Posted on

Pentingnya SEO bagi Toko Baju Online

Toko Baju Online

Di era digital seperti sekarang ini, tidak sulit untuk memulai bisnis dengan modal minim. Salah satunya yang bisa Anda coba adalah membuat bisnis toko baju online. Masalahnya, bagaimana cara membuat toko online Anda dikenali oleh calon pelanggan di antara ribuan toko online lainnya? Dalam hal ini, Anda tentu butuh melakukan promosi.

Namun, promosi toko online bukan hanya sekadar memposting gambar produk di website dan sosial media saja. Lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan optimasi website dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar website lebih dikenali oleh mesin pencari dan mudah ditemukan calon pelanggan. Nah, berikut adalah pentingnya SEO bagi toko baju online.

Menikatkan Brand Awareness

Toko Baju Online
caylor-solutions.com

Salah satu alasan mengapa SEO penting bagi toko online adalah dapat meningkatkan brand awareness. Tidak semua pengunjung mengetahui dengan pasti mengenai produk yang Anda jual, seperti bentuk fisik, bahan, kelebihan, hingga harganya. Lalu, dari mana pengunjung bisa mengetahuinya? Mereka bisa mengetahui informasi produk dengan lebih jelas dari konten yang berkualitas.

Dengan memanfaatkan optimasi SEO, popularitas produk akan meningkat dengan cepat dan website akan mampu menduduki peringkat teratas di halaman pencarian. SEO merupakan salah satu teknik promosi yang cukup ampuh dibandingkan teknik promosi lain seperti media sosial, e-mail marketing, atau Google Adwords.

Meningkatkan Traffic Toko Baju Online

Toko Baju Online
Buattokoonline.id

Optimasi SEO yang dilakukan dengan benar juga berpotensi meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke website toko baju online Anda. Apabila Anda menggunakan Google Adwords sebagai strategi marketing online, untuk mendapatkan 10.000 visitor Anda setidaknya akan membutuhkan sekitar Rp50 juta untuk tarif iklan yang dipasang.

Mungkin hanya perusahaan besar seperti jasa keuangan, travel, atau otomotif saja yang memiliki kapasitas untuk membuat iklan di Google Adwords. Sedangkan untuk bisnis online yang masih baru, teknik SEO bisa menjadi strategi terbaik untuk meningkatkan kunjungan ke web.

Hemat Biaya

Toko Baju Online
ocdigitalnetwork.com

Sebagai pengusaha, Anda pastinya berpikir dengan prinsip ekonomi, bagaimana mengeluarkan modal sekecil-kecilnya dengan income yang sebesar-besarnya. Dalam hal ini, optimasi SEO adalah jawabannya. Pasalnya, teknik marketing dengan optimasi SEO tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan bisa gratis apabila Anda sudah memahami teknik-tekniknya. Bagi bisnis online yang masih baru, SEO adalah strategi online marketing yang paling praktis dan ampuh.

Rekap Data Pelanggan

Toko Baju Online
hostpapa.blog

Alasan lain mengapa SEO penting bagi toko baju online adalah dapat membantu Anda memperoleh data pelanggan secara lengkap. Anda bisa tahu apa yang diharapkan oleh pelanggan sehingga bisa melakukan inovasi produk di kemudian hari. Secara tidak langsung, hal ini tentu juga akan membantu Anda mengembangkan bisnis toko online lebih besar lagi.

Tips SEO untuk Toko Baju Online

Toko Baju Online
Sirclo.com

SEO untuk toko online atau e-commerce sebenarnya jauh lebih rumit daripada website yang berupa blog. Pasalnya, toko online biasanya hanya memuat halaman-halaman produk saja. Sementara, mesin pencari menyukai website yang banyak memiliki konten tulisan.

Lalu, apakah website toko online juga perlu memuat banyak konten agar lebih dikenali oleh mesin pencari? Jawabannya tidak juga. Meskipun konten berperan penting untuk meningkatkan traffic web, masih ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi SEO di website toko online.

