Posted on

Mengenal FB Ads, Strategi Iklan Generasi Milenial

FB Ads

FB Ads atau Facebook Ads merupakan salah satu jenis iklan digital yang menawarkan berbagai macam produk di platform media sosial, yaitu Facebook dan Instagram. Keunikan iklan ini dibanding iklan komersial lainnya adalah jangkauannya yang cukup luas.

Hampir semua umur, bangsa, hingga gender bisa dijangkau oleh iklan digital tersebut.Tidak heran jika banyak orang yang tertarik memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk mereka.

Mengapa Memilih Facebook Ads?

FB Ads
sojern.com

Meskipun basis utama iklan Facebook adalah media sosial, tetapi platform yang digunakan bukan media sosial biasa. Menurut sebuah survei pada tahun 2015, jumlah pengguna Facebook mencapai angka 1 miliar dan tersebar di hampir seluruh negara di dunia.

Salah satu negara yang termasuk aktif dan memiliki banyak pengguna adalah Indonesia, yaitu sekitar 54 juta orang.Jadi bisa dibayangkan bukan? Mengapa banyak orang yang memilih menggunakan media sosial seperti Facebook sebagai platform iklan mereka.

Jumlah penggunatersebut tentu saja sangat potensial jika dilihat dari kaca mata bisnis. Dengan memanfaatkan Facebook Ads, berarti Anda memiliki kesempatan untuk memasarkan produk ke 1 miliar orang dengan berbagai latar belakang tanpa batasan.

Ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan kelas dunia yang ikut mempromosikan produk mereka melalui iklan Facebook, seperti: Microsoft, Amazon, Mozilla, Avira, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads?

FB Ads
livechatinc.com

Untuk dapat memanfaatkan layanan iklan digital dari Facebook, pemilik usaha harus menjadi pengguna media sosial tersebut dan memiliki Fanpage. Fanpage merupakan laman khusus dari Facebook sebagai wadah interaksi dengan pelanggan.

Karena bersifat khusus, Fanpage biasanya digunakan oleh keperluan bisnis dan komersial seperti komunitas, perusahaan, market place, hobi, dan selebritas. Nah, setelah memiliki Fanpage, barulah pemilik usaha bisa membuat Facebook Ads.

Setidaknya ada dua jenis iklan yang bisa kita. Yaitu, CPM (Cost per 1000 Mille) dan CPC (Cost per Click). Untuk CPM, pemilik produk biasanya akan dikenai pembayaran ketika iklan telah ditayangkan sebanyak 1000 kali ke pengguna Facebook lain yang menjadi target.

Sedangkan untuk CPC, pengiklan akan dikenai biaya setiap FB Ads diklik oleh pengguna media sosial Facebook dan Instagram. Soal efektivitas, dua jenis Facebook Ads di atas sama-sama potensial membuat iklan kita dilihat oleh banyak orang.

Untuk membayar iklan yang kita buat di Facebook, ada beberapa metode yang dapat dipilih, yaitu melalui transfer bank, kartu kredit, rekening maya (misal: Paypal), hingga kartu kredit.

Mata uang yang digunakan pun tergantung tempat tinggal pengguna Facebook. Jadi Anda tidak perlu khawatir harus membayar dengan Dolar Amerika.

Cara Membuat Facebook Ads yang Menarik

FB Ads
Shutterstock.com

Sama seperti iklan komersial lainnya, untuk membuat Facebook Ads yang menarik dibutuhkan konten informatif, unik, dan memiliki target audiens yang tepat. Untuk hal ini, biasanya dibutuhkan jasa penulis artikel dan jasa iklan Facebook yang tepat.

Misalnya: seorang pemilik toko pakaian perempuan online ingin membuat iklan di Facebook, agar efektif, maka iklan yang dibuat harus ditargetkan pada audiens perempuan yang merupakan pelanggan utama mereka.

Jadi, pemilik usaha harus membuat iklan dengan konten yang menarik bagi perempuan. Nah, apabila Anda tertarikmemanfaatkan Facebook dan Instagram untuk membuat iklan digital, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar iklan menarik. Di antaranya:

1. Gunakan teks copy writing yang tepat

FB Ads
getsocialwithkayla.com

Media sosial seperti Facebook biasanya menyediakan tempat untuk menulis judul iklan sepanjang 25 karakter dan deskripsinya sekitar 135 karakter. Keterbatasan tersebut tentu akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin.

Jadi jika ingin membuat Facebook Ads, pastikan Anda menggunakan narasi promosi atau teks copy writing yang menarik. Hindari menggunakan kalimat panjang lebar yang berguna.

Bahkan kalau perlu, berikan poin-poin singkat yang mengandung kalimat call to action sehingga pembaca tertarik untuk mengklik iklan Anda. Untuk membuat copy writing yang tepat, manfaatkan jasa penulis artikel.

2. Gunakan gambar yang menarik

FB Ads
webdesigntraining.co.in

Salah satu ketentuan memasang FB Ads adalah menggunakan gambar tidak bergerak. Jadi jika ingin banyak orang mengklik iklan Anda, buatlah gambar untuk Facebook Ads yang semenarik mungkin.

Agar efektif, ikuti ketentuan dari Facebook tentang ukuran gambar yang tepat.Untuk iklan, media sosial ini memberlakukan aturan berupa ukuran gambar yang tidak melebihi 5 MB saat diunggah.

Dimensi gambarnya pun ditentukan, yaitu sekitar 110 pixel untuk lebar, dan 80 pixel untuk tinggi. Jika ketentuan ini tidak terpenuhi, gambar yang diunggah biasanya akan di-resize secara otomatis sehingga kualitasnya menurun.

Agar efektif, manfaatkan jasa iklan Facebook untuk membuat gambar ads yang berkualitas, efisien, dan menarik.

3. Pilih target iklan yang tepat

FB Ads
MarketingLand.com

Salah satu kelebihan memasang iklan di Facebook adalah, Anda bebas menentukan target audiens yang diinginkan sehingga iklan muncul pada halaman pengguna yang sesuai dengan target.

Melalui fitur tersebut, pengiklan bisa bebas memilih target audiens berdasarkan usia, tempat tinggal, jenis kelamin, minat, status hubungan, tingkat pendidikan, pekerjaan, hingga bahasa yang digunakan.

Jadi saat memilih sasaran iklan, pastikan Anda memilih audiens yang tepat agar iklan yang dihasilkan tampak menarik dan membuat mereka tergerak untuk mengklik Facebook Ads. Selain efektif, cara ini juga akan membuat biaya iklan lebih hemat.

Membaca penjelasan di atas, tidak heran jika FB Ads disebut sebagai salah satu platform iklan paling tepat untuk generasi milenial di era digital ini. Karena zaman sekarang, internet dan teknologi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Jadi, Apakah Anda tertarik menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk?Semoga bermanfaat.

One thought on “Mengenal FB Ads, Strategi Iklan Generasi Milenial

  1. […] Iklan Facebook memungkinkan Anda menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan lokasi, minat, usia, jenis kelamin, perilaku online dan faktor lainnya. Membuat iklan di Facebook juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuat nama yang keren, sedikit gambaran tentang bisnis Anda, gambar serta tautan ke kontak usaha Anda. Bagaimana cara membuat iklan Facebook? Simak langkah-langkahnya berikut ini! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.