Posted on

4 Strategi Pasang Iklan yang Jitu untuk Bisnis Kecil

Pasang Iklan

Tidak ada yang bisa menampik bahwa kesuksesan sebuah bisnis itu berhubungan dengan seberapa strategis teknik pemasaran yang Anda lakukan. Bagi sebuah bisnis baru, apalagi yang masih berskala kecil, pasang iklan merupakan salah satu cara terbaik memulainya. Namun, apakah semua iklan akan berhasil dan langsung membuat usaha Anda dikenal banyak orang?

Tujuan dari pasang iklan di Google atau di manapun adalah untuk menghubungkan bisnis Anda dengan target pasar yang tepat. Meski terdengar sederhana, namun ada banyak sekali sisi yang harus kita dalami terlebih dahulu.

Misalnya saja, Anda harus memahami basis demografi calon pelanggan. Apa profesi mereka? Bagaimana pola interaksi online yang mereka lakukan? Apa ‘kata kunci’ yang Anda tawarkan lewat iklan agar mereka bisa menemukan produk Anda?Empat langkah berikut ini merupakan strategi beriklan yang patut Anda coba.

Pasang Iklan di Google

Pasang Iklan
ruleranalytics.com

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, hampir semua pengguna internet menggunakan Google sebagai alat pencari. Di sinilah Google berperan sebagai wadah yang mempertemukan Anda sebagai pengiklan dengan calon pembeli yang sedang mencari produk.

Google sendiri saat ini menyediakan banyak pilihan. Anda bisa mulai pasang iklan gratis dengan Google My Bussiness (GMB). Ketika menggunakan GMB, nama bisnis Anda bisa langsung muncul ketika ada seseorang mengetikkan kata kunci atau nama toko Anda. Jika Anda menjalankan bisnis dengan target pasar masyarakat lokal, GMB adalah salah satu sarana promosi yang akan sangat membantu memperkenalkan bisnis Anda pada khalayak.

Selain GMB, masih ada Google Adwords yang juga disediakan oleh perusahaan search engine raksasa ini. Layanan ini merupakan iklan berbayar yang hingga saat ini masih dianggap sebagai dewanya iklan online. Jika Anda paham bagaimana menggunakannya, Google Adwords bisa sangat membantu mengiklankan produk Anda.

Memiliki Media Sosial

Pasang Iklan
anthillonline.com

Sekecil dan semuda apapun usia bisnis Anda, memiliki media sosial adalah sebuah keharusan yang tak bisa ditawar lagi.Media sosial merupakan salah satu cara beriklan tanpa biaya yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Faktanya, 67% konsumen menggunakan sosial media untuk layanan pelanggan dan 33% orang lebih suka berhubungan lewat media sosial ketimbang telepon. Kalau calon pembeli tidak bisa menemukan Anda di mediasosial, mereka akan mencari pesaing Anda yang memiliki akun yang mudah ditemukan. Melalui media sosial Anda juga bisa mendapatkan feed back langsung dari para pelanggan dan melakukan interaksi untuk membuat mereka semakin terikat dengan brand Anda.

Content Marketing

Pasang Iklan
iamwire.com

Semenjak penggunaan internet semakin meluas, contentmarketing menjadi salah satu cara beriklan yang ampuh. Berdasarkan data, 18% marketer menyebut bahwa content marketing berhasil memberikan kenaikan keuntungan bisnis di segala channel pada tahun 2016 lalu.

Memasarkan sesuatu dengan menggunakan konten artinya adalah membuat sesuatu valuable, relevan serta konsisten. Tujuannya untuk menarik, mendefinisikan serta mendatangkan pelanggan yang membawa profit pada perusahaan.

Tidak seperti memasang iklan di koran, majalah atau televisi, memasarkan produk dengan konten dilakukan dalam jangka panjang. Bentuknya bukan hanya berupa tulisan blog tapi sudah semakin beragam saat ini seperti foto, video, komik bahkan serial pendek. Isinya pun tidak melulu hardselling tapi bagaimana membuat pembeli dan calon pembeli memiliki keterikatan dengan brand yang diiklankan.

Iklan Lewat Facebook

Pasang Iklan
engadget.com

Banyak pengusaha, baik yang offline apalagi online, memanfaatkan media sosial terbesar dunia ini. Lebih dari 2 juta bisnis kecil menengah memanfaatkan Facebook untuk menyasar target pasarnya. Selain penggunaannya yang mudah, saat ini hampir semua orang dari berbagai jenjang usia memiliki akun Facebook.

Iklan Facebook memungkinkan Anda menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan lokasi, minat, usia, jenis kelamin, perilaku online dan faktor lainnya. Membuat iklan di Facebook juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuat nama yang keren, sedikit gambaran tentang bisnis Anda, gambar serta tautan ke kontak usaha Anda. Bagaimana cara membuat iklan Facebook? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Buat halaman/fanspage khusus untuk bisnis Anda. Jangan lupa lengkapi semua informasi yang dibutuhkan termasuk foto, deskripsi bisnis, alamat dan kontak agar orang mudah menemukan dan menghubungi Anda.
  2. Masuk ke menu iklan. Jika Anda sudah membuat halaman untuk bisnis, Anda biasanya akan secara otomatis mendapatkan penawaran untuk mempromosikan halaman Anda.
  3. Buat materi iklan. Langkah pertama adalah menentukan iklan seperti apa yang ingin Anda tampilkan di Facebook. Anda bisa menggunakan tulisan, foto atau video untuk menarik calon pelanggan. Semakin menarik materi yang Anda buat, semakin banyak pula orang yang mungkin akan membeli produk yang Anda jual.
  4. Atur target pasar Anda. Salah satu kelebihan beriklan di Facebook adalah Anda bisa menentukan siapa orang yang diinginkan untuk melihat iklan Anda. Misalnya, Anda menjual produk pakaian distro pria. Targetnya tentu saja pria muda dari usia–misalnya 17 hingga 35 tahun. Memasang target yang tidak jelas atau salah dalam beriklan akan membuat hasilnya tidak efektif.
  5. Atur anggaran Anda. Tetapkan berapa dana yang bersedia Anda bayarkan pada Facebook (tergantung dari lama masa penayangan iklannya). Jumlahnya bervariasi biasanya dimulai dari puluhan ribu per hari. Setelah menentukan anggaran, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Anda akan diminta melakukan transfer ke rekening tertentu sesuai jumlah yang sudah dipilih. Saat pembayaran berhasil dikonfirmasi, iklan pun akan mulai ditayangkan oleh Facebook sesuai dengan pemirsa yang sudah ditargetkan.

Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna, media sosial buatan Mark Zuckerberg ini adalah lahan yang subur untuk pasang iklan. Jika Anda masih bingung dari mana harus memulai memasarkan produk Anda, iklan Facebook bisa jadi opsi termudah dan efektif saat ini.

One thought on “4 Strategi Pasang Iklan yang Jitu untuk Bisnis Kecil

  1. […] Anda memerlukan waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan Google Adwords, Anda bisa menampilkan iklan di halaman pertama pencarian secara instan. Jadi ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci dari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.