Posted on

Prediksi 7 Tren SEO Indonesia di Tahun 2019

SEO Indonesia

Awal tahun 2018 lalu, tren SEO Indonesia didominasi virtual reality (VR). Memasuki pertengahan tahun, menyusul teknologi artificial intelligence (AI). Nah, tahun 2019, diprediksikan terjadi kombinasi antara AI dan VR.

Karena itu, tidak berlebihan kiranya, tahun 2019 disebut era revolusi bagi AI dan VR. Perpaduan tersebut menjadikan SEO berkembang pesat. Pun mendorong berbagai perubahan antarmuka pencarian.

Selain hal-hal tersebut, tren SEO berikut ini juga diprediksikan melejit di tahun 2019. Apa saja?

1. Rich Snippet Akan Tren di Tahun 2019

SEO Indonesia
BeginDot

Anda pernah menggunakan rich snippet untuk membuat tampilan web lebih baik? Rich snippet memang tidak memengaruhi ranking web, tetapi cukup membantu web Anda tampak berbeda.

Menurut riset AHREFs, sekitar 12,29 persen web memakai rich snippet. Hal itu terlihat dari cuplikan yang ditampilkan dengan penandaan rich snippet. Jumlah penelusurannya lebih banyak daripada yang tidak menggunakan rich snippet.

Baru-baru ini, muncul jenis rich snippet baru. Google sudah menggunakannya untuk penelusuran berupa cuplikan teks, tabel, dan bintang. Ketiganya mendukung atau menunjukkan rekomendasi melalui jumlah vote pembaca.

Saat itu juga, Google merilis alat uji baru untuk merapikan data Anda. Alat tersebut memastikan data tersusun dengan benar. Dengan demikian, penggunaan snippet lebih maksimal karena didukung Google.

Bagi Anda yang baru belajar menggunakan snippet, berikut langkah-langkah untuk melakukan klaimnya.

  • Pertama, Anda harus menemukan kata kunci pendek dari pencarian yang ditargetkan.
  • Kedua, menentukan format tampilan data. Kini, Google memberikan pilihan tampilan paragraf, tabel, dan daftar dalam hasil rich snippet.
  • Langkah ketiga, menyertakan pertanyaan yang sudah dijawab melalui konten Anda.
  • Terakhir, pastikan tampilan tetap ringkas dengan menambahkan label, isi jawaban, gambar, serta tipografi.

2. Tren SEO 2019 Mengutamakan Indeks Mobile View

SEO Indonesia
businessnewsdaily.com

Terobosan yang dilakukan Google dalam memberikan ranking, cukup menggemparkan pakar SEO Indonesia. Pasalnya, peringkat diberikan melalui versi mobile dari web Anda. Hal itu juga diterapkan pada pemberian indeks.

Meski begitu, tidak semua indeks dan peringkat diubah khusus mobile. Saat ini, masih ada dua jenis indeks, yaitu versi desktop dan mobile. Namun, kabarnya tahun depan, versi desktop akan dikurangi.

Artinya, Google lebih mengutamakan versi mobile view di tahun 2019. Karena itu, Anda perlu memeriksa kembali, apakah web sudah mobile-friendly. Jika belum, jangan tunggu tahun depan untuk mengubahnya.

3. Tren SEO Mengacu pada Kecepatan Loading Website

SEO Indonesia
searchengineland.com

Tahun 2018, Google berhasil memberikan page speed web yang memuaskan untuk versi desktop. Nah, tahun 2019 ini, kecepatan pemuatan web versi mobile lebih diprioritaskan.

Kabarnya, page speed versi mobile dipastikan kurang dari lima detik. Hal ini menguntungkan pengguna internet, terutama jasa penulis artikel. Pemilik jasa bisa lebih cepat mendapatkan bahan untuk menyelesaikan konten.

