Posted on

Strategi Membuat Iklan Facebook Semenarik Mungkin

Iklan Facebook

Setiap pembuatan iklan, entah dalam bentuk TV commercial atau billboard dibutuhkan strategi yang tepat. Hal tersebut juga berlaku pada iklan digital yang ada di media sosial atau internet seperti iklan Facebook.

Perkembangan teknologi dan meningkatnya angka pengguna internet membuat iklan di media sosial seperti Facebook Ads dianggap lebih efektif dan hemat.Iklan di media sosial mudah diakses sehingga efek call to action-nya lebih kuat daripada iklan konvensional.

Meskipun kelihatannya lebih menjanjikan daripada iklan biasa, bukan berarti Facebook Ads dibuat secara sembarangan.Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk membuat FB Ads yang menarik, di antaranya:

Menayangkan Facebook Ads di saat yang tepat

Iklan Facebook
Oberlo.com

Jika pada iklan komersial di televisi waktu yang tepat untuk tayang adalah sekitar jam 7 sampai 9 malam, untuk iklan di media sosial, waktu yang tepat adalah sekitar jam makan siang dan malam hari.

Karena pada waktu-waktu tersebut banyak orang yang mulai beristirahat dari kegiatan sehari-hari mereka. Dalam waktu senggang tersebut, biasanya mereka bersantai sambil bermain media sosial.

Jadi apabila Anda ingin FB Ads yang dibuat menimbulkan efek call to action secara efektif, tayangkan iklan Anda saat jam makan siang (sekitar jam 12 sampai 2 siang) atau malam hari (sekitar jam 7 sampai 9 malam).

Buat desain FB Ads yang menarik

Iklan Facebook
improvephotography.com

Dalam dunia digital, visualisasi merupakan faktor utama yang mebuat sebuah iklan menarik atau tidak. Nah, agar iklan Facebook yang dibuat efektif dan menarik, buatlah desain yang mampu memikat mata orang dalam waktu singkat.

Untuk membuat desain yang menarik, Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi atau situs foto gratis yang ada di internet seperti: Pixabay, Pexels, atau Unsplash. Jika ingin hasil yang lebih profesional, gunakan jasa iklan Facebook.

Desain pada iklan digital memang memegang peranan penting. Karena biasanya tujuan utama iklan semacam ini bukan hanya menimbulkan ketertarikan terhadap produk tetapi juga efek call to action.

Agar setiap pengguna yang melihat iklan Anda bereaksi, dan tergugah untuk mengklik iklan tersebut.

Buat FB Ads sesuai dengan target audiensi yang menjadi sasaran

Iklan Facebook
adtaxi.com

Bagi seorang perempuan, iklan berwarna merah muda dengan gambar bunga atau hal lucu lain mungkin tampak menarik. Tapi bagi konsumen pria, hal yang sama belum tentu mampu merangsang ketertarikan mereka.

Nah, jika ingin iklan di media sosial seperti Facebook tampak menarik, buatlah iklan sesuai dengan target audiensi yang menjadi sasaran. Misalnya: Anda menjual produk sparepart motor.

Maka Facebook Ads yang dibuat harus sarat dengan nilai maskulin sehingga konsumen laki-laki tertarik untuk melihat atau bahkan mengklik iklan. Jadi sebelum membuat iklan, pastikan Anda benar-benar paham target audiensi yang ingin dijangkau.

Menghadirkan nuansa personal pada Fb Ads

Iklan Facebook
mediatrust.org

Salah satu pendekatan yang sering dilakukan para pembuat iklan adalah pendekatan personal. Iklan yang menggunakan pendekatan semacam ini biasanya cenderung terlihat lebih menarik, dibanding iklan lain.

Nah, agar FB Ads yang dibuat lebih efektif dan membuat orang tertarik, tambahkan sentuhan personal ke dalam iklan yang dibuat. Buatlah iklan yang menyinggung masalah pribadi dan membuat produk Anda sebagai solusi terhadap masalah itu.

Misalnya, Anda bisa membuat copy writing “Noda bandel sulit dibersihkan? Gunakan deterjen kami!” untuk iklan produk pembersih pakaian. Dengan memberikan pertanyaan personal, Anda bisa mudah menarik perhatian pengguna Facebook.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk membuat copy writing yang efektif. Jasa tersebut dibutuhkan mengingat Facebook memberikan ruang terbatas untuk membuat narasi yang tepat sasaran.

Tambahkan testimoni konsumen pada FB Ads

Iklan Facebook
reliablecounter.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa narasi pada sebuah iklan Facebookdibuat dengan bahasa semenarik mungkin. Bahkan beberapa dilengkapi dengan tagline heboh sehingga oengunjung Facebook tertarik untuk melihat iklan.

Narasi heboh dan menarik memang cukup efektif, tetapi alangkah baiknya jika kita menggunakan pendekatan yang lebih nyata dengan mencantumkan testimoni dari pelanggan setia.

Dengan mencantumkan testimoni nyata, secara tidak langsung Anda akan membuat calon konsumen yakin bahwa produk yang dijual memang seperti yang dipromosikan.

Tambahkan penawaran menarik pada FB Ads

Iklan Facebook
Engadget.com

Siapa yang tidak suka dengan diskon atau bonus? Inilah mengapa menambahkan penawaran menarik pada sebuah Facebook Ads merupakan salah satu strategi efektif agar iklan tampak menarik.

Selain membuat orang merasa tertarik, penambahan penawaran pada iklan di media sosial dapat menimbulkan efek call to action yang efektif. Sehingga calon konsumen tidak akan ragu untuk mengklik iklan dan melihat produk yang dijual.

Tuliskan kalimat CTA di akhir FB Ads

Iklan Facebook
QuantumDigital.com

Tujuan utama pembuatan sebuah iklan adalah menjadikan orang tertarik dengan produk yang dijual. Untuk itu diperlukan kalimat CTA (call to action) untuk meningkatkan awareness dan engagement calon konsumen terhadap produk.

Dalam dunia advertising, CTA merupakan strategi klasik untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Inilah mengapa, penambahan kalimat call to action pada FB Ads merupakan suatu “kewajiban.”

Biasanya, kalimat CTA dibuat singkat tetapi cukup menarik, seperti: “dapatkan penawaran menarik sekarang!,” atau “Cari tahu yuk!.” Meskipun terlihat sepele, tetapi kalimat tersebut cukup efektif untuk meningkatkan minat calon konsumen.

Nah, itulah beberapa strategi advertising yang bisa kita gunakan untuk membuat iklan Facebook tampak menarik. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bermanfaat. Selamat beriklan!

One thought on “Strategi Membuat Iklan Facebook Semenarik Mungkin

  1. […] Eyewear banyak memposting foto-foto bagus dari pelanggan dan menyertakannya dalam Facebook Ads yang mereka pasang. Mereka juga berhasil membangun hubungan baik dengan komunitas lewat penggunaan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.