Posted on

Kreatifkan Postingan Anda dengan 5 Fitur Caption Facebook yang Tidak Ada di Instagram Ini

www.ai-media.tv

Anda pasti sudah tidak asing dengan Facebook. Jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan tahun 2004 ini sudah memiliki miliaran pengguna aktif, yang sebagian besar menggunakan telepon genggam atau smartphone. Semenjak kemunculan Instagram di tahun 2010, peringkat kepopuleran Facebook sempat merosot. Tidak ingin berlama-lama berada di bawah, Facebook semakin gencar mengembangkan fitur-fiturnya untuk memanjakan pengguna setia Facebook.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan beragam fitur caption Facebook yang tidak ada di Instagram. Fitur ini juga membedakan Facebook dan Instagram sebagai jejaring sosial yang digemari semua orang. Dengan berbagai fitur ini, Anda bisa mengkreasikan hasil unggahan Anda dan membagikannya ke sesama pengguna Facebook. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

Menulis Caption Tanpa Foto

Menulis Caption Tanpa Foto - caption Facebook
Menulis Caption Tanpa Foto – caption Facebook – assets.kompasiana.com

 

Jika di Instagram Anda diharuskan menggunggah foto kemudian menuliskan caption, di Facebook Anda bisa langsung menulis dan membagikan caption tanpa harus menggunggah foto terlebih dahulu. Kotak caption Facebook atau yang biasa disebut “Status” ini merupakan fitur dasar yang bisa Anda dapatkan di halaman “Home” akun Facebook Anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai stiker, keterangan perasaan, dan aktivitas yang sedang dilakukan ke dalam status Anda. Dengan limit 63.206 karakter, tentu Anda bisa menulis caption sepanjang dan sebanyak yang Anda inginkan.

Caption dengan Latar Belakang Warna-warni

Caption dengan Latar Belakang Warna-warni - caption Facebook
Caption dengan Latar Belakang Warna-warni – caption Facebook – 1.bp.blogspot.com

 

Bosan dengan tampilan caption yang polos dan ingin menarik perhatian teman Facebook Anda? Facebook sekarang menyediakan berbagai pilihan latar belakang dengan warna dan motif beragam yang bisa Anda gunakan saat menulis caption. Fitur yang dirilis beberapa waktu lalu ini sempat menjadi tren di kalangan pengguna Facebook. Namun sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan melalui aplikasi di smartphone. Jika Anda menggunakan PC, maka fitur ini tidak akan muncul di pilihan kotak caption.

Menambahkan Caption ke dalam Foto

Menambahkan Caption ke dalam Foto - caption Facebook
Menambahkan Caption ke dalam Foto – caption Facebook – JasaBuatWebMurah

 

Anda ingin menambahkan teks ke dalam foto, tetapi tidak mempunyai aplikasi yang memadai? Di Facebook, Anda bisa langsung menambahkan teks caption saat menggunggah foto. Berbeda dengan Instagram yang hanya memberikan pilihan berbagai filter untuk foto, Facebook menawarkan fitur yang lebih lengkap. Anda bisa menyunting foto dengan memberi filter, menambahkan caption (teks), hingga stiker khas Facebook ke dalam foto yang akan diunggah. Fitur ini tentu membuat Anda tidak perlu membuang-buang ruang memori untuk aplikasi sejenis di smartphone.

Menambahkan Caption ke dalam Video

Menambahkan Caption ke dalam Video - caption Facebook
Menambahkan Caption ke dalam Video – caption Facebook – Ceritaihsan

 

Facebook juga merilis fitur untuk menambahkan caption ke dalam video. Fitur ini dihadirkan untuk membantu para pengguna Facebook yang mengalami masalah pendengaran atau tunarungu.

Ada dua cara untuk menambahkan caption ke dalam video. Cara pertama adalah dengan mengunggah file dengan format SubRip (srt). Bagi Anda yang belum mengerti atau tidak bisa membuat file dengan format ini, Facebook menawarkan cara yang lebih mudah yaitu dengan menambahkan caption secara otomatis ke dalam video. Anda cukup mengunggah video ke Facebook, tunggu beberapa saat agar Facebook dapat menghasilkan caption video, dan simpan. Caption akan muncul dengan sendirinya di dalam video. Anda juga bisa menyunting caption agar sesuai dengan video yang Anda unggah.

Berjualan Menjadi Lebih Mudah

Berjualan Menjadi Lebih Mudah - caption Facebook
Berjualan Menjadi Lebih Mudah – caption Facebook – blogspot.com

 

Anda seorang penjual online dan ingin menjajakan barang dagangan Anda di jejaring sosial? Jika di Instagram semua keterangan harga serta deskripsi produk dijadikan dalam satu caption seperti layaknya unggahan biasa, maka berbeda halnya dengan Facebook yang menawarkan fitur “Sell” dalam grup publik yang Anda ikuti. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengunggah foto produk dengan menambahkan deskripsi produk, harga, hingga lokasi dalam kotak caption yang tersedia. Anda juga bisa memantau perkembangan produk yang Anda unggah tersebut dan menandai jika barang sudah terjual.

 

Nah, itu tadi beberapa fitur caption Facebook yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan hasil unggahan Anda di Facebook! Adakah fitur yang sudah pernah Anda coba?

 

Baca juga:

Wow, 4 Artis Indonesia Ini Pernah Posting Caption Instagram Keren Banget

Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.