Posted on

Meraup Untung dari 7 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga adalah salah satu pilihan profesi wanita setelah berkeluarga. Apalagi setelah memiliki momongan, ada kewajiban untuk merawat anak.Nah, demi membantu perekonomian keluarga, ibu dapat menjalankan usaha rumahan ibu rumah tangga.

Usaha rumahan biasanya lebih fleksibel dari pada pekerja kantoran. Ibu tidak harus meninggalkan anak dan keluarga untuk menjalankan bisnis. Meskipun demikian, keuntungan dapat dirap jika bisnis benar-benar ditekuni. Berikut 7 ide usaha tersebut.

1. Bisnis Katering

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
infobudayaindonesia.com

Ibu rumah tangga identik dengan aktivitas masak-memasak. Secara natural, sebagian besar wanita memang dikaruniai keahlian mengolah makanan di dapur.Nah, keahlian ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, yaitu melalui bisnis katering.

Untuk memulai usaha dari rumah sendiri, Anda tidak perlu menyediakan modal yang sangat besar.Dengan peralatan memasak standard serta sejumlah dana awal untuk membeli bahan-bahan masakan, bisnis katering sudah bisa mulai dilakukan.

Tantangannya adalah konsistensi dalam menekuni bisnis.Pasalnya, dengan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga, mengurus bisnis sendiri bisa sangat menguras waktu. Supaya bisnis katering tersebut dapat terus berkembang, diperlukan manajemen yang baik.

2. Bisnis Menjahit

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
leamingsrungardens.com

Jika Anda ingin mendapatkan pemasukan tambahan sambil merawat anak di rumah, berlatihlah menjahit. Bisnis jahit-menjahit cukup menguntungkan karena peminatnya masih banyak. Selaini tu, penjahit yang profesional juga sangat dicari.

Strategi supaya usaha ini semakin maju adalah dengan menawarkan nilai lebih, misalnya menyediakan jasa konsultasi mode.Dengan demikian, pelanggan lebih puas dengan hasil jahitan yang diterima karena sesuai dengan karakter tubuhnya.

Apakah Anda awam di dunia jahit-menjahit? Jangan khawatir, ada paket kursus jahit-menjahit yang dapat ditempuh terlebih dahulu. Meskipun sejumlah uang harus dikeluarkan untuk membayar biaya kursus, hasilnya juga tak kalah menguntungkan.

3. Bisnis Online

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
pilingindustrycanada.com

Usaha rumahan ibu rumah tanggalain yang sangat populer adalah menjalankan bisnis online. Usaha ini tidak membutuhkan modal banyak. Waktu untuk melakukannya pun sangat fleksibel, yaitu bisa kapan saja dan di mana saja.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan jual beli secara online. Bukan hanya melalui website khusus, tetapi juga akun marketplace, bahkan di media sosial.

Untuk mengembangkan bisnis online, salah satu strategi jitu yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membangun jejaring. Selain itu, Anda juga bisa membangun brand awareness dengan memanfaatkan Jasa Penulis Artikel.

Dengan jasa ini, bisnis online akan lebih cepat dikenal di tengah riuhnya persaingan usaha di dunia maya. Pasalnya, Anda akan mendapat dukungan yang sangat efektif supaya bisa naik kehalaman pertama di mesin pencari.

4. Membuka Toko Kelontong

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
semogabermanfaat.com

Anda juga bisa menjalankan usaha rumahan ibu rumah tangga dalam bentuk toko kelontong. Ini adalah toko kecil yang bersifat lokal dan menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Bisnis kecil-kecilan ini sangat mudah dijalankan dan bersifat fleksibel. Anda bisa menyesuaikan jam operasional dengan waktu luang yang dimiliki. Namun, Anda harus memiliki dana awal untuk membeli stok barang yang akan dijual.

Tantangan lainnya adalah Anda harus memiliki ruang atau tempat khusus yang akan digunakan sebagai toko kelontong. Jika masih dalam taraf sederhana, tidak perlu terlalu besar. Selanjutnya, jika bisnis ini semakin berkembang, area toko bisa diperluas.

5. Bisnis Tanaman

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
TanamanBunga.com

Bisnis rumahan yang bisa Anda coba adalah menjalankan bisnis berjualan tanaman, baik dalam bentuk bibit atau hasil menanam. Bibit ini laku dijual, bahkan jika diperjualbelikan secara online. Namun, Anda tentu harus mengetahui cara pengemasan yang tepat.

Jika memiliki lahan yang lebih luas, Anda bisa mencoba menanam tanaman berupa bumbu dapur. Manfaatkan teknik menanam minim lahan yang saat ini semakin populer. Selain memperoleh profit dari hasil jual beli, Anda pun dapat lebih menghemat pengeluaran.

Lalu, apa kendala yang kerap dialami ibu rumah tangga dalam menjalankan bisnis ini? Salah satunya adalah kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik. Ibu rumah tangga dituntut untuk bisa membagi waktu maupun perhatian antara bisnis dan keluarga.

6. Bisnis Laundry

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
coinlaundryinsurance.com

Bisnis lain yang juga umum dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga adalah berbisnis laundry atau cuci dan setrika baju. Usaha ini sangat potensial, terutama jika Anda tinggal di daerah kost atau kontrakan.

Untuk memulai bisnis laundry, Anda harus menyiapkan modal berupa perlengkapan laundry, seperti mesin cuci, setrika, sabun cuci, cairan pewangi, dan tempat yang memadai. Beruntungnya, usaha ini pun tidak memerlukan keahlian khusus.

Kendala yang kerap dialami adalah kurangnya tenaga dan waktu yang dimiliki oleh ibu rumah tangga. Pasalnya, berbagai pekerjaan utama di rumah tangga bisa sangat melelahkan. Untuk mengatasinya, diperlukan kemampuan mengelola diri sendiri.

7. Bisnis Les

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
blog.iccadubai.ae

Apakah Anda memiliki keahlian khusus yang bisa “dijual” kepada orang lain? Sebagai contoh, jika ahli membuat kue, Anda bisa mengumpulkan sejumlah orang dan melakukan pelatihan membuat kue dengan sejumlah bayaran tertentu.

Ada banyak hal yang dapat dieksplor jika mau berkembang dan menjadi seorang wirausaha dari rumah. Bahkan, dengan modal yang sangat sederhana, seorang ibu rumah tangga dapat menghasilkan uang lebih daripada para pekerja kantoran.

Nah, demikian 7 usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dicoba sendiri di rumah. Jika dijalankan dengan penuh ketekunan, bisnis ini pasti akan menghasilkan untung yang besar. Untuk itu, mulailah memilih bisnis yang sesuai dan kembangkan dengan maksimal.

One thought on “Meraup Untung dari 7 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

  1. […] memulai usaha ini, Anda mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyediakan bibit ayam atau membangun […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.