Posted on

7 Strategi Mempromosikan Konten Blog Antigagal

konten blog

Meskipun menjanjikan, mengelola blog ternyata bukan hal yang mudah. Tugas utama pemilik blog tidak hanya membuat konten, tetapi juga mempromosikannya. Sebab pembaca tidak akan datang dengan sendirinya tanpa undangan atau promosi yang sesuai, apalagi jika blog tergolong baru dan belum memiliki pembaca sama sekali.

Promosi pada blog penting sebab hal ini akan meningkatkan angka kunjungan ke website kita. Semakin banyak pengunjung tentu saja kesempatan untuk muncul di halaman pertama Google dan menjadi populer juga akan semakin besar. Lalu, bagaimana cara mempromosikan konten blog yang tepat?

Berikut merupakan beberapa strategi yang bisa kita terapkan saat mempromosikan blog, di antaranya:

1. Memiliki konten yang berkualitas

15 blog post yang bisa meningkatkan pengunjung blog

Sebelum dipromosikan, pastikan konten yang dimiliki cukup berkualitas dan menarik. Kualitas yang dimaksud bukan hanya dari segi judul, tetapi juga isi dan tampilan konten. Buatlah konten dengan struktur yang rapi, menggunakan sub heading, dan penempatan kata kuncinya sesuai.

Pada bagian isi, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sesuai dan mudah dipahami, memiliki alur yang tepat, dan mampu menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah pembaca (solutif). Apabila sebuah konten tidak memiliki kualitas sebagaimana yang telah disebutkan, jangan lakukan promosi dulu.

Perbaiki isi konten agar saat dipromosikan dan orang tertarik untuk membaca, mereka tidak akan ragu untuk melihat konten lain yang ada di blog sehingga angka kunjungan (traffic) pun bisa meningkat.

2. Mempromosikan di forum online

tampilan depan website kaskus.co.id

Forum online merupakan salah satu platform yang bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan blog. Sebab biasanya, platform semacam ini memiliki beberapa forum terpisah sesuai topik yang telah ditentukan. Jadi apabila melakukan promosi, usaha yang kita lakukan bisa tepat sasaran sesuai dengan target konten.

Di Indonesia, ada banyak forum online yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah forum online tertua dan terbesar, Kaskus. Di Kaskus terdapat berbagai forum dengan berbagai topik mulai dari teknologi, otomotif, olahraga, wisata, kuliner, hingga kecantikan.

Jika melakukan promosi di forum besar semacam Kaskus, bisa dipastikan angka kunjungan akan meningkat dan peluang untuk bisa muncul di mesin pencari Google pun semakin besar.

3. Memanfaatkan media sosial

postingan foto di facebook kontenesia

Untuk memperluas jangkauan promosi, manfaatkan media sosial yang kita miliki untuk mempromosikan konten blog. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang minatnya sesuai dengan niche blog kita, seperti grup Facebook atau grup Whatsapp.

Sama seperti forum online, grup-grup di media sosial memungkinkan kita menjangkau calon pembaca sesuai dengan minatnya. Agar lebih efektif, ketik kata kunci sesuai dengan tema blog di kolom pencarian Facebook, setelah itu akan muncul berbagai hasil pencarian termasuk grup yang sesuai dengan kata kunci.

Apabila sudah bergabung, Anda bisa melakukan promosi sesuai dengan aturan yang diterapkan admin. Hal ini juga berlaku di grup Whatsapp, bedanya untuk grup Whatsapp kita harus mengenal orang-orang yang sudah tergabung dengan grup dengan minat sesuai niche blog untuk bisa melakukan promosi.

4. Berpromosi melalui Instagram Stories

konten blog

Selain melalui Facebook dan Whatsapp, Anda juga bisa melakukan promosi melalui Instagram stories. Menurut sebuah data, per November 2018 jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 60 juta dari berbagai kalangan dan usia. Jadi bisa dibayangkan bukan betapa efektifnya jika kita mempromosikan sesuatu melalui platform ini.

Instagram stories tepat sebab saat meng-click satu story, secara otomatis pengguna akan diperlihatkan dan berpindah ke story lainnya. Jadi meskipun kita tidak berteman dengan para pengguna tersebut di Instagram, kemungkinan story yang dibuat untuk dilihat pengguna lainnya cukup menjanjikan.

Apalagi jika follower Instagram kita sudah mencapai angka 10.000. Anda bisa langsung menautkan link konten blog sehingga pengguna hanya perlu melakukan swipe up untuk membaca blog yang dipromosikan. Menarik bukan?

5. Meninggalkan komentar di blog orang lain

komentar pada film frozen 2

Dengan meninggalkan komentar di blog orang lain, kita bisa meningkatkan angka kunjungan dengan dua cara, yaitu:

  • Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pemilik blog dan memiliki kesempatan untuk mempromosikan konten. Apabila pemilik blog menganggap konten kita menarik, mereka tidak akan ragu untuk mempromosikan blog kita di blog dan media sosial mereka.
  • Saat meninggalkan komentar di blog orang, Anda juga bisa berdiskusi dengan blogger lain di kolom komentar tersebut. Jika hal ini berjalan lancar, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan blogger-blogger tersebut dan kesempatan untuk mereka mempromosikan blog kita pun semakin besar.

Agar hasilnya maksimal, pastikan untuk meninggalkan komentar di blog yang memiliki traffic tinggi dan populer sehingga komentar kita akan dibaca oleh lebih banyak orang.

6. Memanfaatkan paid ads

iklan facebook kontenesia

Banyak orang menganggap menggunakan platform iklan berbayar untuk mempromosikan blog adalah hal yang sia-sia, sebab mereka menganggap mempromosikan secara gratis melalui media sosial jauh lebih efektif. Padahal kenyatannya, promosi melalui paid ads jauh lebih murah dari yang dibayangkan.

Biasanya, paid ads akan menampilkan iklan pada target audience yang tepat sesuai dengan karakteristik atau niche blog, jadi dampaknya akan lebih efektif. Selain itu paid ads akan membantu mempromosikan di beberapa platform besar seperti Google, Facebook, dan Instagram sehingga jangkauan audience pun semakin luas.

7. Memanfaatkan Medium

tampilan homepage website medium.com

Medium merupakan platform community journalism dengan 60 juta pembaca setiap bulannya. Melalui platform ini Anda tidak hanya dapat mempromosikan konten tetapi juga mendapatkan backlink berkualitas. Jadi selain mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pembaca baru, Anda juga memiliki peluang muncul di halaman pertama Google karena naiknya reputasi dan peringkat berkat adanya backlink.

Jadi, sudah tahu ke mana akan mempromosikan konten blog secara efektif? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.