Posted on

Alasan Mengapa Startup Adalah Bisnis yang Menjanjikan

Startup Adalah

Sejak internet populer di Indonesia, banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai ladang untung mencari nafkah. Karenanya, tak heran jika banyak entrepreneur muda yang membangun bisnis startup dengan mengandalkan teknologi atau internet. Pertanyaannya, apa sebenarnya perusahaan startup itu, dan apa benar bisnis startup adalah bisnis yang menjanjikan?

Mengenal Apa Itu Startup

Startup Adalah
exame.abril.com.br

Startup adalah sebutan bagi perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar belum terlalu lama didirikan dan masih dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan target pasar yang tepat.

Mulai berkembang di akhir tahun 90an, istilah startup lebih sering merujuk pada perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi serta internet. Hal itu terjadi karena startup sendiri mulai populer dan dikenal luas pada masa buble dot com, masa antara tahun 1998 sampai 2000 ketika banyak didirikan perusahaan dot-com.

Menurut beberapa sumber, suatu perusahaan bisa dikatakan sebagai startup apabila:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Memiliki jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Memiliki pendapatan kurang dari USD 100.000 per tahun
  • Masih dalam tahap pengembangan
  • Umumnya beroperasi di bidang teknologi
  • Produknya berupa aplikasi digital
  • Beroperasi melalui website

Perkembangan Startup di Indonesia

Startup Adalah
StartupHKI.com

Untuk di Indonesia sendiri, bisnis startup menunjukkan perkembangan yang cukup bagus. Setiap tahun, banyak founder-founder atau pemilik startup baru yang bermunculan. Bahkan, menurut data dari dailysocial.net, hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 1500 startup lokal yang ada di Indonesia. Dengan potensi pengguna internet yang semakin naik dari tahun ke tahun, hal itu tentu menjadi lahan yang menjanjikan untuk mendirikan startup.

Kabar baiknya, pemerintah juga telah menyadari potensi besar yang bisa diperoleh dari startup-startup lokal, khususnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Pada tahun 2016 misalnya, bersama KIBAR Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuat gerakan nasional 100 Startup Digital dengan tujuan melahirkan 100 perusahaan rintisan baru yang berkualitas dan mampu memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu saja, di Indonesia juga telah banyak terbentuk komunitas founder startup yang memberi pelatihan bagi pegiat-pegiat startup baru. Sebut saja Bandung Digital Valley yang ada di Bandung, Jogja Digital Valley di Jogja, Inkubator Bisnis di Semarang, Stasion di Malang, dan masih banyak lagi lainnya.

Adanya komunitas seperti ini dapat memudahkan para founder untuk saling membimbing, berbagi informasi, hingga menjaring investor. Para founder juga dapat mengikuti kompetisi yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan besar agar perusahaan tersebut tertarik untuk menjadi investor mereka.

Ekosistem yang baik ini pun semakin lengkap dengan banyaknya startup lokal yang sudah berhasil mencetak kesuksesan, bahkan berhasil menjadi startup unicorn. Beberapa di antaranya seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, serta Bukalapak.

Alasan Mengapa Startup Adalah Bisnis yang Menjanjikan

Startup Adalah
Medium.com

Jadi, bagaimana? Melihat ekosistem startup yang ada di Indonesia saat ini, apakah Anda tertarik untuk merintis bisnsi startup? Tidak perlu ragu, berikut adalah 4 alasan mengapa startup adalah bisnis yang menjanjikan.

1. Dukungan Investor

Startup Adalah
ir.towerjazz.com

Jumlah di investor di Indonesia selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan, berdasarkan data TechinAsia Indonesia terkait kumpulan VC yang aktif di Indonesia, rata-rata setiap VC memiliki dana sekitar $50 juta (sekitar Rp600 miliar) sampai $150 juta (sekitar Rp2 triliun) untuk investasi.

Jumlah yang diberikan untuk investasi tahap awal pun bervariasi dari $500.000 (sekitar Rp6 miliar) sampai $1,5 juta (sekitar Rp20 miliar), tergantung dari nilai valuasi startup. Intinya, Anda tidak perlu khawatir mencari investor. Apabila Anda memiliki startup yang potensial, tim yang solid, serta rencana bisnis yang matang, maka kemungkinan besar Anda kan mendapat investasi.

2. Pasar yang Besar

Startup Adalah
praxis.ac.in

Pasar yang besar juga menjadi alasan mengapa startup adalah bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak, Indonesia memiliki lebih dari 250 juta penduduk, 80 juta pengguna internet aktif, serta 50 juta lebih pengguna smartphone. Belum lagi ditambah pendapatan per kapita penduduk yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Apabila dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura dengan 5 juta penduduk, Malaysia dengan 30 juta penduduk, Vietnam dengan 90 juta penduduk, atau Filipina yang hampir mencapai 100 juta penduduk, Indonesia tentu menjadi pasar yang lebih menjanjikan. Jadi, Anda sudah berada di tempat dan waktu yang tepat untuk memulai bisnis startup.

3. Banyak Masalah yang Perlu Dipecahkan

Startup Adalah
blog.ipleaders.in

Berita baiknya, Indonesia merupakan negara dengan banyak masalah yang perlu dipecahkan. Dari mulai transportasi, makanan, kesehatan, edukasi, sistem pembayaran, agrikultur, dan masih banyak lagi lainnya. Di sini, Anda ditantang untuk menggali ide dan memecahkan suatu permasalahan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Kabar baiknya lagi, beberapa permasalahan tersebut sudah pernah dipecahkan di negara-negara maju. Jadi, Anda bisa mempelajari solusi yang pernah digunakan dan melakukan pengembangan agar solusi tersebut dapat diadaptasi di Indonesia.

4. Ekosistem Teknologi yang Masih Baru

Startup Adalah
berkshireeagle.com

Jumlah pengguna smartphone di Indonesia memang tinggi. Namun, tidak semuanya melek teknologi. Misalnya, ada yang memakai smartphone tetapi tidak berlangganan paket data untuk mengakses internet. Selain itu, banyak juga yang masih belum yakin bertransaksi secara online.

Bagaimanapun, seiring berjalannya waktu pemahaan teknologi ini akan terus mengalami perkembangan. Mereka akan mulai terbiasa dan bermunculan generasi Z yang siap mengadaptasi teknologi. Jadi sebelum waktu itu tiba, akan lebih baik apabila Anda memulainya sekarang.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bisnis startup, perkembangan startup di Indonesia, serta alasan mengapa startup adalah bisnis yang menjanjikan. Semoga bermanfaat.

One thought on “Alasan Mengapa Startup Adalah Bisnis yang Menjanjikan

  1. […] bisnis startup di Indonesia semakin menanjak, terbukti dengan hadirnya tujuh startup yang masuk ke dalam daftar […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.