Anda bisa menggunakan jasa digital marketing dengan memesan layanan advertising. Kemudian, pasang iklan di website resmi Anda atau platform media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Selain itu, tentukan juga salah satu produk yang akan menjadi andalan brand Anda. Hal ini karena kebanyakan orang biasanya tertarik pada produk yang menjadi highlight.

● Melakukan Campaign Rutin

digital marketing

Dalam melakukan metode interactive ini, Anda akan lebih bisa mempererat komunikasi dengan audiens. Biasanya, campaign dilakukan di website resmi atau akun media sosial perusahaan. Agar lebih maksimal, sebaiknya lakukan kampanye secara rutin, ya.

Selain itu, Anda juga bisa mengaitkan produk dengan aktivitas tertentu yang mungkin sedang tren di kalangan milenial, atau aktivitas keseharian yang dapat membuat audiens memahami pentingnya produk tersebut.

● Konsep Konten yang Menjual

strategi memaksimalkan digital marketing

Gunakan kata-kata yang menjual. Nantinya, konten tersebut dapat dipasang di iklan dan campaign brand Anda. Di samping itu, konten dengan konsepnya yang menjual dapat menjadi aset perusahaan untuk penjualan jangka panjang lho.

● Memanfaatkan SEO dan SEM Semaksimal Mungkin

Dalam dunia digital marketing kita mengenal istilah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Kedua hal itu dapat membantu website perusahaan Anda untuk meningkatkan traffic audience. Jika Anda bisa memaksimalkan SEO dan SEM, peluang website perusahaan berada di halaman utama mesin pencarian akan jadi lebih besar. Hal itu tentunya akan memengaruhi potensi orang-orang memilih produk Anda.

Copywriting yang Menarik

 

Bisa dibilang, copywriting merupakan kunci utama dalam digital marketing. Dalam meningkatkan penjualan melalui iklan, media sosial, campaign, maupun konten website,  Anda perlu menggunakan copywriting yang menarik. Tidak perlu repot, kini ada banyak jasa digital marketing yang melayani pembuatan copywriting maupun advertising. Salah satunya adalah Kontenesia yang sudah berpangalaman dalam pembuatan copywriting artikel atau caption di media sosial.

Itulah beberapa strategi dalam memaksimalkan digital marketing dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.