Posted on

7 Peluang Bisnis Ini Sesuai untuk Fresh Graduate

Peluang bisnis

Status sebagai lulusan baru (fresh graduate) kerap menghambat sarjana dalam mencari pekerjaan. Akan tetapi, mengapa mengantre untuk lowongan kerja jika Anda bisa berbisnis? Peluang bisnis masa kini jauh lebih beragam, dan banyak yang bisa Anda mulai dengan modal kecil atau secara perorangan.

Memilih peluang bisnis bukan hanya soal potensi, tetapi juga kebutuhan masyarakat serta keahlian atau minat Anda. Berikut beberapa jenis peluang bisnis yang bisa langsung Anda jajal segera setelah lulus.

Penjual Eceran (Reseller)

Peluang bisnis
MilesWeb.in

Bisnis reseller bisa Anda lakukan nyaris tanpa bekal apa pun, kecuali modal awal. Anda tinggal memilih penjual yang memiliki produk potensial, membeli produk dalam jumlah besar, lalu menjualnya lagi untuk mendapat keuntungan. Anda bisa melakukannya lewat situs dan blog pribadi, dengan bantuan jejaring sosial sebagai sarana informasi.

Bisnis reseller biasanya populer sebagai usaha paruh waktu, namun jika berminat, Anda bisa mengembangkannya menjadi usaha yang lebih besar. Kuncinya adalah menemukan mitra terpercaya yang potensial untuk kerja sama jangka panjang (misalnya Amazon). Anda juga harus keluar modal lebih banyak untuk menyiapkan situs dagang berkualitas.

Pembuatan Seni Digital atau Ilustrasi

Peluang bisnis
traveltripper.com

Jasa visual seperti pembuatan seni digital dan ilustrasi kini semakin populer, terutama dengan berkembangnya tren penggunaan Instagram sebagai sarana bisnis. Jika Anda punya keahlian membuat ilustrasi atau seni digital, gunakan Instagram sebagai sarana promosi. Manfaatkan fitur Instagram for Business jika pesanan sudah semakin banyak.

Kunci sukses bisnis seperti ini adalah keunikan serta profesionalisme. Jual “keunikan” karya seni Anda lewat foto atau hasil pindai yang berkualitas. Pastikan Anda menyelesaikan setiap pesanan dengan baik, hindari plagiarisme, dan tetapkan tarif profesional sejak awal.

Menjual Produk Organik/Vegetarian

Peluang bisnis
cnn.com

Kesadaran akan gaya hidup sehat membuat banyak orang Indonesia memeluk produk-produk organik atau vegetarian. Anda bisa mulai dari sesuatu yang sederhana, misalnya masker wajah, jus alami, jamu dalam kemasan modern, cemilan sehat, atau produk spa rumahan. Promosikan aspek-aspek seperti bahan alami, produk bebas pengawet, serta cocok untuk menjaga kesehatan.

Anda harus melakukan riset mendalam untuk membuat produk semacam ini. Pastikan agar hasilnya aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Jangan lupa bekerja sama dengan pemasok terpercaya agar Anda tidak kehabisan bahan baku saat ada pesanan masuk.

Membuat Startup Digital

Peluang bisnis
Pixabay.com

Usaha startup digital kini semakin potensial di Indonesia, terutama dengan berbagai kemudahan seperti layanan daring oleh institusi pemerintah, kehadiran sistem cloud yang semakin beragam dan murah, serta meluasnya jaringan internet. Tidak seperti bisnis kecil-kecilan biasa, Anda bisa mengembangkan startup digital dengan cukup mudah, serta membuatnya beradaptasi dengan setiap tren teknologi.

Kunci sukses mendirikan startup adalah menentukan target pasar yang spesifik, lalu membuat produk berdasarkan kebutuhan utama target tersebut. Jika Anda berencana mengembangkan startup menjadi usaha besar, pastikan memiliki konsep produk yang matang sejak awal.

Bisnis Makanan Ringan

Peluang bisnis
bbj.hu

Bisnis makanan ringan memiliki persaingan ketat, namun Anda bisa unggul dengan menawarkan keunikan, misalnya dari segi bahan atau pembuatan. Kreasi modern dari jajanan lawas atau populer termasuk yang paling banyak dicari. Anda juga bisa membuat versi sehat dari jajanan populer, dan memasarkannya ke para pemeluk gaya hidup sehat.

Anda bisa mulai membidik pasar lokal sebagai langkah awal. Lakukan riset tentang makanan ringan apa saja yang ada di kota Anda. Pilih beberapa alternatif, lalu pikirkan bagaimana Anda bisa berkreasi dengan resep yang sudah umum tersebut. Tawarkan keuntungan seperti gratis ongkos kirim untuk pemesan di daerah tertentu.

Penjualan Produk Pertanian/Peternakan

Peluang bisnis
accounting-media.blogspot.com

Banyak generasi muda yang semakin menyadari potensi pertanian serta peternakan skala kecil. Anda bisa mengikuti tren ini dengan memulai kebun atau peternakan kecil, dan menawarkan hasilnya kepada pembeli lokal. Anda bisa menanam sayuran organik, rempah-rempah, atau jamur. Untuk peternakan, mulailah dengan sesuatu yang relatif mudah, misalnya ikan.

Agar usaha pertanian atau peternakan sukses, Anda harus melakukan riset di wilayah yang menjadi sasaran pemasaran. Jika ingin mulai secara kecil-kecilan, Anda bisa menawarkan sayuran organik kepada pembeli tingkat rumah tangga. Tawarkan keunggulan seperti jasa antar sayuran segar ke rumah.

Bisnis Desain Kaus

Kaus berdesain unik adalah salah satu produk mode terpopuler saat ini. Anda bisa memanfaatkan Instagram, Twitter, dan Facebook untuk memasarkan kaus berdesain unik. Para pebisnis kaus yang beredar di Instagram menawarkan konsep unik yang membedakan merk mereka, dan Anda bisa melakukan hal yang sama.

Kunci kesuksesan bisnis ini adalah menerapkan konsep yang unik tetapi masih terbuka untuk adaptasi. Hal ini agar Anda bisa menciptakan kreasi desain yang lebih beragam, tetapi masih mengikuti konsep desain awal. Pilih nama unik dan gunakan foto serta deskripsi menarik untuk menjual kaus Anda. Jangan lupa temukan pemasok bahan kaus terpercaya sebagai mitra.

Tips Berbisnis sebagai Fresh Graduate

Peluang bisnis
nybbinc.com

Bisnis pertama biasanya ditandai dengan proses belajar dan adaptasi, sehingga potensi gagal atau terhambat relatif besar. Akan tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan riset sebelum membuka bisnis. Jika tidak yakin, Anda bisa memilih jenis bisnis yang tidak sepenuhnya tergantung pada sumber daya milik sendiri, misalnya bisnis reseller atau waralaba.

Penggunaan teknologi saat ini sudah merupakan hal wajar, jadi pastikan Anda mengadopsinya sejak awal untuk bersaing. Buat alamat email dan akun jejaring sosial khusus bisnis, terpisah dari akun pribadi. Siapkan sedikit modal untuk cloud berbayar serta jasa hosting situs. Anda bisa sukses besar lewat peluang bisnis untuk fresh graduate jika melakukan persiapan matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.