4. Peringkat Web Bisnis Dipengaruhi oleh Branding

SEO Indonesia
itacblog.com

Branding dilakukan secara offline maupun online dengan bantuan jasa penulis artikel SEO. Analis tren webmaster Google—Gary Illyes—mengungkapkan, Google kerap menggunakan sebutan brand online dalam pencarian.

Menurutnya, terdapat dua cara memakai merek untuk menjadi indikator peringkat. Pertama, menggunakan penyebutan merek tanpa tautan. Mesin pencari memahami bahwa brand tersebut adalah entitas bisnis Anda.

Kedua, pemakaian merek mengacu pada sentimen dan konteks komponen penting. Dari mulai reputasi, iklan, kepercayaan, sampai penyelesaian keluhan. Sementara lewat konteks, Google mencoba memahami mention positif dan negatif.

5. Pencarian Suara Mendominasi Tren SEO 2019

SEO Indonesia
sakraltechnology.id

Dalam metode lama, pencarian di mesin telusur menggunakan sentuhan jari atau pengetikkan. Cara ini memakan waktu cukup lama dan butuh fokus supaya tidak salah ketik.

Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan pencarian di mesin telusur saat sedang berkendara atau melakukan pekerjaan. Menjawab permasalah ini, tren SEO 2019 mengarah pada pencarian suara.

Anda hanya perlu mengucapkan kata kunci melalui rekaman otomatis di mesin pencari. Rekaman suara diproses menjadi data untuk menampilkan halaman web yang Anda inginkan.

Meski begitu, tren pencarian suara di tahun 2019 akan digantikan teknologi lain di tahun 2020. Seperti apa bentuknya? Tunggu dan lihat saja perkembangannya selama dua tahun mendatang.

6. SEO Meliputi Optimasi Video

SEO Indonesia
yourseomarket.com

Tren pencarian suara tidak hanya digunakan untuk mendapatkan konten SEO berupa tampilan web. Teknologi tersebut juga diterapkan pada video. Melalui pencarian suara, traffic video makin meningkat.

Misalnya, Anda memiliki video di YouTube. Untuk mengoptimasi video, perlu menggunakan beberapa elemen SEO. Dari mulai judul, tagging, deskripsi, dan kata kunci.

Agar ranking video naik, harus ada traffic yang masuk. Jika melalui klik atau ketik kata kunci, traffic-nya belum tentu maksimal. Namun, dengan pencarian suara, dalam hitungan detik, jumlah traffic meningkat pesat.

7. Blockchain Ikut Menjadi Bagian SEO 2019

SEO Indonesia
Influencive.com

Tahun 2019, keamanan berselancar menjadi prioritas mesin pencari. Untuk mewujudkan hal tersebut, teknologi blockchain mulai diterapkan. Blockchain menggunakan teknik kriptografi dalam mengamankan basis data.

Selain itu, blockchain memastikan akurasi backlink dari sebuah web. Blockchain juga memberikan batasan akses konten. Ada akses publik, privat, dan semi desentralisasi.

Walaupun para webmaster sudah melakukan uji coba, sampai sekarang efek blockchain belum terlihat jelas. Anda bisa menunggunya hingga tahun 2019 mendatang; sejauh mana blockchain mampu memberikan keamanan.

SEO Indonesia akan terus berkembang dari masa ke masa mengikuti tren dunia. Tugas Anda—sebagai pelaku bisnis maupun pemula—menerapkan trennya. Siapa tahu, dengan tren tersebut, web bisnis Anda bisa melejit ke ranah internasional.

2 thoughts on “Prediksi 7 Tren SEO Indonesia di Tahun 2019

  1. […] marketingterus berlangsung sampai beberapa tahun mendatang. Artinya, makin banyak yang mengandalkan SEO untuk menaikkan reputasi. Anda pun perlu melakukan hal serupa agar tidak […]

  2. […] SEO dan internet marketing juga memudahkan Anda untuk meningkatkan popularitas web.Khususnya membantu […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.