Posted on

Begini Daftar 10 Software Desain Grafis Andalan Desainer Profesional

Software Desain Grafis

Untuk menghasilkan sebuah karya grafis, desainer perlu perangkat lunak yang mumpuni, selain gagasan, imajinasi, dan kreativitas. Mereka tentu punya software desain grafis yang menjadi andalan dalam mengerjakan berbagai desain.

Setelah memiliki konsep yang jelas, software desain grafis digunakan untuk mengeksekusi gagasan tersebut.Kadang perlu beberapa kali revisi agar mendapatkan hasil yang sempurna. Namun, begitulah proses sebuah karya.

Untuk melahirkan karya grafis berkualitas, begini daftar 10 software desain grafis andalan desainer profesional.

1. Adobe Illustrator CC

Software Desain Grafis
YouTube.com

Software desain grafis berbasis vektor ini memiliki user interface yang konsisten dengan Photoshop. Keduanya memiliki tools dan fungsi umum yang serupa, sehingga membantu desainer dalam mengintegrasikan hasil desain.

Tersedia untuk Windows dan Mac, Adobe hanya menawarkan produk ini pada lini Creative Cloud (CC). Tentu saja, harganya tidak murah. Pelanggan bisnis perlu mengeluarkan kocek lebih dalam untuk lisensi pemakaian Illustrator.

Jika Anda hanya menggunakan sesekali, lebih baik beralih ke software sejenis yang gratis. Namun, untuk desainer profesional, Illustrator memiliki serangkaian fitur unggulan dan pembaruan rutin yang mampu menciptakan karya grafis indah.

 

2. CorelDraw

Software Desain Grafis
muzhof.com

Hingga kini, CorelDraw masih menjadi software desain grafis yang mudah dipelajari dan digunakan. Ragam fitur yang dimiliki pun membuatnya menjadi andalan para desainer profesional.

Sayangnya, harga resmi CorelDraw tergolong mahal dan hanya tersedia untuk Windows.Dengan harga tersebut, Anda akan memperoleh suite dengan alur kerja desain yang mulus, baik dalam bentuk bitmap maupun vektor.

3. Affinity Designer

Software Desain Grafis
iMore.com

Software ini hadir untuk menciptakan karya seni profesional, baik dalam bentuk digital maupun cetak. Ada banyak tugas desain yang dapat Anda kerjakan dengan Affinity Designer, antara lain pembuatan web, branding, konsep seni, pola, dan tipografi.

Fungsi cloud bawaan juga membuat kolaborasi antaranggota dalam tim desainer lebih mudah. Dengan harga terjangkau, Anda bisa mengambil lisensi software ini untuk Windows maupun Mac.

4. InkScape

Software Desain Grafis
YouTube.com

Software desain grafis yang sama seperti CorelDraw adalah InkScape. Untuk ukuran software gratis, fitur yang ditawarkan tergolong lengkap. Inilah software berbasis vektor yang menawarkan dukungan file beragam dan teknik manipulasi teks yang ekstensif.

Bagi Anda yang terbiasa dengan CorelDraw akan mudah menggunakan berbagai fitur dalam InkScape. Tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac, kelemahan software ini adalah proses pengerjaan kadang melambat terutama jika melakukan rendering.

5. GIMP

Software Desain Grafis
Gimp.org

GIMP adalah solusi software desain grafis gratis dan open source. Fitur-fitur yang disematkan di dalamnya mengingatkan Anda pada Adobe Photoshop, tetapi dengan tampilan antarmuka yang lebih sederhana. Aplikasi ini pun mudah dipelajari siapa saja.

GIMP memiliki fungsi-fungsi standar seperti imageenhancement tools, noise reduction, dan ragam tipe kuas. Untuk pengguna tingkat lanjut, tersedia fitur kurva Bezier, filter, layer mask, dan animasi.

Bisa digunakan di semua platform, satu-satunya kelemahan adalah tidak mendukung CMYK yang biasa digunakan untuk percetakan komersil. Namun, untuk menjalankan fitur editing dasar maupun tingkat lanjut, GIMP bisa jadi pilihan bagus.

