Posted on

5 Contoh Perusahaan yang Buktikan Facebook Ads adalah Kunci Sukses

Facebook Ads adalah

Sebagai pemilik bisnis baru yang masih kecil, beriklan mungkin bisa jadi hal yang menakutkan. Selain khawatir akan biayanya yang besar, Anda juga pasti cemas tentang seberapa efektif iklan yang Anda pasang dengan kemajuan bisnis Anda. Facebook Ads adalah salah satu cara beriklan yangdipilih oleh semua pelaku industri dari berbagai kelas meski hanya dengan dana yang sangat kecil.

Facebook Ads adalah fitur yang disediakan oleh platform jejaring sosial Facebook bagi Anda yang ingin berpromosi dan mengiklankan halaman Fan Page. Ini dilakukan untuk memperluas jangkauan sesuai dengan pengaturan yang dibuat oleh pengiklan. Seberapa besar efektivitas beriklan di Facebook? Simak beberapa contoh perusahaan yang sukses dengan kampanye Facebook yang mereka jalankan berikut ini!

1. Beericana-Giveaway

Facebook Ads adalah
engadget.com

Beericana merupakan sebuah festival bir dan musik yang ingin melakukan kampanye untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke acara mereka di North Carolina. Mereka memerlukan cara cepat untuk menaikkan jumlah database serta meningkatkan awareness akan festival yang mereka adakan.

Beericana lantas melakukan giveaway yang dipromosikan lewat iklan Facebook. Orang-orang yang ingin mengikuti giveaway hanya perlu memasukkan nomor telepon dan email. Setelah mendaftar, pelanggan menerima email yang isinya promosi acara festival.

Apa yang berhasil didapatkan perusahaan melalui promosi ini? Ada 45.000 impression di postingan iklan mereka hanya dalam 12 hari. Lebih dari 500 email dan nomor telepon masuk database Beericana, keuntungan 25 kali lipat dari jumlah yang dihabiskan untuk beriklan serta penjualan tiket melebihi $5.000.

2. Erika Volk Fitness-Kelas Gratis

Facebook Ads adalah
sitepronews.com

Perusahaan fitness ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan ideal untuk dimasukkan ke dalam mailing list mereka. Dengan iklan senilai $20 per hari, Erika Volk Fitness mempromosikan kursus email gratis mereka lewat Facebook. Dengan mengklik iklan, pengguna akan dibawa ke halaman di mana mereka bisa mendaftar untuk kelas gratis. Hasilnya, Erika Volk Fitness mendapatkan 1.892 email berlangganan dan 11.850 pengunjung unik dalam satu bulan.

3. Route 32-Diskon

Facebook Ads adalah
adplus.co.id

Untuk mendapatkan pelanggan  baru, Route 32 yang merupakan perusahaan penyedia jasa pelayanan kesehatan gigi membuat iklan yang berisi diskon. Sebagai tempat yang dikenal kurang menyenangkan (siapa yang suka dibawa ke dokter gigi?), mereka ingin menghadirkan image yang positif. Route 32 mulai menggunakan gambar-gambar yang menyenangkan dan lucu untuk memberikan diskon $99 pada pelanggannya melalui halaman Facebook.

Route 32 memberikan contoh bahwa bisnis apapun bisa beriklan di Facebook, bukan hanya perusahaan dengan kesan yang menyenangkan dan santai saja. Selagi Anda bisa menargetkan calon pelanggan yang tepat dan menggunakan konten kreatif, Facebook bisa jadi penuntun yang andal bagi target pasar untuk menemukan Anda.

4. FlatRate Moving-Pindah Bebas Stress

Facebook Ads adalah
meramuda.com

FlatRate merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pindah rumah. Melalui iklan Facebook, mereka sukses menaikkan angka pemesanan. Mereka berusaha mengubah pola pikir orang-orang yang beranggapan bahwa pindah rumah adalah hal yang merepotkan. Dengan menghilangkan segala aspek negatif yang berhubungan dengan pindah rumah, mereka memanggil semua calon pelanggan untuk menggunakan jasa yang disediakan.

Kunci penting dalam beriklan kadang tidak ada kaitannya dengan diskon atau promo menarik. Kadang Anda hanya perlu menonjolkan diri dan menunjukkan keunggulan perusahaan Anda dengan bisnis lain yang sejenis. Mencoba menyentuh sisi sensitif dan perasaan kadang menjadi cara terjitu menarik pelanggan baru.

5. Redmaster Designer-Bukti Langsung

Facebook Ads adalah
bluecreative.co.id

Salah satu kesulitan dalam menjual jasa adalah karena Anda membicarakan hal-hal yang tidak bisa dilihat atau dipegang. Dalam hal ini, Anda bisa meniru langkah yang dilakukan Redmaster Designer. Mereka memajang beberapa hasil desain mereka dan membiarkan orang-orang memutuskan sendiri apakah Redmaster Designer memang yang mereka butuhkan.

Bukti langsung yang bisa Anda jadikan materik iklan di Facebook bisa beragam bentuknya. Ada yang berupa testimoni, foto before-after atau studi kasus. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menunjukkan (bukan menceritakan) keberhasilan yang sudah Anda lakukan untuk memuaskan pelanggan.

Bagaimana dan Kenapa Anda Harus Menggunakan Facebook Ads?

Facebook Ads adalah
Medcom.id

Yang pertama kali harus Anda lakukan sebelum menggunakan jasa iklan Facebook adalah membuat Fan Page sendiri. Isinya bervariasi tergantung apa yang ingin Anda iklankan. Bisa berupa layanan produk,individu hingga perusahaan. Pengaturan yang bisa Anda buat sebagai pengiklan antara lain berupa wilayah geografi, jenis kelamin, umur, status pernikahan, pendidikan hingga minat.

Facebook bukan hanya tempat yang bagus untuk promosi B2C (Bussiness to Customer). Dengan miliaran pengguna aktif setiap harinya, siapapun klien ideal Anda semua bisa terhubung di Facebook. Mulai dari CEO, manajer hingga direktur perusahaan IT, semua ada di Facebook dan bisa ditargetkan melalui iklan yang Anda pasang.

Beriklan di Facebook juga akan memudahkan Anda melakukan pengukuran. Dengan Facebook Pixel, Anda bisa melihat dengan jelas traffic situs Anda serta meneliti prilaku pengunjung saat melihat situs Anda. Apakah mereka membeli sesuatu? Halaman apa yang mereka buka? Apakah mereka menghubungi layanan pelanggan Anda.

Dengan berbagai informasi pendukung semacam ini, Anda bisa melihat apakah ada kemungkinan menjual produk melalui saluran penjuaan lain. Meneliti perilaku online pelanggan juga memungkinkan Anda menemukan cara menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap.

Sebelum beriklan, penting untuk menciptakan kesan yang positif. Jangan memasang tautan yang salah atau memiliki maksud berbeda di halaman iklan Facebook Anda. Banyak perusahaan mengirimkan tautan spam yang akhirnya membuat target iklan Anda frustasi dan merasa ‘ditipu’.

Selain lima perusahaan di atas, ada banyak bisnis lain yang berhasil membuktikan bahwa Facebook Ads adalah sarana beriklan yang efektif. Facebook akan membantu Anda menemukan calon pelanggan potensial dan bagaimana terhubung kembali di kemudian hari untuk menjadikan mereka pelanggan tetap Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.