Posted on

7 Alasan Kenapa Bisnis Anda Bisa Semakin Besar dengan Iklan Google

iklan Google Ads

Ada banyak sekali cara berpromosi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Selain menggunakan jasa iklan Facebook, Google merupakan salah satu opsi yang banyak dipilih oleh para pengusaha. Sebagai perusahaan mesin pencari, iklan Google memang diakui memiliki jangkauan yang sangat luas. Google adalah situs yang pertama kali dicari saat seseorang ingin mengetahui tentang sesuatu di internet.

Melakukan promosi baik dengan iklan Google atau Google Adwords sama-sama bisa membawa perusahaan Anda ke target pasar yang lebih luas. Mengapa?

1. Tidak Memerlukan Biaya Besar

iklan Google Ads
dollarsprout.com

Dibandingkan beriklan secara offline, melakukan promosi online memang jauh lebih murah. Ini juga yang menjadi salah satu kelebihan beriklan lewat Google. Dengan bujet awal senilai ratusan ribu rupiah dan sebuah akun Google Adwords Anda sudah bisa membuka tawaran untuk kata kunci yang akan digunakan orang untuk menemukan bisnis Anda.

Ketika seseorang mengetikkan kata tersebut di halaman mesin pencari, iklan Anda akan muncul. Saldo Anda baru akan dikurangi jika ada orang yang mengklik halaman promosi Anda. Jika tidak, maka itu akan terhitung sebagai iklan Google gratis untuk Anda. Mudah sekali, bukan?

2. Mudah Mengontrol Bujet

iklan Google Ads
Medium.com

Ada bisnis yang nilai iklan perkliknya bisa mencapai ratusan dolar. Namun, kebanyakan kata kunci untuk Adwords ternyata tidak begitu mahal harganya. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda dapat menentukan batasan anggaran harian, tawaran maksimum dan lain sebagainya dalam pengaturan bujet iklan yang dibuat. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus menerus memantau iklan dan tak perlu cemas akan menghabiskan dana lebih dari yang direncanakan. Biaya per klik juga bisa Anda tentukan sendiri.

3. ROI (Return of Investment) yang Menjanjikan

iklan Google Ads
ghanatalksbusiness.com

Banyak orang perhitungan soal bujet iklan yang akan mereka keluarkan. Apakah nanti iklan akan berhasil dan keuntungan meningkat? Google Adwords mampu meningkatkan kunjungan website dan itu artinya Anda akan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan klien atau calon pembeli.

4. Iklan Lebih Tepat Sasaran

iklan Google Ads
ruleranalytics.com

Salah satu cara beriklan yang salah adalah menargetkannya pada orang yang tidak tepat. Dengan menggunakan Google Adwords, pengunjung situs Anda biasanya adalah orang-orang yang berpotensi akan membeli atau menggunakan produk yang Anda iklankan. Kenapa? Karena iklan via Google hanya akan tampil di halaman orang yang sedang mencari atau pernah mengetikkan kata kunci bisnis Anda di halaman pencari.

5. Mudah Mengatur Lokasi

iklan Google Ads
Medcom.id

Keuntungan lain beriklan secara online adalah Anda bisa menentukan di wilayah mana iklan tersebut akan ditampilkan. Pemilihan lokasi ini bisa berdasarkan wilayah tertentu seperti kota, kabupaten, provinsi hingga negara. Ini sangat menguntungkan terutama bagi bisnis Anda yang bergerak di pasar lokal.

6. Mudah Mengatur Bahasa Iklan

iklan Google Ads
Komando.com

Ada beberapa wilayah yang masyarakatnya lebih merasa senang dan dekat saat kita menggunakan bahasa mereka. Langkah ini bisa Anda gunakan saat beriklan dengan Google. Atur bahasa tertentu untuk wilayah tertentu agar kunjungan ke situs Anda semakin bertambah.

7. Kunjungan Instan

iklan Google Ads
ocdigitalnetwork.com

Menggunakan SEO adalah salah satu cara menaikkan posisi situs Anda di halaman pencarian. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda memerlukan waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan Google Adwords, Anda bisa menampilkan iklan di halaman pertama pencarian secara instan. Jadi ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci dari iklan Anda, situs Anda akan berada di barisan atas. Ini tentu akan menaikkan klik dan menaikkan kunjungan ke situs bisnis Anda.

Perbedaan Iklan Google Adwords dengan Iklan via Facebook

iklan Google Ads
wpprime.com

Facebook dan Google merupakan dua platform yang sama-sama efektif digunakan untuk beriklan. Apa yang membedakan keduanya?

  • Hal paling mendasar yang membedakan iklan Google dengan Facebook adalah maksud pencarian oleh pengguna. Orang memilih Google, biasanya memang memiliki tujuan untuk mencari sebuah produk, sementara iklan dari Facebook muncul berdasarkan ketertarikan pengguna terhadap sesuatu
  • Google adalah tentang strategi marketing yang penuh, sementara Facebook banyak digunakan untuk membangun brand awareness yang sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis baru
  • Ketika membuka Google, pengguna biasanya punya misi tertentu. Misalnya, Anda adalah pengguna yang ingin membeli mesin rumput. Yang akan Anda lakukan tentu saja mengetik kata kunci yang berkaitan dengan mesin rumput di Google, bukan? Sebaliknya, iklan Facebook akan muncul kepada siapapun meski orang itu tidak sedang mencari produk Anda. Meski begitu, ini malah menjadi keuntungan tersendiri karena bisa membangun brand awareness bagi orang-orang yang awalnya tidak mengenal bisnis Anda.
  • Perbedaan lain yang paling mencolok antara kedua platform iklan ini adalah biaya per-klik. Dengan Adwords, pengiklan bisa menghabiskan lebih dari satu juta per-klik dalam industri yang kompetitif. Di Facebook, Anda bisa membayar puluhan ribu rupiah saja tergantung pada faktor penargetan untuk iklan yang Anda pasang.

Banyak orang memilih Facebook Ads karena kemampuannya menargetkan calon pelanggan berdasarkan faktor tertentu seperti umur, jenis kelamin dan minat. Ini akan memudahkan Anda mengatur siapa orang-orang yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda.

Dengan Google, Anda bisa memilih kata kunci terbaik untuk menuntun pengguna ke halaman situs Anda. Orang-orang ini biasanya memang sejak awal memiliki niat untuk ‘menemukan’ Anda sehingga lebih besar kemungkinan tertarik dengan apa yang Anda jual.

Lalu mana yang lebih baik di antara keduanya? Promosi dengan menggunakan jasa iklan Facebook atau iklan Google sama baiknya. Yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikannya dengan bujet dan target pasar Anda. Sebagian orang suka dengan Google karena lebih terarah sementara sebagian yang lain merasa mendapatkan ROI lebih tinggi dengan Facebook. Penting untuk menggabungkan berbagai jenis promosi untuk membuat bisnis Anda semakin besar.

2 thoughts on “7 Alasan Kenapa Bisnis Anda Bisa Semakin Besar dengan Iklan Google

  1. […] SEO yang tepat adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Menggunakan Google Adwords akan membantu Anda menemukan daftar kata kunci dengan tingkat pencarian paling […]

  2. […] dari CEO, manajer hingga direktur perusahaan IT, semua ada di Facebook dan bisa ditargetkan melalui iklan yang Anda […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.