Nah, berikut adalah beberapa tips SEO yang bisa Anda terapkan untuk website toko baju online Anda.

1. Tampilkan Review Pembeli di HalamanProduk

Toko Baju Online
blackstormdesign.com

Dari segi SEO, review menjadi salah satu elemen vital yang harus ada di halaman produk. Menurut studi yang dilakukan oleh iPerceptions, 63% pengunjung akan lebih memilih membeli di website yang menampilkan review produk. Sementara, menurut penelitian Reevoo, review akan meningkatkan penjualan produk hingga 18%K.

Review juga mampu meningkatkan ranking website Anda untuk kata kunci “nama produk + review” serta long tail keyword lainnya. Apabila diaplikasikan secara tepat, review berbintang akan muncul di halaman pencarian Google sehingga CTR (Click Through Rate) website Anda akan meningkat.

2. Gunakan Struktur Data Schema.org untuk Halaman Produk

Toko Baju Online
iTrueSoft.com

Setidaknya, ada lima data utama yang bisa muncul di halaman pencarian Google, yaitu nama produk dan harga, diskon atau harga khusus, review dan rating bintang, gambar dan video, serta ketersediaan barang.

Untuk bisa memunculkan itu semua, maka Anda perlu menambahkan struktur data dari schema.org untuk produk. Karena membutuhkan kemampuan teknikal, Anda bisa meminta bantuan jasa web development yang sudah tepercaya. Sementara apabila Anda menggunakan CMS WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast Woocommerce SEO versi premium atau All-In-One Schema.org Rich Snippets.

3. Optimasi Judul dengan Keyword yang Commercial Intent

Toko Baju Online
Bitcatcha.com

Judul berperan penting bagi ranking website Anda. Karenanya, penting untuk melakukan optimasi judul dengan strategi yang tepat. Dalam hal ini, pertama-tama Anda perlu melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner untuk mendapat kombinasi kata dengan volume pencarian tinggi.

Namun, jangan hanya memilih hanya berdasarkan banyaknya hasil pencarian. Perhatikan juga keyword yang memiliki commercial intent. Maksudnya, keyword tersebut digunakan oleh user yang melakukan pencarian dengan tujuan untuk membeli sesuatu. Adapun beberapa keyword yang memiliki commercial intent antara lain seperti beli [nama produk], jual [nama produk], [nama produk] murah, [merek produk] murah, harga, diskon, promo, serta second atau bekas.

4. Buat Halaman Pedoman Pembeli (Buyer’s Guide)

Toko Baju Online
Ingeniux.com

Bagaimanapun, konten yang penting untuk SEO sebuah website. Nah, untuk website toko online, di sinilah Anda bisa meletakkan konten Anda. Pedoman pembeli atau buyer’s guide adalah panduan bagi calon pembeli dalam memilih suatu produk pada kategori tertentu.

Dalam membuat panduan pembeli, Anda sebaiknya membuat konten yang tidak bertele-tele, netral (tidak memihak merek atau produk tertentu), menarik, mudah disimak, menggunakan tone yang ramah, serta memiliki banyak gambar dan data.

5. Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Toko Baju Online
stream-seo.com

Halaman deskripsi produk sering kali menjadi kesalahan terbesar para pemilik toko online. Kesalahan yang terjadi biasanya deskripsi terlalu singkat, kurang informatif, serta kaku.

Karena berupa konten, sangat penting untuk membuat deskripsi produk yang kaya akan informasi. Apalagi, halaman ini menjadi halaman terakhir bagi calon pembeli untuk menentukan pilihannya. Yakinkan mereka agar mau membeli produk Anda dengan deskripsi yang menarik, spesifik, serta menyajikan keunggulan dari produk.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pentingnya SEO bagi toko baju online dan beberapa tips optimasi SEO yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda belum terlalu paham mengenai teknik SEO, Anda juga bisa meminta bantuan pada jasa SEO yang tepercaya untuk membantu meningkatkan traffic website Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.