Posted on

5 Perusahaan Startup Indonesia yang Sukses Mendunia

Startup Indonesia

Mendirikan startup mungkin bisa dilakukan oleh siapapun. Namun, membuat startup tetap bertahan dan berkembang besar adalah hal yang sulit. Tanpa strategi yang tepat, startup hanya akan membakan uang investasi dari investor dan bisa dipastikan gulung tikar dalam waktu dekat.

Namun, beberapa startup lokal berikut ini ternyata mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dan melebarkan bisnisnya ke mancanegara. Bahkan, beberapa startup lokal ini juga telah berhasil menyandang unicorn startup alias startup dengan nilai valuasi lebih dari USD 1 miliar. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa anak muda di Indonesia tidak kalah dengan anak muda di negara-negara maju. Nah, berikut adalah 7 perusahaan startup Indonesia yang sukses mendunia.

1. Tokopedia

Startup Indonesia
id.techinasia.com

Tokopedia merupakan situs belanja online (e-commerce) terbesar di Indonesia yang resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009. Dibidani oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, pada tahun 2014 Tokopedia menjadi perusahaan startup Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang sukses mendapatkan pendanaan sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan Softbank Internet and Media Inc.

Pada tahun 2017, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana sebesar US$1,1 miliar dari Alibaba dan membuatnya menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia. 9 tahun berkiprah, berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri pun berhasil diperoleh oleh Tokopedia, di antaranya seperti penghargaan Marketeers of the Year pada Markplus Conference 2015, Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016, hingga Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2016. Yang terbaru, Tokopedia berhasil menyabet gelar sebagai Aplikasi Tervavorit 2018 versi Google Play.

2. Gojek

Startup Indonesia
BeritaHati.com

Startup yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 ini juga sukses menjadi perusahaan startup Indonesia yang mendunia dan menyabet gelar unicorn. Berawal dari Go-Ride, layanan ojek online yang bisa dipesan dari mana saja dan kapan saja, Gojek telah mengembangkan fitur-fitur lain yang berguna di kehidupan sehari-hari.

Di antaranya seperti layanan taxi online Go-Car, layanan pesan antar makanan Go-Food, layanan pembersih rumah Go-Clen, layanan pengangkutan barang Go-Box, layanan pengiriman barang Go-Send, layanan jasa titip beli Go-Mart, layanan pijat Go-Massage, hingga jasa panggil perawatan kecantikan Go-Glam.

Bahkan, Gojek juga telah sukses mengembangkan layanan dompet online Go-Pay sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk membayar layanan-layanan Gojek, tetapi juga bertransaksi di warung kaki lima dan merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Gojek.

Karena kesuksesannya, tak heran jika Gojek mulai melebarkan sayapnya ke mancanegara. Selain membuka kantor perwakilan di Bangalore, India, aplikasi karya anak bangsa ini juga telah berekspansi ke empat negara di Asia Tenggara, yaitu Singapura, Vietnam, Thailand, serta Filipina.

3. Traveloka

Startup Indonesia
infobintaro.com

Dengan slogan andalan “Traveloka Dulu”, startup Indonesia yang didirikan oleh Ferry Unadi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012 ini juga telah sukses medunia. Awalnya, Traveloka hanyalah situs perbandingan harga tiket pesawat dari berbagai sumber. Namun, setelah setahun berdiri, startup ini menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat secara mandiri.

Pertengahan tahun 2014, Traveloka mulai mengembangkan layanannya dengan menambahkan fitur pemesanan kamar hotel. Pada tahun 2017, Traveloka juga berhasil mendapatkan pendanaan dari perusahaan travel asal Amerika, Expedia sebesar USD 350 juga atau sekitar Rp4,6 triliun. Investasi tersebut membuat Traveloka memperoleh total pendanaan sebesar USD 500 juta dan menjadi perusahaan startup ketiga di Indonesia yang berhasil menjadi unicorn setelah Gojek dan Tokopedia.

Kini, layanan Traveloka juga semakin beragam dengan munculnya layanan pemesanan tiket kereta api, penjualan tiket hiburan dan entertaiment, pengisian pulsa dan paket data, Traveloka Eats, hingga Traveloka Deals. Tak hanya bisa dinikmati di Indonesia, layanan Traveloka ini pun bisa dinikmati di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, serta Filipina.

4. Bukalapak

Startup Indonesia
dailysocial.net

Bukalapak merupakan perusahaan startup lokal dengan model bisnis yang sama dengan Tokopedia. Meskipun tidak mendapat dana sebesar Tokopedia, perusahaan yang didirikan oleh Achmad Zaky ini memperoleh pendanaan yang cenderung konsisten dan hasil penjualan yang juga konsisten.

Beberapa investor besar termasuk investor dari negeri sakura telah berinvestasi ke Bukalapak. Pada bulan Februari 2014, Bukalapak berhasil mendapat pendanaan dari Auchfan, IREP, 500 Startups, dan Green Ventures. Setahun kemudian, Bukalapak juga berhasil meraih ronde seri B dengan nominal yang tidak dipublikasikan dari Emtek Group.

Pada tahun 2017, Bukalapak mengklaim telah menerima pendanaan yang membuat nilai valuasinya lebih dari USD 1 miliar. Hal itu membawanya menjadi perusahaan startup Indonesia keempat yang berhasil mendapat gelar unicorn.

5. Hijup

Startup Indonesia
YouTube.com

Berdiri pada tahun 2011, Hijup merupakan e-commerce B2C (business to consumer) dengan konsep fashion mall yang khusus menjual barang-barang fesyen muslim. Startup yang didirikan oleh Diajeng Lestari ini sukses menjual ratusan merek dari puluhan desainer lokal yang tergabung di websitenya.

Tak hanya menjual fesyen muslim, Hijup pun kini menyediakan pakaian anak-anak dan produk home and living. Selain itu, bisnis Hijup juga telah merambah ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Australia, negara-negara di Timur tengah, negara-negara di benua Eropa seperti Prancis, Jerman, Inggris, hingga Kanada dan Amerika. Agar mampu bersanding dengan merek-merak besar, Diajeng selalu mendorong para desainernya agar mengacu pada standar internasional, dari mulai pemilihan bahan, style, hingga packagingnya.

Jadi, itulah 5 perusahaan startup Indonesia yang sukses mendunia. Selain perusahaan-perusahaan di atas, masih banyak perusahaan startup lainnya yang juga berhasil membawa nama Indonesia ke dunia.

One thought on “5 Perusahaan Startup Indonesia yang Sukses Mendunia

  1. […] tren startup di Indonesia menunjukkan kemajuan yang menjanjikan. Walau persaingan semakin besar, penggagas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.