6. Krita

Software Desain Grafis
Krita.org

Aplikasi gratis open source ini adalah pilihan tepat untuk menghasilkan gambar dan lukisan dengan media digital. Hadir dengan banyak pilihan tipe kuas, filter, dan plugin yang bisa diunduh untuk memberikan sentuhan artistik.

Krita menyasar para ilustrator dan concept artist dengan fitur unggulan berupa brush engines (custom tipe kuas), resource manager (impor kuas dan texture packs dari pengguna lain), dan wraparound mode (menciptakan beragam tekstur dan pola).

7. Gravit Designer

Software Desain Grafis
gravit.io

Mencari software desain grafis online berbasis vektor? Gravit Designer juga termasuk andalan para desainer profesional. Versi cloud-based dapat Anda jalankan dari berbagai browser dan disimpan dalam cloud storage atau lokal komputer.

Bekerja di semua platform, aplikasi gratis ini memiliki beragam fitur menarik. Ada banyak contoh desain yang impresif dihasilkan lewat Gravit Designer. Untuk desain lebih rumit, disarankan memakai full-version yang terpasang pada komputer..

8. Canva

Software Desain Grafis
legaltechdesign.com

Canva adalah software desain grafis online yang lebih dari sekadar software editor gambar. Dalam satu aplikasi, Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari membuat palet warna, kolase foto, kombinasi jenis huruf, dan editor foto.

Para desainer profesional merekomendasikan Canva pada pemula atau penggemar desain grafis. Tersedia banyak template dan elemen desain gratis untuk memudahkan pengguna berkreasi.

9. Sketch

Software Desain Grafis
youtube.com

Pengguna Mac tentu familier dengan aplikasi ini. Alih-alih menggunakan beragam alat, Sketch menggunakan beberapa alat terbatas, tetapi efektif. Aplikasi ini fokus pada desain layar, terutama penciptaan ikon dan elemen antarmuka untuk situs dan aplikasi.

Kebanyakan desainer juga memanfaatkan aplikasi ini untuk bekerja pada iPhone atau iPad masing-masing karena terintegrasi dengan Mac. Sayangnya, Sketch hanya tersedia dalam mode berlangganan dengan pembaruan yang dirilis secara berkala.

10. Blender

Software Desain Grafis
youtube.com

Selain software berbayar, desainer juga memakai Blender sebagai alternatif membuat konten berbentuk tiga dimensi. Bekerja di seluruh platform, Blender merupakan open source terbesar untuk kreasi 3D.

Meski masih dalam pengembangan pada beberapa aspek, Anda sudah bisa menjalankan berbagai fungsidengan aplikasi ini. Misalnya, modeling, animasi, texturing, mengatur komposisi, dan proses rendering.

 

Itulahdaftar 10 software desain grafis andalan desainer profesional. Anda dapat berlatih membuat ilustrasi atau menyunting foto guna melengkapi tulisan yang dipesan melalui jasa penulis artikel. Tak perlu repot lagi mencari gambar atau foto di internet.

Namun, jika Anda masih belum cukup yakin untuk menciptakan karya grafis sendiri, tak ada salahnya memakai jasa desain. Desainer yang kompeten tentu mampu memahami konsep Anda, melakukan eksekusi dengan tepat, serta menghasilkan karya berkualitas.

 

2 thoughts on “Begini Daftar 10 Software Desain Grafis Andalan Desainer Profesional

  1. […] harus bisa menggambar konsep pakaian atau yang berhubungan dengan fashion. Mereka juga menggunakan software fashion design, seperti Lectra Kaledo, untuk menciptakan […]

  2. […] pada visi sang desainer. Namun, pemakaian karikatur dapat menjadi alternatif dalam pembuatan desain grafis. Tinggal bagaimana penempatan dan komposisinya agar seluruh elemen desain itu tampak selaras […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.